PDA

View Full Version : Information & Tips for Health


Pages : 1 [2]

zudomiriku
09-03-2010, 09:21 PM
TOLONG : Jika anda terserang masuk angin dan kelelahan disaar bekerja, cobalah memakan bawang merah. Karena bawang merah bisa u/ mengobati masuk angin

pweechevalier
10-03-2010, 06:18 PM
Rabu, 10/03/2010 17:15 WIB
Permen Karet Bisa Memicu Timbulnya Keriput
Vera Farah Bararah - detikHealth

Nebraska - Mengunyah permen karet menjadi kebiasaan banyak orang bahkan ada tidak bisa lepas dari permen yang satu itu. Tapi beberapa ahli bedah plastik memperingatkan bahwa mengunyah permen karet bisa menyebabkan timbulnya keriput.

"Banyak pasien saya yang suka mengunyah permen karet memiliki pola kerutan tertentu di sekitar mulutnya, dan saya kira permen karet turut bertanggung jawab terhadap pola kerutan tersebut," ujar Dr Joel Schlessinger, seorang dermatolog dan bedah plastik di Omaha, Nebraska, seperti dikutip dari Health24, Rabu (10/3/2010).

Para pakar menuturkan ada dua kemungkinan yang menjadi alasan mengapa mengunyah permen karet dapat menyebabkan keriput, yaitu:

1. Gerakan yang berulang-ulang dalam mengunyah permen karet bisa mengarah pada pergerakan otot yang berlebihan sehingga menyebabkan timbulnya garis-garis atau lipatan di sekitar daerah mulut.
2. Permen karet dapat menghilangkan pengisi dermal (dermal fillers) yang disuntikkan ke wajah orang yang ingin menghilangkan benjolan kerutan di wajahnya.

"Terlalu sering mengunyah permen karet menyebabkan aktivitas otot yang berlebihan dan berpotensi memecah jaringan pendukung di bawah kulit. Hal ini tentu saja berkontribusi terhadap hilangnya volume jaringan dan elastisitas kulit," ujar Dr. Hema Sundaram.

Meskipun demikian kesimpulan ini masih menjadi kontroversi, karena berdasarkan hasil penelitian dari Jerman pada Oktober 2009 justru menunjukkan permen karet memiliki beberapa manfaat seperti dapat meningkatkan konsentrasi dan pikiran positif seseorang. Selain itu juga meningkatkan kewaspadaan dan membantu seseorang yang sedang sakaw untuk berhenti merokok.

"Permen karet juga bisa merangsang aliran air liur, membantu mengurangi residu makanan yang tertinggal di gigi, menetralkan asal dalam mulut dan juga membantu remineralisasi sehingga mengurangi kerusakan gigi," ujar Dr Jane Soxman, seorang dokter gigi pediatrik.

Karenanya Schlessinger menuturkan kemungkinan timbulnya kerutan akibat mengunyah permen karet hanya terjadi pada orang yang benar-benar kecanduan permen karet. Sebaliknya, hal ini jarang terlihat pada orang yang hanya sesekali saja mengunyah permen karet di mulutnya. (ver/ir)

pweechevalier
17-03-2010, 08:54 PM
Rabu, 17/03/2010 14:30 WIB
Pisang Menghambat Virus AIDS
Vera Farah Bararah - detikHealth

Michigan - Berbagai cara dilakukan peneliti agar bisa menghentikan penyebaran virus HIV AIDS. Ternyata buah pisang diduga kuat memegang peran kunci dalam perawatan baru melindungi diri dari virus AIDS.

Dalam percobaan di laboratorium, peneliti menemukan salah satu bahan yang terkandung di pisang yaitu BanLec memiliki potensi yang sama kuat dengan dua obat anti-HIV.

Peneliti percaya ini bisa digunakan sebagai terapi murah dan berpotensi menyelamatkan jutaan nyawa. Bahan BanLec yang terkandung tersebut adalah lectin, yaitu suatu bahan kimia alami yang terdapat dalam tumbuhan dan berguna untuk melawan infeksi.

Peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa lectin yang terkandung dalam buah pisang dapat menghambat infeksi HIV dengan cara menghalangi masuknya virus ke dalam tubuh. BanLec bekerja pada protein amplop (envelope) yang membungkus bahan genetik dari HIV.

"Masalah yang selama ini terjadi pada beberapa obat HIV adalah kemampuan virus untuk bermutasi sehingga menjadi resisten (kebal). Tapi hal ini akan sulit terjadi jika ada kehadiran lektin," ujar ketua peneliti Michael Swason dari University of Michigan, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (17/3/2010).

Swason menambahkan lectin dapat mengikat gula yang ditemukan pada tempat berbeda dari envelope HIV-1 dan kemungkinan hal ini dapat membuat virus sulit untuk melakukan mutasi. Hasil penelitian ini akan dilaporkan dalam Journal of Biological Chemistry.

Berdasarkan percobaan di laboratorium peneliti mendapatkan BanLec bisa berfungsi sama efektifnya dengan dua obat anti-HIV yang saat ini masih digunakan yaitu T-20 dan maraviroc. Saat ini Swason dan tim sedang mengembangkan suatu proses untuk mengubah BanLec dan membuatnya agar cocok digunakan untuk pasien manusia.

Para peneliti percaya bahan ini bisa digunakan sendiri atau digunakan bersama-sama dengan obat anti-HIV. Bahkan obat ini diyakini akan cukup sukses dan potensial untuk menyelamatkan jutaan nyawa di seluruh dunia. Saat ini penyebaran infeksi HIV baru semakin meningkat dan diketahui belum semua pasien HIV bisa mendapatkan obat anti-HIV.

"HIV masih merajalela di Amerika Serikat dan bahkan di beberapa negara miskin hal ini terus menjadi masalah yang berkepanjangan. Karena HIV dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya," ujar Prof David Marvovits dari University of Michigan Medical School. (ver/ir)

zudomiriku
19-03-2010, 06:24 PM
TOLONG : Bensin bisa digunakan sebagai pengganti obat merah atau betadine, jika anda mengalami luka ringan pada bagian kulit bagian tubuh anda akibat terjatuh

TOLONG : Jika terkena shock, baringkan tubuh dipermukaan rata & angkat kedua kaki letaknya lebih tinggi dari jantung agar darahnya kembali mengalir normal

pweechevalier
22-03-2010, 08:14 PM
Senin, 22/03/2010 13:30 WIB
Penyebab Tubuh Bisa Gemetar
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Tanpa disadari semua orang pasti pernah mengalami tubuh yang gemetar, entah karena sedang takut, udara yang dingin atau sakit tertentu. Tapi sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan tubuh seseorang menjadi gemetar.

Gemetar adalah suatu tindakan yang dilakukan tanpa sengaja, agak berirama dan gerakan ototnya melibatkan gerakan osilasi dari satu bagian tubuh ke bagian tubu lain.

Semua gerakan ini tanpa disadari dan dapat mempengaruhi tangan, lengan, kepala, wajah, pita suara dan kaki. Namun kebanyakan orang mengalami gemetar pada daerah tangan dan kakinya.

Pada beberapa orang, gemetar yang terjadi merupakan gejala dari adanya kelainan pada neurologis. Namun secara umum, gemetar juga bisa dialami oleh orang yang sehat. Walaupun gemetar tidak mengancam jiwa, tapi dapat memalukan bagi sebagian orang dan membuatnya lebih sulit untuk melakukan tugas sehari-hari seperti menulis, membaca, memegang dan mengambil sesuatu.

Seperti dikutip dari Medicinenet, Senin (22/3/2010) gemetar pada umumnya disebabkan oleh adanya masalah di bagian otak yang mengendalikan otot-otot seluruh tubuh atau pada daerah-daerah tertentu.

Kondisi neurologis yang dapat menyebabkan seseorang gemetar adalah multiple sclerosis, stroke, cedera otak traumatis dan penyakit neurodegeneratif yang mempengaruhi batang otak atau otak kecil.

Selain pengaruh faktor neurologis, ada juga penyebab badan gemetar lain yaitu akibat faktor gaya hidup, seperti:

1. Emosi. Perasaan gugup, takut atau cemas sebelum melakukan kegiatan yang menegangkan seperti wawancara kerja atau pidato di depan umum juga bisa menyebabkan seseorang mengalami gemetar tubuh yang bersifat sementara.
2. Udara dingin. Terkena udara dingin yang tiba-tiba (secra ekstrim) atau terus menerus akan membuat tubuh menjadi gemetar, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk tubuh merasa lebih hangat.
3. Konsumsi obat tertentu. Jika seseorang mengonsumsi obat seperti amfetamin, kortikosteroid atau stimulan, biasanya menyebabkan efek samping seperti gemetar di dalam tubuh.
4. Konsumsi alkohol. Seseorang ada yang merasa gemetar setelah mengonsumsi alkohol dalam jumlah tertentu, hal ini adalah salah satu efek samping dari penarikan diri terhadap alkohol.
5. Distonia. Ini adalah istilah medis yang menunjukkan kontraksi abnormal dari otot yang dapat menyebabkan gemetar di seluruh tubuh atau hanya pada daerah tertentu saja seperti tangan.


Tubuh yang gemetar bisa dikelompokkan berdasarkan bagaimana gemetar itu terjadi, yaitu:

1. Gemetar istirahat atau statis. Gemetar terjadi ketika otot ekstremitas sedang santai dan sepenuhnya melawan gravitasi, seperti ketika tangan sedang berbaring di pangkuan atau ketika orang tersebut sedang diam. Jenis gemetar ini sering terlihat pada pasien dengan penyakit Parkinson.

2. Gemetar aksi. Gemetar ini bisa terjadi pada setiap anggota tubuh yang sedang bergerak, misalnya saat tangan sedang terulur, saat sedang menulis atau selama terjadi kontraksi otot.

3. Gemetar essensial. Gemetar ini biasanya terjadi secara perlahan dan tidak diketahui penyebab pastinya. Gemetar ini biasanya bersifat ringan dan tidak menunjukan adanya penyakit tertentu, tapi mengganggu penderitanya. Kecemasan, stres, kelelahan, kafein atau beberapa obat terentu dapat menimbulkan gemetar essensial ini.

Jika gemetar yang terjadi akibat faktor gaya hidup, maka seseorang bisa menghindarinya dengan sebisa mungkin menghindari kondisi tersebut atau melakukan pencegahan terhadap faktor pemicunya. Namun, jika akibat faktor neurologis maka membutuhkan perawatan tersendiri tergantung penyebabnya. (ver/ir)

pweechevalier
22-03-2010, 08:21 PM
Senin, 22/03/2010 16:30 WIB
Mengatasi Mulut Kering
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Air liur berguna untuk melembabkan dan membersihkan mulut serta mencerna makanan. Liur juga mencegah infeksi dengan mengendalikan bakteri dan jamur dalam mulut. Tapi ketika tubuh tidak cukup memproduksi air liur, mulut akan kering serta menimbulkan rasa tidak nyaman yang sangat menjengkelkan.

Mulut kering adalah suatu kondisi dimana terdapat penurunan sekresi air liur di dalam rongga mulut oleh kelenjar liur.

Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti haus terus-menerus, peningkatan kerentanan tertular penyakit oportunistik oral, meningkatkan risiko gingivitis (penyakit gusi), kerusakan gigi, dan mulut infeksi. Mulut kering juga menyulitkan untuk memakai gigi palsu.

Seperti dilansir dari Medicinenet, Senin (22/2/2010), ada beberapa hal yang menyebabkan mulut kering, antara lain:

1. Efek samping obat tertentu
Mulut kering adalah efek samping yang umum dari banyak obat-obatan, seperti obat yang dipakai untuk mengobati depresi, kecemasan, nyeri, alergi dan pilek (antihistamin dan dekongestan), obesitas, jerawat, epilepsi, hipertensi (diuretik), diare, mual, gangguan psikotik, inkontinensia (kandung kemih), asma (bronkodilator tertentu) dan penyakit Parkinson. Mulut kering juga merupakan efek samping dari relaksan otot dan penenang.

2. Efek samping dari penyakit dan infeksi tertentu
Mulut kering dapat merupakan efek samping dari kondisi medis, seperti sindrom Sjorgen, HIV/AIDS, penyakit Alzheimer, diabetes, anemia, cystic fibrosis, radang sendi (reumatik), hipertensi, penyakit Parkinson, stroke, dan gondok.

3. Efek samping pengobatan medis tertentu
Adanya kerusakan pada kelenjar ludah, yaitu kelenjar yang menghasilkan air liur, yang terjadi karena radiasi pada kepala dan leher, juga kemoterapi untuk pengobatan kanker, dapat mengurangi jumlah air liur yang diproduksi.

4. Kerusakan saraf
Mulut kering dapat merupakan akibat dari kerusakan saraf kepala dan leher karena cedera atau pembedahan.

5. Dehidrasi
Kondisi yang menyebabkan dehidrasi, seperti demam, keringat berlebihan, muntah, diare, kehilangan darah dan luka bakar dapat menyebabkan mulut kering.

6. Gaya hidup
Merokok atau mengunyah tembakau dapat mempengaruhi produksi air liur dan memperburuk mulut kering. Terus bernapas dengan mulut terbuka juga dapat berkontribusi terhadap masalah mulut kering.

7. Operasi pengangkatan kelenjar liur


Gejala-gejala umum pada mulut kering meliputi:

1. Rasa lengket dan kering di mulut
2. Sering haus
3. Luka pada mulut seperti luka atau split kulit pada sudut mulut dan bibir pecah-pecah
4. Rasa kering di tenggorokan
5. Rasa terbakar atau kesemutan di mulut dan terutama di lidah
6. Lidah kering dan merah
7. Masalah pada saat berbicara dan kesulitan mencicipi, mengunyah dan menelan
8. Suara serak, hidung kering, sakit tenggorokan
9. Bau mulut


Seperti dilansir dari Ehow, Medicinenet, dan Buzzle, ada beberapa cara untuk menyembuhkan mulut kering, antara lain seperti berikut:

1. Sikat gigi tiga kali sehari. Gigi dan gusi yang sehat akan memproduksi air liur yang tepat, dan membuat mulut tetap lembab dan segar.
2. Minum banyak air sepanjang air untuk membantu menjaga mulut lembab. Namun, hal itu akan lebih baik membantu jika minum air dengan teguk kecil. Hal ini karena minum air dalam tegukan besar hanya akan membuat orang buang air kecil lebih sering, dan semakin memperburuk mulut kering.
3. Menghindari minuman berkafein, seperti teh, kopi dan soda.
4. Untuk mencegah kekeringan, terutama ketika sedang makan, seteguk air di antara waktu makan akan membuat mengunyah makanan menjadi lebih mudah.
5. Memancing kelenjar ludah untuk lebih mengeluarkan air liur. Hal ini dapat dilakukan dengan permen karet bebas gula atau permen. Namun, cobalah untuk tidak berlebihan karena kelebihan gula dalam permen dapat menyebabkan gangguan dari karies gigi.
6. Jangan konsumsi rokok (tembakau) atau alkohol, karena ini cenderung untuk meningkatkan kekeringan pada mulut.
7. Menghindari makanan yang memperburuk mulut kering, seperti makanan asin atau makanan pedas yang dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi lidah dan rongga mulut.
8. Menggunakan pasta gigi fluoride untuk mencegah kemungkinan perkembangan karies gigi.
9. Jika mulut sakit, gunakan air garam yang hangat dan baking soda bilasan untuk meredam kekeringan.
10. Penyembuhan sederhana untuk mulut kering adalah dengan mengunyah makanan berserat di antara waktu makan, seperti wortel dan seledri. Ini membantu untuk meningkatkan sekresi air liur dan juga tidak menyebabkan karies gigi.
11. Makanlah makanan yang lebih mudah untuk dikunyah dan ditelan.
12. Bernapas melalui hidung, bukan mulut.
13. Konsultasikan dengan dokter jika harus mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan mulut kering. (mer/ir)

pweechevalier
29-03-2010, 07:11 PM
Sabtu, 27/03/2010 13:20 WIB
Agar Tak Diganggu Sariawan
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Sariawan bukan penyakit serius. Tapi kalau sudah kena yang satu ini sangat tidak nyaman karena jadi sulit untuk makan ataupun berbicara. Bagaimana caranya supaya tidak diganggu sariawan?

Sariawan atau dikenal dengan sebutan stomatitis adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut.

Daerah yang bisa terkena sariawan termasuk pipi, gusi, lidah, bibir serta langit-langit mulut. Selain itu sariawan juga bisa menyebabkan perdarahan, bengkak serta warna yang memerah.

Seperti dikutip dari Healthcentre, Sabtu (27/3/2010) ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sariawan, yaitu:

1. Akibat virus
Sariawan ini disebabkan oleh beberapa bentuk virus yang ada di dalam tubuh, termasuk kasus-kasus khusus seperti yang menyebabkan demam pada kelenjar, herpes dan penyakit mulut lainnya.

2. Akibat bakteri.
Sariawan jenis ini biasanya suka terjadi jika seseorang menderita sakit tenggorokan atau penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri.

3. Akibat jamur.
Sariawan ini timbul saat seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat rendah atau masalah kesehatan lainnya yang mungkin memerlukan penggunaan antibiotik dosis tinggi.

4. Non-infeksi.
Penyebab paling umumnya adalah terjadinya luka di mulut yang berulang, meskipun tidak diketahui penyebabnya tapi biasanya akan hilang dalam waktu 2 minggu. Sariawan ini juga bisa disebabkan adanya masalah dalam sistem pencernaan, kekurangan vitamin, riboflavin, miacin dan B12.

Selain keempat penyebab di atas, ada juga hal lain yang diduga dapat menyebabkan sariawan seperti kurang menjaga kebersihan mulut, pemasangan kawat gigi atau gigi palsu dan juga konsumsi makanan atau minuman yang panas.

Perawatan yang dilakukan untuk mengobati sariawan adalah dengan mencari sumber penyebab sariawan tersebut. Namun mengatur makanan yang dikonsumsi juga bisa membantu, seperti menghindari makanan yang renyah atau makanan dengan rasa yang tajam. Usahakan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut dan tetap menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Jika Anda adalah pengguna kawat gigi atau gigi palsu, maka mintalah dokter untuk memeriksanya saat sedang berkunjung untuk memastikan bahwa tidak ada masalah berarti.

Biasanya sariawan akan hilang dengan sendirinya setelah 4 hari, tapi bila tak kunjung hilang sebaiknya mencari bantuan medis terutama jika disebabkan oleh infeksi bakteri yang membutuhkan antibiotik.

Sebenarnya sariawan bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik, melakukan pemeriksaan gigi secara teratur serta mengatur pola makan yang baik dengan mengurangi makanan yang dapat memicu iritasi pada lapisan mukosa mulut.

Selain itu pencegahan sariawan juga bisa dilakukan dengan menghindari terjadinya trauma atau benturan seperti menyikat gigi dengan lembut, tidak terburu-buru saat mengunyah makanan serta tidak berbicara saat sedang makan. (ver/ir)

pweechevalier
31-03-2010, 07:29 PM
Rabu, 31/03/2010 11:27 WIB
Kapan Tubuh Ketahuan Tertular Flu?
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Virus influenza yang menyebabkan flu memiliki periode inkubasi saat sudah masuk ke dalam tubuh seseorang. Kapan tubuh ketahuan tertular flu?

Para ahli setuju orang dewasa yang terkena flu atau pilek bisa menular 1 hari sebelum mulai timbul gejala.

Selama masa inkubasi ini, virus akan masuk ke dalam sel-sel sehat dan mengganggu kelangsungan hidup sel sehat dari dalam. Saat sel mulai terinfeksi, biasanya belum menunjukkan gejala apapun.

Baru ketika virus sudah menyebar ke seluruh tubuh maka setiap air liur atau bersin yang dikeluarkan orang flu akan mengandung virus tersebut. Karena itulah virus flu sangat mudah menyebar melalui cairan tubuh.

Saat virus sudah menyebar ke seluruh tubuh akan timbul gejala seperti sakit tenggorokan, badan terasa tidak enak dan pusing. Namun jika belum timbul gejala, sangat sedikit kemungkinannya menularkan ke orang lain.

Jika seseorang sudah terkena flu, maka periode menularnya ke orang lain bisa berlangsung 5-7 hari. Sedangkan bagi anak-anak, masa menularnya bisa berlangsung hingga dua minggu.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Rabu (31/3/2010) pada umumnya masa inkubasi virus flu pada seseorang akan berlangsung selama 2 hari. Namun pada beberapa kasus ada juga yang berlangsung sekitar 1-4 hari. Karena itu periode dari masa inkubasi virus flu ini sangat pendek.

Saat sedang flu, hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengonsumsi banyak cairan seperti air putih, jus, sup atau cairan lain serta istirahat yang cukup. Hal ini sangat penting untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan menjaga kondisi agar tidak semakin memburuk.

Vaksinasi flu tahunan adalah salah satu cara untuk membangun perlindungan terhadap serangan virus flu. Meskipun vaksinasi ini tidak dapat memberikan perlindungan hingga 100 persen, tapi bisa mencegah kondisi agar tidak memburuk.

Pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan diri, menutup hidung dan mulut saat bersin, mengonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung vitamin serta konsumsi air yang cukup. (ver/ir)

pweechevalier
31-03-2010, 07:30 PM
Rabu, 31/03/2010 14:07 WIB
Hati-hati Efek Samping Vitamin C
Irna Gustia - detikHealth

Jakarta - Vitamin C punya banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu. Tapi terlalu banyak konsumsi vitamin C bukan manfaat yang didapat melainkan efek sampingnya. Apa saja efek sampingnya?

Seperti dilansir anyvitamins.com, Rabu (31/3/2010), vitamin C dikenal juga dengan banyak nama asam askorbat yang merupakan vitamin yang larut dalam air.

Karena larut dalam air, vitamin C dianggap sebagai nutrisi paling aman dan efektif yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin C ini tidak diolah dalam tubuh dan karenanya bisa didapatkan dari pangan atau suplemen.

Makanan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, lemon, limau, kubis, kembang kol, asparagus, brokoli dan lainnya.

Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen yang membantu penyembuhan luka. Vitamin C juga diperlukan untuk pemeliharaan tulang rawan, tulang dan gigi.

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan penyakit kudis, anemia, masalah gastrointestinal dan dermatitis. Tapi ingat konsumsi vitamin C harus pas, jangan berlebihan untuk menghindari masalah overdosis.

Menurut Food and Nutrition Board dan National Academy of Sciences-National Research Council, dosis vitamin C untuk anak usia 5 tahun sebesar 45 mg per hari. Sedangkan untuk dewasa sekitar 75-150 mg per hari.

Namun pendapat lain mengatakan tubuh masih menoleransi dosis vitamin C hingga 500 gram. Ada juga pendapat mengatakan kemampuan tubuh menyimpan vitamin C bisa mencapai maksimal 2.000 mg/hari, di atas itu sudah tidak diserap tubuh.

Dosis yang berlebihan hanya akan sia-sia masuk ke tubuh dan akan dibuang melalui urine bahkan bisa mengganggu fungsi tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi Vitamin C akan memiliki efek samping seperti sakit kepala, mual, muntah, perut sakit, kelelahan, mengantuk, gangguan pencernaan, kram usus, diare, insomnia, batu ginjal, iritasi di kerongkongan, hingga pengeroposan gigi.

Orang yang punya penyakit kelebihan zat besi atau hemochromatosis juga harus menghindari kelebihan konsumsi vitamin C karena dapat menyebabkan keracunan zat besi.

Sedangkan pada ibu hamil, kelebihan vitamin C selama bulan pertama bisa menekan produksi progesteron yang memicu keguguran.

Makan buah segar dan minum air yang banyak bisa menghilangkan kelebihan vitamin C dari tubuh dan menghindari semua efek samping kelebihan vitamin C. (ir/ver)

Hendy
01-04-2010, 12:44 AM
kok kayak nya tinggal comot dr mana gitu aja ya???

tp nice tips nih..maaf OOT
baru mampir disini soalnya :hammer:

pweechevalier
01-04-2010, 06:51 PM
kok kayak nya tinggal comot dr mana gitu aja ya???

tp nice tips nih..maaf OOT
baru mampir disini soalnya :hammer:

Embeeerrrrr....
Klo gw sih nyomot dari detik....
Tapi gw baca dulu kok, klo kira2 bagus baru gw posting di sini....
Gak semuanya gw comot kok, itung2 bantuin temen2 yg jarang cek detik, hehe :peace:

wisnu cimol

zudomiriku
05-04-2010, 02:26 PM
TOLONG : Jika keracunan, muntahkan zat yg mengandung racun dan berikan minum air garam, tetapi jika keracunan zat korosif berikan minum susu dingin

TOLONG : Jika terkena luka berdarah segera bersihkan dengan alkohol dan jangan menutup luka terlalu rapat, karena bisa membuat kuman lebih cepat berkembang

der_emperor
05-04-2010, 04:04 PM
yang mau BERHENTI MEROKOK

5 Kiat Berhenti Merokok:

1. Kurangi Jumlah Batang Rokok yang Dihisap per Hari
Proses untuk berhenti merokok tidak serta merta DIlakukan. Bagaimanapun juga tubuh AGAN yang sudah terkondisikan oleh nikotin dan tar tentunya akan melakukan aksi protes yang spartan jika mendadak suplai racun tersebut terhenti tiba-tiba.
Karena itu AGAN HARUS mengurangi dengan bertahap. ane pasang target untuk mulai
mengurangi jumlah batang rokok dari jumlah 36 batang per hari.
Jadi perlu waktu sampai hampir dua bulan untuk berhenti menghisap rokok kretek kesayangan agan itu.

2. Kurangi Kadar Nikotin per Batang Rokok yang Dihisap per Hari

Setelah berhasil mengurangi batang rokok kretek yang agan hisap per hari, agan berpindah menghisap rokok dengan kadar tar dan nikotin yang rendah.
Prinsip yang dipakai masih seperti di atas. Jadi dalam waktu sekitar 5 bulan agan sudah bisa total berhenti merokok.

3. Giat Olah Raga

Untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh agan yang sudah pasti berubah itu, agan harus rajin olah raga. Setiap hari agan jogging sekitar 30 menit di sekitar lingkungan rumah. Kadang-kadang kalau lagi semangat pergi ke gym dekat rumah untuk latihan beban.
Lumayan, siapa tahu bisa punya badan seperti Ade Rai atau Brad Pitt

4. Kurangi Tidur Larut Malam

Karena sudah terbiasa kerja gila-gilaan dikejar waktu tenggat penyelesaian proyek dari klien atau kantor, agan jadi sering tidur larut malam bahkan sampai subuh. Kadang-kadang untuk mengusir rasa dingin, kantuk dan rasa bosan agan akhirnya jadi merokok (tentu saja ditemani segelas kopi panas).
Akhirnya agan menetapkan untuk disiplin waktu. Sekalipun kerja di rumah, agan hanya bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Kalau harus lembur karena dikejar deadline, biasanya tidak pernah lebih dari jam 10 malam.
Atau karena sedang panas-panasnya coding aplikasi software atau penasaran sama bug yang nggak ketemu-ketemu asalnya, agan tetap memaksakan diri untuk mematikan komputer tepat jam 10 malam.
Jadi agan tetap bisa tidur jam 11 malam dan bangun jam 5 pagi (sekalipun biasanya habis sholat subuh sering tidur lagi sampai jam 7 )

5. Mintalah Istri/pacar untuk Sering Ngomel

Kiat ini sangat ampuh buat agan (mungkin). Calon isteri (atau mungkin sekarang sudah menjadi istri) agan itu harus sangat rajin mengomeli agan kalau sudah merokok atau kerja di luar jam yang disebut tadi. Jika beliau sudah mulai bosan ngomel, agan harus bertanya, “say, kok tumben nggak ngomel?”
Maka dengan serta merta meluncurlah dengan deras tiada henti-hentinya segala petuah nan bijaksana kepada agan dari calon istri (mungkin dah menjadi istri) agan tersebut.

pweechevalier
05-04-2010, 07:01 PM
Senin, 05/04/2010 16:25 WIB
Gorengan Jadi Budaya Masyarakat Kota
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Makanan apa yang paling diidamkan banyak orang? Gampang jawabnya pasti gorengan. Makanan yang digoreng alias gorengan, merupakan salah satu makanan yang tidak sehat tapi kini sudah jadi budaya masyarakat kota.

Gorengan yang mengandung banyak lemak dan kolesterol, seringkali menjadi pemicu berbagai macam penyakit, seperti jantung dan stroke.

"Tak hanya junk food atau makanan cepat saji, gorengan pun kini menjadi makanan yang sudah membudaya di masyarakat perkotaan," kata Prof dr Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTM&H, DTCE, Dirjen PP & PL Depkes RI, pada acara Pers Briefing Menyambut Hari Kesehatan Sedunia 2010, di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (5/4/2010).

Menurut Prof Tjandra, gorengan sepertinya sudah menjadi makanan yang identik dengan masyarakat Indonesia. Tidak hanya di desa, bahkan di kota pun sudah menjadi budaya, padahal makanan ini sama halnya dengan junk food yang tidak sehat.

Seperti dilansir dari situs Badan Kesehatan Dunia (WHO), makanan yang kaya karbohidrat atau tepung yang mengalami penggorengan atau proses pemasakan dengan suhu yang tinggi dapat merangsang pembentukan senyawa karsinogenik yang menjadi pemicu kanker, yaitu akrilamida. Dosis tertentu akrilamida juga beracun bagi sistem saraf manusia.

Selain itu, gorengan yang tinggi lemak akan membuat seseorang rentan terserang batuk dan memperlambat pengosongan lambung. Lemak akan merangsang tenggorokan dan membuatnya gatal sehingga mudah terserang batuk.

Gorengan juga tidak baik bagi penderita maag, karena dengan adanya lemak, lambung akan cepat terisi tapi lebih lambat dicerna, alhasil seseorang akan merasa sudah kenyang dan tidak akan cepat lapar padahal baru makan dalam porsi sedikit. Hal ini membuat kerja lambung akan terganggu.

Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, seperti dikutip dari karangannya, 'The Miracle of Enzyme' mengatakan, jika merasa tidak mungkin berhenti mengonsumsi makanan gorengan, sebaiknya mulailah untuk menguranginya secara bertahap hingga akhirnya terbebas dari makanan gorengan.

Bagaimana jika terpaksa harus makan gorengan?

1. Jika terpaksa makan gorengan singkirkan lapisan tepungnya dan sebisa mungkin tidak menyantap bagian yang berminyak.

2. Tapi jika tidak bisa menahan diri menyantap bagian luarnya yang berminyak, berusahalah untuk mengunyahnya dengan baik. Mengunyah dengan baik akan mencampur makanan berminyak dengan air liur yang membantu menetralisir asam lemak trans hingga kadar tertentu.

Mengunyah makanan hingga 30 kali akan membantu mengeluarkan air liur lebih banyak. Mengunyah dengan baik juga membantu penyerapan makanan meski dalam jumlah yang sedikit. (mer/ir)

Hilman-Bukan-Superman
09-04-2010, 10:06 PM
25 Keuntungan Tidak Merokok

1. Anda bisa menghemat, tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli rokok dan bisa membeli barang-barang lain yang diinginkan.

2. Anda akan menghirup lebih sedikit bakteri menghisap rokok sama dengan menghirup bakteri yang bisa membuat sakit.

3. Anda bisa lebih pintar karena terhindar dari kecanduan zat kimia rokok yang bisa merusak otak.

4. Anda akan memiliki gaya bercinta dan kemampuan seksual yang lebih baik karena aliran darah dan sirkulasinya yang lebih baik dan bersih.

5. Anda akan tidur lebih nyenyak dan lebih baik karena nikotin adalah zat yang bisa mengganggu produksi hormon tidur.

6. Anda bisa punya tulang yang lebih sehat dan kuat karena kepadatan mineral tulang tidak akan tercuri dan berkurang akibat rokok.

7. Anda akan terhindar dari penyakit psoriaris karena studi terkini menyebutkan ada hubungannya antara perokok dengan penyakit kulit psoriaris.

8. Anda akan merasa lebih hangat dan tidak kedinginan karena sirkulasi darah akan berjalan dengan lancar dan menghangatkan tubuh.

9. Anda yang memiliki penyakit AIDS tidak akan mengalami proses kemunduran daya tahan tubuh yang lebih cepat.
Anda akan terhindar dari semua penyakit kronis yang disebabkan rokok, terutama penyakit jantung yang punya risiko 4 kali lipat.

10. Anda bisa terhindar dari meninggal dunia karena tumor otak karena asap rokok yang masuk ke paru-paru bisa menyebar cepat ke dalam pembuluh darah di otak.

11. Anda bisa memiliki gigi yang lebih bersih dan sehat karena zat kimia dalam rokok tidak masuk lagi ke mulut dan tidak akan merusak gigi.

12. Anda akan memiliki keriput yang lebih sedikit karena rokok bisa merusak jaringan dan elastisitas kulit setelah 10 tahun.

13. Anda akan memiliki indera penciuman yang lebih baik dan mengonsumsi makanan dengan lebih nikmat.

14. Anda bisa punya rambut yang lebih kuat dan tidak akan cepat mengalami kebotakan.

15. Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan produktif karena jarang sakit.

16. Anda akan terhindar dari stres karena tekanan keluarga dan orang-orang yang ingin Anda berhenti merokok.

17. Anda terhindar dari batuk dan bronkitis yang mengganggu.

18. Anda akan menyelamatkan bayi dan anak-anak yang tidak berdosa dari gangguan asap rokok.

19. Anda akan memiliki sperma yang lebih banyak dan sehat karena risiko sperma cacat akibat bahan kimia rokok akan berkurang.

20. Anda akan lebih dicintai pasangan, menjadi pencium yang baik dan kemungkinan dicampakkan berkurang karena kebanyakan wanita tidak suka bau asap rokok.

21. Anda akan menjadi contoh dan figur yang baik untuk teman yang ingin berhenti merokok.

22. Anda bisa bernafas lebih panjang karena karbonmonoksida dari rokok tidak akan masuk ke dalam darah dan membatasi jumlah oksigen untuk bernafas.

23. Anda bisa punya kemungkinan untuk hamil lebih besar karena terhindar dari kanker ovarium atau rusaknya sel-sel telur dan fungsi reproduktif wanita.

24. Anda punya risiko melahirkan anak cacat yang lebih rendah karena zat kimia dalam rokok bisa menyebabkan mutasi gen yang diturunkan pada anak.

25. Anda akan memiliki umur yang lebih panjang karena setiap satu batang rokok yang di hisap bisa mengurangi 11 menit kesempatan hidup.


http://hadinisme.blogspot.com/2010/04/25-keuntungan-tidak-menghisap-rokok.html

dree_united
10-04-2010, 09:30 AM
bagi yang coffee freak, gejala kecanduan mungkin tidak begitu mereka rasakan. tapi sesuatu yang berlebihan tentu bukan sesuatu yang baik, bukan..?

Kenali Gejala Kecanduan Kopi

Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta, Minum bercangkir-cangkir kopi dalam sehari sudah menjadi kebiasaan beberapa orang. Jika tak minum kopi, si ketagihan kopi akan merasa badannya tidak fit. Kenali gejala-gejala kecanduan kopi.

Konsumsi kopi terlalu berlebihan memang bisa mengakibatkan kecanduan dan dapat menimbukan efek bahaya bagi tubuh. Karena kopi adalah minuman yang dapat merangsang dan memiliki efek langsung pada tubuh dan pikiran yaitu menyegarkan serta menambah energi baik secara fisik maupun mental.

Kopi juga merangsang otak dan membuat tubuh melepaskan hormon stres dalam darah. Jika stimulasi yang diberikan terlalu berlebihan akan menyebabkan tubuh terjaga dan secara praktis merampas pikiran dan energi.

Seperti dikutip dari Hubpages, Sabtu (10/4/2010) kecanduan kopi biasanya terjadi jika timbul suatu keinginan yang kuat untuk minum kopi setelah dihentikan beberapa waktu.

Saat si pecandu kopi tak minum kopi muncul gejala seperti:

1. Rasa lelah sepanjang hari
2. Perut mulas
3. Mudah marah
4. Terjadi gangguan tidur
5. Rasa tidak nyaman di leher, bahu, punggung, perut, tangan dan kaki
6. Sembelit
7. Perasaan khawatir dan gelisah
8. Sulit konsentrasi
9. Pusing.


Gejala yang timbul ini merupakan bagian dari penarikan kafein (withdrawal) yang akan timbul setelah 12 hingga 24 jam dari waktu terakhir kali orang tersebut mengonsumsi kopi.

Salah satu fakta yang paling menarik mengenai kecanduan kopi adalah meningkatnya toleransi tubuh terhadap zat yang terkandung di dalam kopi.

Peningkatan toleransi ini menunjukkan semakin banyaknya jumlah zat yang diminta tubuh agar bisa memberikan efek yang sama pada tubuh dan pikiran. Dengan kata lain jika dulu dibutuhkan hanya secangkir kopi, maka lama kelamaan membutuhkan lebih dari 1 cangkir.

Jika seseorang sudah kecanduan kopi, maka hal penting yang harus dilakukan adalah mengurangi konsumsinya secara perlahan-lahan. Langsung berhenti tidak mengonsumsi kopi sama sekali bukanlah hal yang mudah, karena bisa menimbulkan efek yang membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Karenanya disarankan seseorang untuk berhenti secara bertahap, dimulai dengan mengurangi 1 cangkir setiap harinya dan bisa diganti dengan minuman yang menyehatkan lain seperti teh hijau, teh herbal atau jus. Setelah itu ditambah jumlah cangkir kopi yang harus dikuranginya.

Menghilangkan kecanduan kopi masih lebih mudah dibandingkan dengan kecanduang alkohol atau obat-obatan psikoaktif lainnya.

Hal penting yang harus dilakukan saat ingin menghilangkan kecanduan adalah mengonsumsi air putih yang cukup, makan seimbang dan olahraga secara teratur. Karena faktor ini bisa mengurangi efek withdrawal atau penarikan kafein.

Jika kecanduan kafein atau kopi tidak segera ditangani, maka nantinya dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular, sistem saraf dan juga sistem pencernaan. Sehingga penting untuk mengenali dan memahami gejala-gejala kecanduan kopi.
http://health.detik.com/read/2010/04/10/070758/1335700/766/kenali-gejala-kecanduan-kopi
(ver/ir)

nu_reccayasha
10-04-2010, 11:16 AM
untung g terlalu suka minum kopi :hammer:

pweechevalier
13-04-2010, 07:04 PM
Selasa, 13/04/2010 14:40 WIB
Tidurlah dengan Lampu Mati
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Jika Anda takut tidur malam dalam kamar yang gelap mulailah untuk melatihnya. Tidur dengan lampu mati sangat baik buat kesehatan tubuh dan bisa mencegah beberapa penyakit serius seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Tidur malam dalam kamar yang gelap benar-benar bermanfaat buat tubuh. Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Sayangnya, hormon melatonin ini tidak akan muncul jika orang tidur malam hari dengan lampu menyala. Adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti.

Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan.

Praktisi kesehatan lainnya, Lynne Eldridge M.D yang juga penulis buku 'Avoiding Cancer One Day At A Time' juga menuliskan perempuan buta 80 persen lebih kecil terkena risiko kanker payudara dibanding rata-rata perempuan lain. Diduga faktor hormon melatonin yang banyak ditubuhnya karena penglihatan yang gelap membuatnya punya daya tahan tubuh yang lebih tinggi.

Pentingnya tidur malam hari dengan mematikan lampu baru-baru ini juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris dan Israel. Peneliti menemukan ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Para ilmuwan mengklaim jika seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik, maka bisa menyebabkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker.

Jika pada penelitian sebelumnya tidur malam dengan lampu terang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara dan kanker prostat. Maka pada penelitian terbaru ini menunjukkan paparan jangka pendek juga bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

"Orang-orang yang bangun di malam hari disarankan untuk tidak menyalakan lampu. Kami percaya bahwa setiap kali menyalakan cahaya buatan pada malam hari akan memiliki dampak pada jam biologis tubuh, karena ini adalah mekanisme yang sensitif," ujar Dr Rachel Ben-Sclomo dari University of Haifa, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (13/4/2010).

Dr Rachel menambahkan bahwa ini adalah temuan terbaru dan masih sebatas penelitian pendahuluan. Namun kini ia dan tim tengah menganalisa wilayah ini secara lebih mendetail. Hasil ini juga telah dilaporkan dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics. (ir/ir)

zudomiriku
14-04-2010, 11:08 AM
TOLONG : Bernyanyi dengan berteriak sekeras-kerasnya dipercaya bisa membantu dan berguna u/ mengurangi rasa stress, depresi dan keleahan pikiran

TOLONG : Jika mata anda lelah karena cahaya komputer, maka tempelkanlah mata anda dengan handuk kecil yg sudah direndam oleh air hangat selama 3-5 menit

zudomiriku
19-04-2010, 10:34 AM
TOLONG : Jika anda sulit u/ tidur, maka pijitlah bagian antara kedua alis mata anda dengan perlahan-lahan. Maka tidur anda pun akan menjadi nyenyak.

TOLONG : Berbaring dan meletakkan kaki di tumpukan bantal dan menaruh botol isi air hangat diatas perut bisa membantu menghilangkan sakit perut anda.

pweechevalier
21-04-2010, 02:26 PM
Selasa, 20/04/2010 14:08 WIB
Kenapa Habis Makan Terus Ngantuk?
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Banyak orang yang jadi mengantuk dan ingin sekali tidur sehabis makan padahal sedang dalam kondisi kerja. Sebenarnya kondisi ini tidak normal, karena setelah makan seharusnya tubuh menghasilkan energi yang membuatnya segar. Tapi jika Anda selalu ngantuk sehabis makan, sebaiknya ketahui sebab-sebabnya.

Mengantuk adalah salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh agar seseorang beristirahat. Tapi jika selalu mengantuk sehabis makan itu pertanda ada yang salah dalam makanannya, enzimnya atau kondisi kadar gula darahnya.

Seperti dikutip dari Helium dan Steadyhealth, Selasa (20/4/2010) ada tiga alasan yang menyebabkan seseorang mengantuk setelah makan, yaitu:

1. Kekurangan enzim
Enzim bisa diibaratkan sebagai pekerja dalam tubuh, seperti rumah yang tidak akan bisa dibangun tanpa adanya pekerja meskipun bahan-bahannya sudah lengkap. Enzim memecah makanan yang dikonsumsi menjadi unit-unit yang lebih kecil sehingga dapat diserap oleh tubuh. Selain itu enzim juga bisa berfungsi sebagai katalis untuk membuat sesuatu bisa terjadi.

Terdapat tiga jenis enzim yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan yaitu enzim pencernaan yang disekresikan oleh kelenjar ludah, perut, pankreas, sel-sel endokrin dan juga usus kecil. Kedua, enzim yang ditemukan pada seluruh makanan mentah yang dikonsumsi. Ketiga, enzim metabolik yang berfungsi sebagai katalis, memproduksi energi, membuang kotoran dan detoksifikasi racun.

Saat sedang makan, enzim tubuh bekerja sangat keras agar dapat mencerna semua makanan yang masuk. Karena terlalu keras bekerja, tubuh merasa lelah dan seharusnya saat lelah makanan yang dimakan bisa memberikan energi.

Tapi bagi orang yang kekurangan enzim, makanan yang dimakan tidak bisa jadi energi karena ada gangguan penyerapan zat gizi. Akibatnya saat enzim lelah, tidak ada asupan energi sehingga membuat seseorang menjadi mengantuk.

2. Penggabungan makanan yang tidak tepat
Kebanyakan dari masyarakat tidak mengetahui mengenai penggabungan makanan (food combining) yaitu cara menggabungkan makanan agar dapat digunakan oleh tubuh sebagai nutrisi.

Beberapa jenis makanan membutuhkan enzim tersendiri agar bisa dicerna seperti protein memerlukan protease, karbohidrat memerlukan amilase dan lemak memerlukan lipase. Ketika seseorang mengonsumsi protein dan karbohidrat secara bersamaan, maka bisa menimbulkan konflik enzim dalam pencernaan.

Usahakan untuk menggabungkan protein dengan sayuran non-pati (sayuran berwarna hijau, tapi bukan kentang atau wortel), menggabungkan karbohidrat dengan sayuran, biji-bijian, mengonsumsi buah saja atau mengonsumsi 60-80 persen makanan mentah atau dikukus. Penggabungan makanan ini bisa membuat seseorang merasa kurang mengantuk dan menambah lebih banyak energi.

3. Pengaruh salah satu neuron
Alasan seseorang mengantuk setelah makan adalah neuron orexin. Neuron ini berada di hipotalamus yang merupakan bagian dari otak yang mengatur banyak proses serta hampir semua hormon.

Ketika kadar gula darah meningkat, hal ini mengakibatkan kerja dari neuron orexin dihambat. Akibatnya seseorang akan merasa mengantuk karena kinerja neuron orexin yang bertanggung jawab untuk mengontrol seseorang agar tetap terjaga dihambat. (ver/ir)

zudomiriku
23-04-2010, 02:45 PM
TOLONG : Jika dalam 15 menit adan belum juga bisa tidur malam, maka lakukan sesuatu yg rileks. Setelah 20-30 menit cobalah u/ tidur kembali.

pweechevalier
23-04-2010, 06:13 PM
Jumat, 23/04/2010 10:42 WIB
Perut Rata Diawali dari Makanan
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Punya perut rata tak hanya sedap dipandang mata tapi juga bagus untuk kesehatan. Miliki perut rata dengan mengawalinya dari makanan yang sebaiknya dihindari dan dikonsumsi.

Dengan memilah makanan yang tepat bisa membuat lemak-lemak luruh. Setelah mampu mengelola apa yang perlu dan harus dihindari, melakukan olahraga seperti sit up bisa membuat hasil yang lebih maksimal.

Kenapa punya perut rata itu penting?

Karena perut rata menandakan sistem metabolisme dan sistem kerja kardiovaskular (sistem peredaran darah) bekerja dengan baik. Sebaliknya, perut buncit kerap menyimpan masalah penumpukan lemak yang memicu berbagai penyakit.

Makanan yang harus dihindari untuk mendapat perut rata, seperti dilansir dari Ehow dan Ezinearticles, Jumat (23/4/2010) adalah:

1. Makanan yang digoreng
Perut yang rata tidak akan pernah diperoleh jika seseorang terus makan makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng mengandung lemak yang dapat tersimpan hingga di dalam sel dan jaringan di perut.

2. Minuman manis dan soda
Banyak mengonsumsi minuman manis terutama yang terbuat dari gula buatan, tentunya tidak akan membuat perut rata. Senyawa yang terkandung didalamnya dapat diubah menjadi lemak lebih cepat dari yang kita pikirkan, dan perut akan menjadi gudang dari lemak-lemak tersebut.

Contoh minuman yang harus dihindari adalah minuman ringan bersoda dan minuman beralkohol.

3. Makanan berkabohidrat tinggi
Karbohidrat dalam makanan dapat dikonversi menjadi lemak sangat cepat oleh tubuh. Jadi kurangilah porsi nasi, roti putih, pasta, dan makanan lain yang mengandung banyak karbohidrat. Sebagai gantinya, direkomendasikan untuk konsumsi roti gandum utuh dan pasta gandum.

4. Garam atau sodium
Mengonsumsi banyak garam sama halnya dengan menampung banyak air dalam tubuh, yang akan membuat tubuh gemuk dan terlihat bengkak. Hal ini karena garam dapat mengikat air dalam tubuh, sehingga akan membuat perut buncit.

5. Makanan yang mengandung lemak trans
Lemak trans yang banyak terdapat pada makanan olahan merupakan makanan yang tidak sehat. Selain itu, lemak trans juga bisa membuat perut terlihat buncit.

Sebagai gantinya, seperti dilansir dari 2losebellyfat, Jumat (23/4/2010), ada tiga makanan utama yang akan membantu meratakan perut, mengurangi nafsu dan memberi lebih banyak energi, yaitu:

1. Buah dan sayuran kaya serat
Karena buah-buahan dan sayuran mengandung banyak serat, mereka akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dan peneliti percaya bahwa tingginya kadar antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten menangkis lemak di perut.

Beta-karoten bisa didapat dari wortel, melon, squash, dan buah persik. Dan vitamin C bisa diperoleh dari jeruk dan buah berry.

Sebenarnya semua berry seperti blackberry, blueberry, raspberry dan strawberry adalah pilihan yang sangat baik untuk hidangan penutup (desert). Dan sayuran kering serta kacang merah, kacang lima, kacang hitam, kacang polong, dan lentil tinggi kandungan serat tinggi.

2. Daging tak berlemak
Menurut penelitian dari Skidmore College dan Rumah Sakit Universitas Kopenhagen, makan protein tambahan sangat berguna bagi mereka diatas usia 40 tahun untuk mengurangi lemak perut.

Sekitar 25 persen kalori harian haruslah berupa protein, dan kita harus memperhatikan daging yang kita makan.

Pilih ikan, kerang, unggas tanpa kulit dan daging tanpa lemak, tidak lebih dari 6 ons setiap harinya, dan harus dimasak. Udang dan lobster memiliki kolesterol lebih tinggi dibandingkan dengan ikan jenis lain, tetapi mereka mengandung lemak jenuh dan lemak total yang lebih rendah dari sebagian besar daging dan unggas.

3. Kacang Dan Biji
Kacang merupakan salah satu tanaman sumber protein terbaik. Kacang kaya akan serat, fitonutrien dan antioksidan seperti vitamin E dan selenium.

Kacang juga tinggi sterol dan lemak, tapi sebagian besar lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, seperti omega-3 yang merupakan lemak baik. Makanan ini juga akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain kacang, biji-bijian seperti biji rami, biji labu dan biji bunga matahari juga menawarkan konten kaya serat yang sama dan banyak manfaat kesehatan.

Selain makanan, cara makan juga perlu diperhatikan. Makanlah secara perlahan-lahan, makanan yang tidak terkunyah sempurna akan menjadi bagian-bagian kecil, sehingga tidak dapat dicerna sempurna dan menghasilkan banyak gas. (mer/ir)

zudomiriku
07-05-2010, 10:24 AM
TOLONG : Jika terkena luka berdarah segera bersihkan dengan alkohol dan jangan menutuo luka terlalu rapat, karena bisa membuat kuman akan cepat berkembang

TOLONG : JIka kamu merasakan pusing dan kunang2 pada kedua matamu, maka jambaklah rambutmu dengan pelan-pelan. 2-4x jambakan sedikit mengurangi pusing kamu

pweechevalier
07-05-2010, 05:47 PM
Kamis, 06/05/2010 15:47 WIB
Penderita Diabetes Jangan Makan Buah yang Di-juice
Irwan Nugroho - detikHealth

Jakarta - Penderita penyakit diabetes militus (DM) boleh-boleh saja mengonsumsi buah-buahan. Namun, sebaiknya buah-buahan tersebut tidak dikonsumsi dalam bentuk juice.

"Masalahnya sekarang ini banyak yang 'memindahkan' buah menjadi juice. Nah, buah apa pun itu, kalau dibuat juice akan meningkatkan glukosa darah," kata Ketua Tim
Dokter Kepresidenan, Dr Aris Wibudi.

Hal itu disampaikan dia dalam ceramah kesehatan dengan tema 'Mungkinkah Hidup Tanpa Diabetes dan Bahagia Bersama Diabetes' di Kantor Wakil Presiden, Jl Medan
Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2010). Ibu Herawati Boediono juga hadir dalam acara ini.

Aris menyebutkan aneka buah yang aman dimakan oleh penderita penyakit gula darah tinggi. Aman dalam arti tidak meningkatkan kadar gula dalam darah. Buah-buahan tersebut misalnya belimbing, jambu merah, jambu air, pepaya, semangka, dan jeruk.

"Pisang itu sedikit tinggi, tapi tidak perlu terlalu khawatir," jelas pria yang berpangkat Brigjen ini.

Lebih dari itu, lanjutnya, penderita diabetes harus mengatur pola makan dengan sehat. Bila akan mengonsumsi makanan kemasan, ia mengimbau agar konsumen melihat daftar nutrisi yang ada di dalamnya.

Beberapa makanan, menurut Aris, memang dianjurkan untuk tidak dimakan. Namun, makanan tersebut dapat dimodifikasi komposisinya sehingga 'aman'.

"Orang diabetes itu nggak boleh sengsara. Ternyata kita bisa memodifikasi makanan. Jadi diakali. Supaya kadar gula tidak tinggi dikasih agar-agar misalnya," pungkasnya. (ir/ir)

pweechevalier
10-05-2010, 09:32 PM
Senin, 10/05/2010 15:42 WIB
Jangan Mati Muda Karena Perilaku Buruk
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Jika selalu berpikiran positif, maka setiap orang ingin hidup dengan usia panjang dan memiliki tubuh yang sehat. Tapi tak sedikit orang yang justru menjerumuskan dirinya sendiri untuk mati muda dengan melakukan kebiasaan yang buruk.

Sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa hal-hal buruk yang dilakukannya bisa memicu kondisi kesehatan yang parah dan berujung pada kematian. Namun, meski demikian tetap saja banyak orang yang masih melakukannya.

Diketahui ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengurangi harapan seseorang untuk hidup atau memicu terjadinya kematian dini, yaitu merokok terutama jika sudah dimulai sejak usia dini, mengonsumsi minuman keras, kurang melakukan aktivitas fisik setidaknya kurang dari dua jam dalam seminggu dan memiliki pola makan yang buruk yaitu sedikit mengonsumsi sayur dan buah tapi banyak mengonsumsi lemak atau gula.

Para peneliti dari Norwegia menemukan bahwa orang yang memiliki perilaku-perilaku fatal tersebut memungkinkan tiga kali lipat meninggal akibat penyakit jantung atau kanker.

"Pola hidup seperti itu bisa meningkatkan risiko kematian empat kali lipat oleh berbagai sebab dan bisa membuat seseorang terlihat 12 tahun lebih tua dibandingkan usianya," ujar Dr Elisabeth Kvaavik, dari University of Oslo, seperti dikutip dari LATimes, Senin (10/5/2010).

Selain itu pola hidup yang tidak sehat menyebabkan seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes dan berbagai kondisi kesehatan lain yang dapat memicu penyakit pembuluh darah.

Kebiasaan buruk yang terjadi terus menerus dapat menghancurkan kehidupan seseorang, yaitu dapat membuat ia menjadi tidak sehat, kehilangan banyak uang serta menyebabkan kematian di usia muda.

Untuk mencegah hal tersebut, harus ada kesadaran dari diri orang tersebut untuk mau mengubah pola hidupnya menjadi lebih baik.

Seperti dikutip dari eHow, Senin (10/5/2010) ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, yaitu:

1. Mencari tahu hal apa yang membuat Anda menikmati kebiasaan buruk tersebut dan memperhatikan mengapa sangat memanjakan kebiasaan buruk ini. Setelah diketahui penyebabnya, cobalah untuk memikirkan ulang hal tersebut dan melakukan perubahan.
2. Konsisten dengan upaya yang dilakukan untuk mengubah kebiasaan buruk. Jika memiliki keinginan yang tulus untuk berubah, maka cobalah melakukan perubahan tersebut setiap harinya.
3. Mempertahankah perubahan kebiasaan ini selama 3 minggu. Sebuah studi yang dilakukan beberapa tahun terakhir menunjukkan suatu kebiasaan bisa mendarah daging jika sudah dilakukan sekitar 3 minggu. Sehingga selama waktu tersebut lakukan modifikasi untuk mempertahankannya.
4. Cobalah untuk memiliki pemikiran bahwa apa yang dilakukan saat ini akan jauh lebih positif dan menguntungkanbagi diri sendiri dan juga orang lain.
5. Mendapat dukungan dari orang-orang disekitar saat membutuhkan. Sebisa mungkin menjauhi hal-hal yang bisa memicu kembalinya melakukan kebiasaan buruk.


Untuk menghindari kematian di usia muda akibat gaya hidup tak sehat, sebaiknya hindari segala kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan risiko kematian akibat berbagai penyakit. Mulailah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. (ver/ir)

pweechevalier
14-05-2010, 03:07 AM
Rabu, 12/05/2010 17:03 WIB
Agar Tak Sakit Saat Terjebak Hujan, Berjalan atau Lari?
AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Jakarta - Hujan kadang membuat pusing karena tekanan udara menjadi rendah. Orang biasanya akan cepat-cepat menghindari hujan dengan harapan agar tak sakit. Ketika terjebak hujan, mana yang sebaiknya dilakukan berjalan seperti biasa atau berlari kencang?

Saat musim hujan kondisi tubuh biasanya mudah drop maka itu sebisa mungkin jangan terlalu basah-basahan jika sedang tidak fit.

Beberapa penyakit di musim hujan antara lain pusing, flu, demam berdarah, diare, muntah, disentri, cacingan. Ketika tubuh basah, pakaian menjadi lembab yang bikin betah jamur dan menyebabkan jamur kulit seperti di selangkangan, sela jari kaki, lipat payudara.

Ada anggapan berlari kencang menerobos hujan lebih aman ketimbang hanya berjalan saja karena berjalan saja tubuh akan lebih basah. Sekilas anggapan itu ada benarnya, sebab dengan berlari maka guyuran hujan akan berlangsung lebih singkat. Namun berlari akan membuat terpaan air hujan tidak hanya datang dari atas, melainkan juga dari depan sehingga cukup masuk akal jika berlari saat hujan justru membuat lebih basah.

Dikutip dari Gazette, Rabu (12/5/2010), 2 ilmuwan dari North Carolina, Trevor Wallis dan Thomas Peterson pernah melakukan eksperimen tentang hal itu. Mereka melakukanya di wilayah pegunungan Appalachian saat terjadi badai hujan pada musim panas tahun 1996.

Di bawah guyuran hujan, Wallis berlari sejauh 100 meter di pelataran parkir kantor mereka sementara Peterson hanya berjalan. Keduanya mengenakan topi dan pakaian berbahan sama, yakni dari katun.

Setelah menerobos guyuran hujan, pakaian mereka langsung ditimbang. Ternyata pakaian yang dikenakan Peterson 40 persen lebih berat karena basah oleh air hujan dibandingkan pakaian Wallis yang berlari dengan cepat.

Bagian paling basah adalah pada topi, yang menunjukkan guyuran datang dari atas. Mereka berkesimpulan, semakin lama berada di bawah hujan maka akan semakin basah.

Sementara itu peneliti dari Kanada, Doug Craigen menambahkan faktor lain yang mempengaruhi tingkat kebasahan saat menerobos hujan. Menurutnya, bentuk tubuh juga berpengaruh terutama tinggi badan dan lebah bahu.

Berlari juga bisa lebih basah

Sementara itu Nick Allen dari Royal Astronomical Society, dikutip dari BBC (12/5/2010), memberikan pendapat berbeda soal hujan. Menurutnya, berlari dengan sangat cepat sama basahnya dengan diam saja dalam waktu lebih lama di bawah guyuran hujan.

Ini disebabkan karena beberapa variabel tidak bisa dikendalikan seperti kecepatan jatuhnya air hujan (velositas), kerapatan air hujan, dan juga ukuran tubuh. Yang bisa dikendalikan hanya kecepatan berlari serta lamanya waktu saat berada di bawah guyuran hujan.

Variabel lain yang juga perlu diperhatikan tentu saja arah hembusan angin, yang menentukan sudut datangnya air hujan. Berlari melawan arah datangnya hujan tentu saja akan lebih basah dibandingkan berlari dengan arah yang sama.

Jika keputusan untuk berlari atau berjalan harus dibuat dalam waktu singkat agar tak sakit terkena hujan, berbagai variabel tersebut mungkin terlalu rumit untuk diperhitungkan.

Tips berikut ini lebih praktis untuk diterapkan ketika lupa membawa payung agar badan tak terlalu basah sehingga terhindar dari pusing dan masuk angin:

1. Pilih lokasi untuk berteduh, misalnya halte atau emperan toko. Tentukan arah sekaligus rute yang akan ditempuh
2. Amati sudut datangnya air hujan, bandingkan dengan arah yang dituju
3. Jika searah, berlari adalah pilihan terbaik. Jika berlawanan arah, berlari hanya akan membuat makin cepat basah atau bahkan lebih basah
4. Jika tidak mungkin menempuh rute yang lurus, sesuaikan langkah di setiap belokan. Sesekali berjalan, kemudian berlari lagi. (up/ir)

pweechevalier
14-05-2010, 03:12 AM
Kamis, 13/05/2010 13:25 WIB
Gigi Sehat dengan 9 Langkah
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Orang kadang baru sadar merawat giginya setelah sakit gigi. Jangan tunggu sampai sakit gigi menyiksa, karena punya gigi sehat ternyata cukup dengan 9 langkah mudah.

Siapa bilang memiliki gigi yang kuat dan indah butuh biaya yang mahal?

Seperti dikutip dari Geniusbeauty, Kamis (13/5/2010), ada 9 langkah mudah dan tidak perlu biaya mahal untuk memiliki gigi yang kuat dan indah, yaitu:

1. Sebaiknya tidak hanya menyikat bagian gigi saja, tapi juga mencakup lidah dan pipi. Karena banyak juga kuman-kuman yang berkumpul di daerah tersebut.
2. Mengganti sikat gigi dalam sebulan.
3. Mengganti pasta gigi (odol) secara teratur, karena tubuh yang sudah terbiasa dengan bahan aktif tertentu akan berhenti bereaksi dari waktu ke waktu.
4. Membiasakan diri untuk menyikat gigi sebelum sarapan pagi dan sebelum tidur di malam hari.
5. Melakukan kumur tenggorokan secara menyeluruh setelah makan, terutama jika mengonsumsi makanan yang manis atau asam. Dalam hal ini tak perlu harus menggunakan cairan kumur, tapi bisa juga menggunakan air.
6. Menggunakan benang gigi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan, dan sebaiknya tidak menggunakan tusuk gigi karena dapat melukai mukosa mulut.
7. Mengunyah permen karet setelah makan dapat membantu menyerap racun dan menghilangkan akumulasi plak lunak. Tapi pastikan untuk tidak mengunyahnya lebih dari 15 menit.
8. Jika diperlukan bisa berkumur dengan cairan antibakteri untuk menghilangkan bakteri secara keseluruhan.
9. Menggunakan irrigator oral untuk membantu membersihkan ruang antara dentogingival lebih efektif. Selain itu intensitas semprotan air pada gusi dapat meningkatkan aliran darah.


Selain sembilan langkah di atas yang bisa membantu seseorang memiliki gigi kuat dan indah, ada juga hal lain yang harus dilakukan yaitu:

1. Memilih makanan yang tepat untuk gigi sehat
Gigi membutuhkan banyak kalsium yang bisa membantu membuat enamel gigi semakin kuat. Karenanya konsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti produk susu, ikan, kacang-kacangan, bit dan bayam. Selain itu air yang digunakan untuk minum dan masak juga memiliki pengaruh tersendiri. Hal lain yang harus diperhatikan adalah melatih gigi agar kuat dengan mengonsumsi makanan padat berupa sayuran dan buah secara teratur seperti menggigit wortel dan apel.

2. Menghindari minuman yang tidak sehat
Selama ini mungkin orang beranggapan bahwa teh, kopi atau jus tidak baik untuk gigi, padahal sebenarnya minuman ini tidak merusak enamel gigi. Tapi minuman soda lah yang paling berbahaya untuk gigi. Minuman ini mengandung asam orthophosphoric yang dapat menggerogoti enamel gigi.

3. Rajin merawat gigi
Gigi yang sehat sekalipun tetap membutuhkan perawatan secara teratur dari waktu ke waktu. Hal ini berguna untuk membersihkan gigi, menghilangkan plak yang menempel dan memberikan perlindungan khusus terhadap gigi. Tapi perawatan ini tidak termasuk memutihkan gigi dengan produk hidrogen peroksida, karena bisa merusak dan melemahkan gigi. (ver/ir)

pweechevalier
19-05-2010, 02:06 PM
Selasa, 18/05/2010 15:05 WIB
Kapan Kotoran Telinga Perlu Dibersihkan?
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Kotoran telinga punya fungsi melindungi telinga dari kerusakan dan infeksi sehingga tidak perlu terlalu sering dibersihkan. Tapi kotoran telinga juga kadang mengganggu pendengaran. Kapan sebaiknya kotoran telinga dibersihkan?

Kulit pada saluran telinga luar memiliki kelenjar khusus yang menghasilkan kotoran telinga yang dikenal sebagai cerumen.

Biasanya, sejumlah kecil kotoran telinga berakumulasi kemudian mengering dan keluar dari saluran telinga, membawa partikel debu yang tidak diinginkan atau pasir.

Bentuk cerumen atau kotoran telinga berbeda antara orang satu dengan lainnya. Mungkin hampir berbentuk cair, padat dan tegas atau berupa kulit kering. Warnanya juga bervariasi tergantung pada komposisi.

Sebagian besar saluran telinga dapat membersihkan sendiri, dengan cara lapisan kulit saluran telinga bermigrasi dari gendang telinga ke telinga pembukaan luar.

Kotoran telinga yang lama akan terus diangkut dari daerah yang lebih dalam dari saluran telinga menuju keluar, biasanya kering, serpihan dan jatuh.

Kapan seharusnya harus dibersihkan?

Dalam keadaan ideal, seseorang seharusnya tidak perlu membersihkan kotoran telinganya. Tapi kadang orang malah terlalu sering membersihkan telinganya hingga cairan pelumas telinganya pun kering.

Seperti dilansir dari MedicineNet, Selasa (18/5/2010), kotoran telinga yang berlebihan dapat terbentuk di dalam saluran telinga karena berbagai alasan, antara lain:

1. Penyempitan saluran telinga akibat infeksi atau penyakit kulit, tulang, atau jaringan ikat
2. Produksi cairan cerumen kurang (lebih umum pada orang tua karena penuaan dari kelenjar yang menghasilkan kotoran telinga)
3. Cerumen berlebihan dalam menanggapi trauma atau penyumbatan di dalam saluran telinga


Bila kotoran telinga terakumulasi begitu banyak sehingga membentuk blok saluran telinga dan mengganggu pendengaran, maka saat itulah kotoran telinga perlu dibersihkan.

Orang mungkin akan mencoba menggunakan cotton bud (pembersih telinga dengan kapas) atau tetes telinga bila kotoran telingan terlalu keras.

Penggunaan cotton bud baik dilakukan bila keadaan kotoran telinga sedikit cair dan tidak keras. Karena apabila kotoran telinga keras, maka penggunaan cotton bud justru akan membuat kotoran tersebut semakin masuk ke dalam telinga.

Dan untuk menggunakan tetes telinga, sangat penting untuk mengetahui bahwa telinga Anda tidak mengalami perforasi (bocor) gendang telinga sebelum menggunakan produk.

Menggunakan tetes telinga dengan keadaan gendang telinga berlubang dapat menyebabkan infeksi pada telinga tengah. Dan juga jika disertai rasa sakit, nyeri atau ruam kulit lokal penggunaan obat tetes harus dihentikan.

Pada saat seperti ini, dokter mungkin harus membersihkan kotoran telinga keluar (dikenal sebagai lavage), dengan vakum, atau bahkan membersihnya dengan instrumen khusus. (mer/ir)

pweechevalier
19-05-2010, 02:07 PM
Rabu, 19/05/2010 07:50 WIB
Bahaya Bagi si Malas Mandi
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Berapa kali Anda mandi dalam sehari? Atau karena alasan buru-buru, udara dingin, mandi menjadi terasa membebankan. Sebaiknya hilangkan kebiasaan malas mandi karena ada banyak dampak buruk selain bau badan.

Mandi merupakan salah satu kegiatan yang berguna untuk membersihkan kotoran yang melekat di tubuh. Hal yang terlintas di pikiran seseorang adalah badan yang kotor, bau dan dijauhkan dari lingkungan sosial seperti anggota keluarga atau teman-temannya.

Tapi ada keprihatinan yang lebih serius mengenai hal ini yaitu berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Rabu (19/5/2010) orang yang tidak mandi kemungkinan akan merasa gatal dan banyak kotoran yang melekat di tubuh, hal ini tentu saja meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi.

Banyak orang tidak menyadari, tubuh manusia rata-rata ditutupi oleh sekitar 2 meter kulit yang mengandung 2,6 juta kelenjar keringat yang selalu berkeringat. Selain kelenjar keringat, kulit juga ditumbuhi oleh ribuan rambut-rambut kecil dan halus.

Terdapat dua jenis kelenjar keringat yang ada di seluruh tubuh yaitu eccrine dan apocrine. Keringat yang keluar dari apocrine mengandung protein dan asam lemak yang membuat sesuatu menjadi menebal dan berwarna susu kekuning-kuningan. Kondisi ini juga yang menyebabkan noda di ketiak berwarna kuning. Sehingga jika seseorang tidak mandi, maka lapisan kotoran akan semakin menebal dan membuat kotoran sulit keluar dari tubuh.

Selain itu, orang yang tidak mandi beberapa hari akan menimbulkan bau yang disebabkan oleh bercampurnya antara bakteri dan rambut di kulit dengan hasil metabolisme berupa protein dan asam lemak. Akibat rambut yang melekat lengket oleh keringat akan membuat tubuh lebih kotor daripada biasanya.

Kuman dan mikroorganisme lain yang berada di kulit akan sangat mudah berkembang biak dengan kondisi tubuh yang lembab. Hal ini bisa menjadi ancaman utama jika kuman tersebut tetap menempel di permukaan kulit, sehingga memudahkan seseorang menderita gatal-gatal atau kurap.

Namun jika kondisi ini lebih parah daripada sekedar gatal-gatal seperti adanya mikroorganisme staphylococcus, maka bisa berakibat fatal terutama jika mikroorganisme ini mencapai aliran darah. Meskipun hal ini sangat jarang terjadi.

Karenanya mandi merupakan salah satu kegiatan yang berguna untuk menjaga kebersihan seseorang. Selain itu ada juga beberapa manfaat kesehatan dari kegiatan mandi ini, yaitu:

Mandi memberikan bantuan energi bagi tubuh
Air gelombang yang jatuh ke kulit bisa mengeluarkan ion negatif dari tubuh dan menggantinya dengan ion positif yang lebih bermanfaat bagi tubuh.

Mandi bisa berguna sebagai detoksifikasi tubuh
Tubuh manusia mengandung banyak racun yang berasal dari pestisida makanan atau air yang dikonsumsi. Racun ini tidak akan bisa keluar dari tubuh jika pori-pori kulit tersumbat lemak, minyak atau bahan kimia lain. Dengan mandi, maka senyawa yang menutupi pori-pori kulit akan hilang dan racun ditubuh bisa keluar melalui keringat.

Mandi bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks
Pantulan air yang jatuh ke kulit bisa menimbulkan sensasi rileksasi, kondisi ini efektif untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental. Selain itu sebagai langkah yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan. (ver/ir)

pweechevalier
25-05-2010, 06:36 PM
Selasa, 25/05/2010 13:30 WIB
Bayi di Bawah 1 Tahun Jangan Diberi Madu
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Madu adalah salah satu pemanis alami yang banyak disukai orang. Tapi para orangtua sebaiknya tidak memberikan madu pada bayi di bawah usia 1 tahun, karena berisiko terkena botulisme pada bayi.

Botulisme adalah salah satu jenis keracunan makanan yang dapat menyebabkan kematian.

Madu memang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang, seperti untuk penambah stamina atau dipercaya memiliki sifat antimikroba.

Namun hal ini sepertinya tidak akan berlaku pada bayi yang belum genap berusia 1 tahun. Karena kemungkinan bukan manfaat tersebut yang didapatkan tapi bisa mengakibatkan botulisme pada bayi.

Seperti dikutip dari Pediatrics.about.com, Selasa (25/5/2010) bahwa bayi berusia di bawah 12 bulan memiliki risiko terkena botulisme jika mengonsumsi madu, sehingga sebaiknya dihindari.

Hal ini disebabkan spora dari bakteri Clostridium botulinum ini dapat ditemukan dalam madu alami, ketika madu tersebut masuk ke dalam tubuh dan dicerna oleh bayi maka spora dari bakteri ini akan melepaskan toksin yang dapat menyebabkan botulisme (keracunan).

Badan standar makanan (Food Standards Agency) Amerika Serikat merekomendasaikan sebaiknya memberikan madu setelah bayi berusia di atas 1 tahun, karena pada usia tersebut sistem pencernaannya sudah cukup matang untuk tidak membiarkan bakteri tersebut tumbuh di dalam tubuh.

Sedangkan saat usianya masih di bawah 1 tahun sistem pencernaannya belum matang sehingga rentan terhadap keracunan botulisme dari makanan.

Spora botulinum secara luas ditemukan pada beberapa pemanis lain seperti sirup mapel dan sirup jagung, namun memang lebih cenderung berada di dalam madu.

Karenanya orangtua harus memastikan setiap kandungan yang terdapat di dalam makanan olahan untuk bayinya, terutama yang belum di pasteurisasi (diolah dengan cara pemanasan).

Botulisme pada bayi bisa mematikan jika tidak terdeteksi sejak dini, hal ini karena sifat menyebar yang dimiliki oleh toksin tersebut.

Orangtua sebaiknya mengenali tanda-tanda dari botulisme pada bayi, yaitu:

1. Biasanya diawali dengan sembelit atau susah buang air besar.
2. Mengalami kelemahan otot akibat adanya kerusakan sistem saraf.
3. Bayi akan menangis dan lama kelamaan akan menjadi lebih lemah.
4. Bayi akan mengalami kesulitan makan dan menelan.
5. Kelemahan yang dialami bayi akan membuatnya menjadi lesu.


Bayi memiliki risiko lebih besar pada enam bulan pertama kehidupannya, karena itu orangtua harus mencatat setiap kesehatan dan perubahan yang terjadi pada bayinya.

Orangtua sebaiknya menjaga kebersihan dan mengelola makanan yang akan dikonsumsi oleh bayi dengan teliti, serta dianjurkan untuk lebih menahan diri saat memberikan makanan pada bayinya terutama makanan yang terlalu manis. (ver/ir)

pweechevalier
25-05-2010, 06:37 PM
Selasa, 25/05/2010 14:00 WIB
Tanda-tanda Air Tanah yang Tercemar
AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Jakarta - Ada banyak indikator yang menunjukkan tingkat pencemaran air tanah, yang harus dilakukan di laboratorium. Namun secara sederhana air tanah yang tercemar juga bisa dikenali lewat pengamatan fisik.

Untuk mendapatkan air tanah dengan kualitas baik, sumur harus dibuat dengan kedalaman tertentu. Sumur yang terlalu dangkal akan terisi air permukaan, yang lebih mudah terkontaminasi oleh cemaran atau polutan.

Sumber pencemaran terdiri dari polutan alami (mineral dan mikroorganisme) serta polutan buatan. Polutan buatan manusia seperti residu (sisa) bahan kimia umumnya lebih berbahaya dibandingkan polutan alami.

Polutan buatan bisa datang dari limbah rumah tangga, industri maupun pertanian. Dari rumah tangga antara lain berupa air sabun bekas cucian. Dari industri lebih beragam, sementara dari pertanian antara lain pupuk dan pestisida.

Air bersih yang layak untuk dikonsumsi seharusnya tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Adanya pencemaran menyebabkan perubahan pada sifat tersebut.

Tanda-tanda bahwa air tanah sudah tercemar dapat dikenali melalui pengamatan fisik. Beberapa di antaranya seprti dikutip dari Indiastudychannel, Selasa (25/5/2010) adalah:

1. Warna kekuningan akan muncul jika air tercemar chromium dan materi organik. Jika air berwarna merah kekuningan, itu menandakan adanya cemaran besi. Sementara pengotor berupa lumpur akan memberi warna merah kecoklatan.

2. Kekeruhan juga merupakan tanda bahwa air tanah telah tercemar oleh koloid (bio zat yang lekat seperti getah atau lem). Lumpur, tanah liat dan berbagai mikroorganisme seperti plankton maupun partikel lainnya bisa menyebabkan air berubah menjadi keruh.

3. Polutan berupa mineral akan membuat air tanah memiliki rasa tertentu. Jika terasa pahit, pemicunya bisa berupa besi, alumunium, mangaan, sulfat maupun kapur dalam jumlah besar.

4. Air tanah yang rasanya seperti air sabun menunjukkan adanya cemaran alkali. Sumbernya bisa berupa natrium bikarbonat, maupun bahan pencuci yang lain misalnya detergen.

5. Sedangkan rasa payau menunjukkan kandungan garam yang tinggi, sering terjadi di daerah sekitar muara sungai.

6. Bau yang tercium dalam air tanah juga menunjukkan adanya pencemaran. Apapun baunya, itu sudah menunjukkan bahwa air tanah tidak layak untuk dikonsumsi. (up/ir)

Rean
25-05-2010, 08:47 PM
ada yg tau ga, klo lagi emosi, telapak tangan kanan kiri sakit...
kira2 sakit apa ya gw?

Redsbusby
26-05-2010, 12:43 AM
Makan dengan badan tegak bisa bikin awet muda - Leonardo Davinci..

pweechevalier
26-05-2010, 11:45 AM
ada yg tau ga, klo lagi emosi, telapak tangan kanan kiri sakit...
kira2 sakit apa ya gw?

Wah serius lu Gan? Hmmm, ada yg dokter gak di sini?
Tolong dibantu yah...tolong dibantu yah...

wisnu cimol

pweechevalier
26-05-2010, 11:51 AM
Rabu, 26/05/2010 07:55 WIB
Bahaya Ginjal Jika Sering Menahan Pipis
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Pada saat-saat tertentu kadang orang harus menahan buang air kecil, seperti di perjalanan yang macet atau mengikuti rapat penting. Tapi sebaiknya hal ini tidak dilakukan terus menerus, karena bisa menimbulkan dampak serius bagi kesehatan terutama ginjal.

Urine adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh. Urine terdiri dari bahan terlarut berupa sisa metabolisme di tubuh seperti urea, garam terlarut dan bahan organik lainnya yang tidak diperlukan oleh tubuh.

"Jika seseorang memiliki masalah di kandung kemih seperti pompa yang kurang baik atau kandung kemih yang sudah berlebih maka bisa jadi saat buang air kecil, urine yang keluar tidak sampai selesai. Sisa urine yang tertinggal di kandung kemih bisa menyebabkan infeksi di saluran kemih," ujar Dr dr Nur Rasyid, SpU saat dihubungi detikHealth, Rabu (26/5/2010).

Dr Rasyid menuturkan, normalnya kandung kemih bisa menampung urine sebanyak 300-400 cc. Saat seseorang berkemih atau pipis, maka seharusnya urine di dalam kandung kemih tersebut dikeluarkan semuanya atau bersisa maksimal sebanyak 12 cc saja.

Saat seseorang menahan buang air kecil, maka kandung kemih akan melar atau meregang, hal ini akan membuat pompa di kandung kemih tidak bisa berfungsi dengan baik saat pipis. Sehingga tak jarang banyak orang yang baru selesai pipis, tak lama kemudian akan timbul kembali rasa ingin pipis.

"Urine yang tersisa banyak di kandung kemih membuat saluran tersebut mudah terkena infeksi. Tapi jika akibat menahan tersebut membuat pompa kandung kemih memberikan tekanan yang tinggi, maka bisa mengakibatkan kerusakan ginjal," ungkap dokter yang berpraktek di RSCM dan RS ASRI ini.

Dr Rasyid menambahkan saat terjadi tekanan tinggi dari pompa, seseorang tidak akan merasakan apa-apa. Kerusakan ginjal yang terjadi akan lebih berbahaya jika ditemukan adanya infeksi pada kandung kemih, namun jika tidak ada infeksi kemungkinan menyebabkan pembengkakan ginjal. Tapi kedua kondisi tersebut tentu saja tidak baik untuk kesehatan dan bisa berbahaya jika terjadi terus menerus.

Sementara itu bagi orang yang memang sudah memiliki gangguan berkemih, sebaiknya orang tersebut membuat buku harian (diary) mengenai pola pipisnya. Sehingga bisa diketahui pola tersendiri pada jam berapa saja ia akan berkemih, hal ini akan menghindarkan dirinya dari kondisi menahan pipis.

Berapa lama waktu yang bisa dilewatkan seseorang untuk menahan buang air kecil berbeda-beda, dan juga kemampuan pompa kandung kemih setiap orang berbeda. Karena itu seseorang harus bisa mendeteksi diri sendiri.

"Jika setelah menahan pipis, urine yang keluar tidak sampai habis dan tak berapa lama ingin pipis lagi, maka itu berarti kandungan urine di kandung kemih sudah berlebihan. Sebaiknya kalau tidak ada gangguan apa-apa, setelah muncul rasa ingin pipis maka segera saja berkemih," ujar dokter yang lahir di Bangkalan 44 tahun silam ini.

Selain itu seberapa sering seseorang berkemih tergantung dari seberapa banyak cairan yang dikonsumsi dan juga jenisnya.

Misalnya minuman alkohol akan membuat produksi urine lebih banyak, karenanya orang yang menahan pipis 1 jam setelah mengonsumsi alkohol bisa lebih buruk dibandingkan menahan pipis 2 jam setelah mengonsumsi air putih. (ver/ir)

pweechevalier
02-06-2010, 02:21 PM
Rabu, 02/06/2010 10:42 WIB
Sayur & Buah yang Paling Banyak dan Sedikit Menyerap Pestisida
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Dalam jumlah tertentu, penggunaan pestisida untuk tanaman buah dan sayur masih dapat ditolerir tubuh. Ada sayuran dan buah yang paling rentan menyerap pestisida tapi ada juga buah dan sayur berkulit tebal yang sedikit terkena kontaminasi pestisida.

Buah dan sayur sudah dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya serat. Tapi laporan kesehatan terbaru justru menemukan 67 jenis pestisida yang akhirnya membuat buah dan sayur 'kotor'.

Environmental Working Group, yang merupakan kelompok nirlaba AS yang fokus pada masalah, meneliti hampir 100.000 buah dan sayur yang diduga mengandung pestisida. Hal ini untuk menentukan buah dan sayur mana yang memiliki residu (sisa) bahan kimia berbahaya tersebut.

Yang paling dikhawatirkan adalah buah dan sayur yang dijuluki 'dirty dozen', yang berisi 47-67 pestisida per porsi. Ini adalah makanan yang diyakini paling rentan karena memiliki kulit lembut dan tipis, sehingga cenderung lebih banyak menyerap pestisida.

Pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, memikat atau membasmi hama, penyakit dan gulma yang tidak berpengaruh pada tanaman. Pestisida seringkali disebut sebagai 'racun'. Tapi banyak petani yang menggunakan pestisida untuk mencegah kerusakan atau pembusukan.

Bila paparan pestisida terlalu banyak, maka pestisida bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kanker, ADHD pada anak, gangguan sistem saraf dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

"Sangat penting untuk mengetahui buah dan sayur apa saja yang mengandung banyak pestisida," ujar Amy Rosenthal dari Environmental Working Group, seperti dilansir dari CNN, Rabu (2/6/2010).

Rosenthal juga menuturkan bahwa kelompoknya melakukan pengujian pestisida setelah buah dan sayur dicuci dengan air dengan sistem bertekanan tinggi USDA (USDA high-power pressure water system).

Berikut kelompok 'dirty dozen' atau 12 buah dan sayur yang paling banyak menyerap pestisida:

1. Seledri
2. Persik
3. Stroberi
4. Apel
5. Blueberry
6. Nektarin (Peach)
7. Paprika
8. Bayam
9. Ceri
10. Kentang
11. Anggur
12. Selada


Sedangkan lapisan kulit dari buah dan sayur yang tebal dapat mencegah kontaminasi pestisida. Kelompok buah dan sayur tersebut dijuluki 'Clean 15', yaitu yang memiliki tingkat pestisida rendah atau bahkan tidak ada sama sekali:

1. Bawang
2. Alpukat
3. Jagung manis
4. Nanas
5. Mangga
6. Kacang polong
7. Asparagus
8. Buah kiwi
9. Kubis
10. Terong
11. Melon kuning
12. Semangka
13. Jeruk Bali
14. Ubi jalar
15. Bawang bombay (mer/ir)

Redsbusby
04-06-2010, 09:12 AM
Terapi Air Putih

Tuhan telah memberi kita air yang banyak dan gratis. Tanpa mengeluarkan uang untuk obat-obatan, tablet, suntikan, diagnosa, upah dokter,dll. Hanya minum air minum, penyakit di bawah ini bisa disembuhkan. Anda tak akan percaya sebelum melakukannya. Di bawah ini daftar penyakit yang dapat disembuhkan oleh terapi ini:

Tuhan telah memberi kita air yang banyak dan gratis. Tanpa mengeluarkan uang untuk obat-obatan, tablet, suntikan, diagnosa, upah dokter,dll. Hanya minum air minum, penyakit di bawah ini bisa disembuhkan. Anda tak akan percaya sebelum melakukannya. Di bawah ini daftar penyakit yang dapat disembuhkan oleh terapi ini:
Sakit Kepala
Asma
Hosthortobics
Darah Tinggi
Bronchitis
Kencing Manis
Kurang Darah
TBC
Paru-paru
Penyakit Mata
Rematik
Radang Otak
Lumpuh
Batu Ginjal
Haid Tidak Teratur
Kegemukan
Penyakit Saluran Kencing
Leukimia
Radang/Sakit Persendian
Kelebihan Asam Urat
Kanker Peranakan
Radang Selaput Lendir
Mencret
Kanker Payudara
Gangguan Jantung
Disentri
Radang Tenggorokan
Mabuk, Pusing, Gamang
Ambeien
Sembelit
Batuk

Bagaimana Air Minum Itu Bekerja?

Meminum air minum biasa dengan metode yang benar, memurnikan tubuh manusia. Hal itu membuat usus besar bekerja dengan lebih efektif dengan cara membentuk darah baru, dalam istilah medis dikenal sebagai aematopaises. Bahwa mucousal fold pada usus besar dan usus kecil diaktifkan oleh metode ini, merupakan fakta tak terbantah,
seperti teori yang menyatakan bahwa darah segar baru diproduksi oleh mucousal fold ini. Bila usus bersih, maka gizi makanan yang dimakan beberapa kali dalam sehari akan diserap dan dengan kerja mucousal fold, gizi makanan itu diubah menjadi darah baru.

Darah merupakan hal paling penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan, dan karena itu air hendaknya dikonsumsi dengan teratur.

Bagaimana Melakukan Terapi Air ini ?

Pagi hari ketika anda baru bangun tidur (bahkan tanpa gosok gigi terlebih dahulu) minumlah 1.5 liter air, yaitu 5 sampai 6 gelas. Lebih baik airnya ditakar dahulu sebanyak 1.5 liter. Ketahuilah bahwa nenek moyang kami menamakan terapi ini sebagai "usha paana chikitsa".

Setelah itu anda boleh mencuci muka. Hal yang sangat penting untuk diketahui bahwa jangan minum atau makan apapun satu jam sebelum dan sesudah minum 1.5 liter air ini. Juga telah diteliti dengan seksama bahwa tidak boleh minum minuman beralkohol pada malam sebelumnya. Bila perlu, gunakanlah air rebus atau air yang sudah disaring.

Apakah mungkin Minum 1.5 Liter Air Sekaligus?

Untuk permulaan, mungkin akan terasa sulit meminum 1.5 liter air sekaligus, tapi lambat laun akan terbiasa juga. Mula-mula, ketika latihan, anda boleh minum 4 gelas dulu dan sisanya yang 2 gelas diminum dua menit kemudian. Awalnya anda akan buang air kecil 2 sampai 3 kali dalam satu jam, tapi setelah beberapa lama, akan normal kembali. Menurut penelitian dan pengalaman, penyakit-penyakit berikut diketahui dapat disembuhkan dengan terapi ini, dalam waktu seperti tertulis di bawah ini:

Sembelit - 1 Hari
TBC Paru-Paru - 3 Bulan
Kencing Manis - 7 Hari
Asam Urat - 2 Hari
Tekanan Darah - 4 Minggu
Kanker - 4 Minggu

Catatan :
Disarankan agar penderita radang / sakit persendian dan rematik melaksanakan terapi ini tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam satu jam sebelum makan-selama satu minggu, setelah itu dua kali sehari sampai penyakitnya sembuh.

Kami mohon dengan sangat, metode di atas dibaca dan dipraktekkan dengan seksama. Sebar luaskanlah pesan ini kepada teman-teman, sanak saudara dan tetangga karena hal ini merupakan persembahan pada kemanusiaan. Dengan rahmat Tuhan, setiap orang hendaknya menjalani hidup sehat

Redsbusby
04-06-2010, 09:14 AM
Tips Menggemukkan Badan Alami

Kerempeng? Mana Keren! Mungkin sudah pada tahu dengan Tagline salahsatu iklan produk penambah berat badan tersebut. Memang memiliki badan yang kurus terkadang mengurangi rasa percaya diri kita. Sebenarnya berapakah berat badan yang ideal itu? Tentu tiap orang berbeda-beda, tergantung dari faktor tinggi badan. Untuk mengukur berat badan ideal, silakan baca postingan blog tips kesehatan sebelumnya disini.
Tag: berat badan ideal, menambah berat badan, tambah berat badan, penambah berat badan
Back to topik cara menambah berat badan, kali ini saya akan memberikan tips tambah berat badan alami khusus untuk anda yang ingin menaikan berat badan dengan cara tradisional. Berikut ini ramuannya:

Bahan-bahan:
- Biji Ceguk (50 Butir)
- Madu (1 Sendok makan)
- Air Panas (1/2 Cangkir)

Cara Pemakaian:
Cuci bersih Biji Ceguk, kemudian giling hingga halus. Seduh dengan 1/2 cangkir Air Panas dan 1 Sendok makan Madu. Minumlah air ramuan penambah berat badan tersebut selagi hangat pada malam hari (sebelum tidur).

Selain ramuan diatas, untuk menggemukan badan tentunya harus diimbangi dengan makan yang cukup dan mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi, konsumsi buah-buahan, perbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup.
Tag: menaikan berat badan, cara menambah berat badan, berat ideal, menggemukkan badan
Setelah badan cukup ideal, cobalah cara membentuk badan sixpack yang telah saya posting sebelumnya.

pweechevalier
04-06-2010, 07:04 PM
Tips Menggemukkan Badan Alami

......

Eh, biji ceguk tuh yg kaya' gimana sih???

wisnu cimol

pweechevalier
04-06-2010, 07:06 PM
Jumat, 04/06/2010 16:15 WIB
Susu Coklat Lebih Manjur dari Minuman Energi
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Seattle - Iklan minuman energi mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Mulai dari bentuk sachet, kaleng maupun botol. Tapi susu coklat bebas lemak ternyata lebih manjur memulihkan tenaga atlet ketimbang beragam minuman energi.

Para ahli sepakat bahwa pemulihan energi bagi atlet dua jam setelah latihan olahraga atau aktivitas berat lainnya adalah penting. Tetapi hal ini sering diabaikan.

Padahal setelah aktivitas berat, periode pemulihan penting bagi orang-orang yang aktif. Ini untuk membantu memaksimalkan stamina dan menjaga kinerja tetap prima pada aktivitas berikutnya.

Peneliti menemukan bahwa susu coklat bebas lemak dapat menjaga tubuh, mengisi dan membangun kembali otot-otot untuk membantu tubuh pulih kembali.

Susu coklat bebas lemak lebih efektif ketimbang cairan karbohidrat yang dirancang khusus untuk menambah energi.

Seperti dilansir dari Telegraph, Jumat (4/6/2010), hasil temuan ini telah dipublikasikan oleh James Madison University pada konferensi American College of Sports Medicine, di Seattle.

Minum susu coklat bebas lemak setelah latihan olahraga atau melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak energi, bisa membantu menyiapkan otot untuk melakukan pertandingan atau aktivitas berikutnya.

Kombinasi karbohidrat dan protein yang terkandung dalam susu coklat ditemukan dalam rasio yang paling menguntungkan dan paling cocok untuk memulihkan tenaga.

Seperti dilansir dari SawfNews, secara khusus peneliti menemukan keuntungan susu coklat, yaitu untuk:

1. Membangun otot kembali
Susu coklat bebas lemak lebih mampu meningkatkan sintesis protein otot rangka, yang berarti merupakan suatu tanda bahwa otot lebih mampu memperbaiki dan membangun kembali, dibanding minuman karbohidrat penambah energi dengan jumlah kalori yang sama.

2. Mengisi 'bahan bakar' otot yang habis
Studi menunjukkan bahwa susu coklat memiliki campuran karbohidrat dan protein untuk membantu otot mengisi 'bahan bakar' yang habis, yaitu glikogen. Hal ini penting untuk memulihkan stamina dan otot. Protein dalam susu coklat bebas lemak juga membantu membangun otot tanpa lemak.

3. Mengurangi kerusakan otot
Atlet berisiko mengalami kerusakan otot setelah latihan dan melakukan aktivitas berat. Peneliti menemukan bahwa minum susu coklat bebas lemak setelah latihan dapat membantu mengurangi kerusakan otot tersebut.

4. Menggantikan cairan tubuh yang hilang
Susu coklat juga memberikan cairan rehidrasi dan elektrolit dalam tubuh, seperti potasium, kalsium dan magnesium yang hilang dalam keringat. Kedua cairan ini sangat diperlukan dalam rangka menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan dapat menggantikan tenaga yang hilang setelah aktivitas berat. (mer/ir)

red_girl_mia
04-06-2010, 07:12 PM
klo susu putih aja gmana? :crazy: :crazy:

pweechevalier
04-06-2010, 07:36 PM
klo susu putih aja gmana? :crazy: :crazy:

Klo dibandingin minuman energi, ya masih lbh bagus susu, mau putih atw coklat...
Tapi klo dibandingin susu putih ama susu coklat...
Nah ini gw belum nemu ilmunya...
Gw pribadi sih emang suka ama susu, apapun warnanya...yg penting isinya :embarrassment:

wisnu cimol

red_girl_mia
04-06-2010, 07:47 PM
Klo dibandingin minuman energi, ya masih lbh bagus susu, mau putih atw coklat...
Tapi klo dibandingin susu putih ama susu coklat...
Nah ini gw belum nemu ilmunya...
Gw pribadi sih emang suka ama susu, apapun warnanya...yg penting isinya :embarrassment:

wisnu cimol


:hammer::hammer:=))=))=))=))=))

ditunggu risetnya om....

klo saia sukanya rasa stroberi.... :muflag::muflag::muflag:

Redsbusby
05-06-2010, 12:09 AM
Eh, biji ceguk tuh yg kaya' gimana sih???

wisnu cimol

Tetangga saya kebetulan dapetny dr daerah banten, agak jarang d jawa, sepertinya :D...

Coba disini bro, saya jg ngga begitu ngerti2 bgt..

http://tanamanherbal.wordpress.com/2007/12/15/ceguk/

pweechevalier
07-06-2010, 12:06 PM
Minggu, 06/06/2010 08:55 WIB
20 Menit di Luar Ruangan Sama Baiknya dengan Secangkir Kopi
Irna Gustia - detikHealth

New York -Ketika mengantuk atau kehilangan energi, kopi menjadi pilihan agar tubuh kembali segar. Tapi sebenarnya tak perlu melulu mencari kopi, dengan keluar dari ruangan dan menghirup udara segar 20 menit sama efeknya seperti minum secangkir kopi.

Peneliti menemukan ketika orang kelelahan di meja kantor ada cara untuk menyegarkan badan tanpa harus minum kopi. Berjalanlah ke luar ruangan untuk menghirup udara terbuka karena alam punya efek seperti kafein yang membuat orang kembali segar.

"Alam adalah energi yang baik untuk jiwa," kata Professor Richard Ryan, psikolog dari University of Rochester, New York yang melakukan penelitian ini seperti dilansir dari telegraph, Minggu (6/6/2010).

Dalam temuan yang telah dipublikasikan oleh Journal of Environmental Psychology itu, disebutkan ikatan antara alam dan tubuh manusia membuat seseorang merasa lebih hidup ketika menghirup udara segar.

"Seringkali ketika merasa lelah kita mengambil secangkir kopi, tapi ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan energi dengan kembali berkoneksi dengan alam," kata Professor Richard.

Professor Richard dan timnya melakukan 5 penelitian yang berbeda terhadap 537 partisipan dalam berbagai situasai baik ketika berada di dalam gedung maupun di alam terbuka. Kemudian peneliti mengukur tingkat energi dan suasana hati partisipan sepanjang hari saat melakukan berbagai aktivitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan merasa lebih energik ketika membayangkan dirinya berada di luar ruangan dan mengalami peningkatan vitalitas ketika hanya 20 menit di udara terbuka.

"Orang-orang yang memiliki vitalitas besar tidak hanya memiliki banyak energi tapi juga fisiknya lebih tahan terhadap penyakit," kata Professor Richard.

Dia menyarankan agar orang lebih banyak menghabiskan waktu di alam untuk kesehatannya karena alam memiliki hubungan yang alami dengan makhluk hidup. (ir/ir)

Redsbusby
08-06-2010, 08:17 AM
Fakta Tentang Cokelat, Wah Ternyata Menyehatkan

http://i91.photobucket.com/albums/k286/lullabyloman/chocolate.jpg

Ada berita baik bagi Anda yang suka makan cokelat. Sejumlah penelitian menyebutkan sisi positif cokelat yang ternyata baik untuk kesehatan Anda. Nih fakta postif tentang cokelat.

Fakta 1: Baik bagi otak
Berbagi kandungan di dalam cokelat memiliki efek positif pada otak. Penelitian ilmiah mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi cokelat akan memicu pelepasan endorfin, opiat alami di otak yang dikenal untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan suasana hati seseorang dan rasa senang. Makan coklat dikatakan sebagai salah satu kenikmatan hidup, tidak heran jika lebih banyak perempuan lebih memilih cokelat dibandingkan sex.

Fakta 2: Mengandung nutrisi penting untuk kesehatan
Cokelat memiliki nilai gizi yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan. Sekotak cokelat dengan berat 50 mg mengandung: 0,65 mg seng (5% dianjurkan asupan makanan), 0,75 mg besi (10% RDI untuk laki-laki, 5% untuk perempuan), 125 mg kalsium (15% RDI), 0,3 mg riboflavin (17% RDI), 28 mg magnesium (8% RDI), 1,2 mg niacin (6% RDI). Cocoa, komponen dasar cokelat, mengandung sejumlah besar antioksidan yang sama dengan yang ditemukan dalam anggur merah. Antioksidan dikenal untuk mengurangi resiko penyakit jantung dengan mencegah membangun deposito lemak di arteri koroner.

Kita juga tahu bahwa antioksidan dapat membantu tubuh melawan penyakit biasa penuaan degeneratif seperti kanker. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas kalsium Anda, pertimbangkan untuk mengkonsumsi milk coklat untuk diet karena milk cokelat berisi hingga lima kali lebih banyak kalsium daripada dark cokelat karena kandungan susunya.

Fakta 3: Sakit Jantung, makan cokelat
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidak ada hubungannya antara mengkonsumsi cokelat dengan serangan jantung koroner bahkan, beberapa ahli mengatakan dalam beberapa kasus kemungkinan coklat membantu mencegah penyakit jantung. Kita sudah tahu bahwa cokelat tidak berpengaruh pada kadar kolesterol darah. Dengan demikian telah ditemukan bukti ilmiah yang membuktikan bahwa pasti ada tempat untuk cokelat dalam makanan diet kita sehari-hari.

Fakta 4: Cokelat tidak akan membuat Anda gemuk
Salah satu mitos yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa makan coklat membuat Anda gemuk. SALAH! Kenyataanya tidak ada makanan yang mengakibatkan "penggemukan" apabila dikonsumsi dengan wajar dan tidak berlebihan. Sebuah panduan dari Departemen Kesehatan Persemakmuran Negara Australia (1998) tentang pola makan sehat menyatakan bahwa kebanyakan orang bisa makan sejumlah kecil makanan tambahan sebagai bagian dari diet yang sehat, menunjukkan bahwa coklat adalah salah satu makanan sehat. Ingat bahwa makanan hanya setengah proses; latihan dan aktivitas juga penting untuk mengendalikan lemak di dalam tubuh.

Fakta 5: Cokelat cocok untuk mereka yang beraktivitas
Cokelat mengandung karbohidrat dan sangat tepat sebagai makanan ringan berenergi tinggi, terutama bagi mereka yang aktif dalam kegiatan alam bebas seperti hiking, bersepeda dan panjat tebing. Hal ini sering direkomendasikan sebagai makanan kecil berperforma tinggi untuk orang-orang yanng aktif. Cokelat diyakini dapat merangsang pelepasan endorfin dalam tubuh, bahan kimia alami yang membantu menahan rasa sakit dan membangkitkan perasaan euforia atau perasaan senang.

Fakta 6: Cokelat, tidak ada kaitannya dengan jerawat
Jerawat biasanya dikaitkan dengan pola makan yang buruk, coklat juga disebut-sebut sebagai makanan yang dapat menimbulkan jerawat. Tubuh biasanya memiliki Kelenjar sebaceous "sebum", sebuah substansi berminyak yang mengalir secara alami ke permukaan kulit. Jika aliran ini akan diblokir, sebum yang menumpuk untuk membentuk jerawat. Perlu diketahui bahwa penyebab jerawat adalah hormon bukan karena makanan. Penelitian sekitar 30 tahun yang lalu mengungkapkan bahwa makan cokelat tidak ada hubungannya dengan munculnya jerawat

Max25
08-06-2010, 08:28 AM
Nc info bro.. Kl info ttg cokelat ini kadang org slh kaprah terutama point ttg cokelat bs menyebabkan kegemukan serta jerawat jg tnyata tdk :)
Mm jg jgn trlalu byk jg mengkonsumsinya tar sakit gigi hehehe..
http://img.kaskus.us/images/kaskusmobile_hp.gif

Redsbusby
10-06-2010, 03:37 AM
kalo jerawat ini yg buat saya aneh, karena masih banyak yg percaya bro..hehehe.. padahal saya sendiri buktinya, coklat hitam, maupun putih, yg penting jangan banyak seperti yg bro max bilang, ntar sakit gigi :hammer:

ncyl
12-06-2010, 10:46 PM
yang lebih penting jangan lupa sikat gigi dan kumur2 abis makan coklat bro. v(^^,)

Redsbusby
13-06-2010, 05:45 AM
Ternyata, Urin Bisa Jadi Obat Jerawat
Okezone

http://i.okezone.com/content/2010/06/10/27/341651/RunDMys3XO.jpg
Wanita memakai urin untuk mengobati jerawat (Foto: Corbis)


JIKA biasanya urin hanya bisa dimanfaatkan sebagai obat bagi para penderita sakit mata, kini cairan tubuh ini bisa mengobati masalah jerawat. Kok bisa?

Secara umum, kata urin hanya terkait dengan “hasil” biologis manusia yan berkaitan dengan toilet. Tahukah Anda, bahwa cairan tubuh yang satu ini digunakan oleh beberapa orang untuk mengobati masalah jerawat mereka.

Kita semua tahu apa urin, dari mana datangnya dan peran apa yang dimainkannya dalam fungsi tubuh yang sehat. Namun, ada kegunaan lain dari cairan tubuh ini, yaitu dapat mengobati jerawat.

Meskipun tidak semua orang mengakuinya, namun beberapa telah mencoba bentuk pengobatan jerawat ini di beberapa waktu dalam kehidupan mereka. Jadi, bagaimana mungkin urin membantu mencegah jerawat dan jerawat?

Praktek menggunakan urin untuk kosmetik ataupun kulit memiliki nama: urotherapy, serta beberapa variasi yang berbeda. Sementara cairan ini umumnya dikenal sebagai produk limbah oleh banyak orang.

Urin bukan merupakan produk limbah, karena kenyataan bahwa benar-benar bebas dari racun. Kondisinya steril karena adanya air sekitar 95 sampai 98 persen dari urin.

Bagian lain dari cairan tubuh dianggap oleh para ahli medis sebagai senyawa biokimia kecil memiliki yang sifatnya membuatnya ideal untuk pengobatan masalah kulit tertentu seperti jerawat. Demikian berita yang dilansir Care Fair, Kamis (9/6/2010).

Praktek urotherapy sebenarnya telah digunakan selama ribuan tahun di beberapa negara di seluruh dunia. Anda bahkan dapat menemukan beberapa produk perawatan kulit dan kosmetik mengandung beberapa bentuk urin -terutama versi sintetis-. Bahan ini dikenal sebagai "urea" dan terutama digunakan dalam krim wajah

Redsbusby
13-06-2010, 05:49 AM
Cara Tepat Atasi Insomnia

http://www.topnews.in/files/Insomnia_0.jpg

SETIAP manusia menghabiskan seperempat sampai sepertiga waktunya untuk tidur. Karenanya, tidur memiliki arti yang sangat penting untuk semua manusia.

Jika kurang tidur atau mengalami gangguan dalam tidur, maka akan membuat manusia menjadi lambat dan kurang bergairah. Sebaliknya, tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu kita memiliki energi dan gairah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Gejala sulit tidur atau insomnia kerap membuat banyak orang tak maksimal mengerjakan setiap pekerjaan mereka. Hal ini disebabkan mereka tak memiliki tidur yang berkualitas.

Insomnia merupakan sebuah gangguan tidur yang ditandai dengan gejala-gejala seperti selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus-menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan tidur. Atau penderita sering terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur. Sering kali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkannya dan tidak dapat kembali tidur.

Jika Anda tak ingin ketularan insomnia, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Di antaranya:

1. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol sebelum tidur, sebaiknya akan lebih baik jika Anda mencoba menghabiskan segelas susu hangat.
2. Jangan menonton film atau membaca buku yang ceritanya berat dan menegangkan. Tapi pilih lah film atau buku bacaan yang ceritanya cukup ringan.
3. Lakukan relaksasi seperti meditasi atau mendengarkan musik lembut sebelum Anda tidur, ini bisa membantu Anda terhindar dari gejala insomnia.
4. Gunakan kasur, sprei, dan bantal yang lembut dan letakkan bantal pada posisi yang tepat, karena ini dapat menentukan kadar kenyamanan tidur Anda.
5. Tenangkan hati, pikiran, dan bebaskan pikiran Anda dari masalah pekerjaan.

Namun, jika masih saja mengalami masalah gangguan tidur, Anda bisa mencoba resep tradisional yang diyakini bisa menyembuhkan insomnia yang Anda derita. Caranya adalah:

1. Beli buah pala segar lalu kupas dan parut. Seduh dengan sesendok madu. Minum saat masih hangat setiap harinya.
2. Petik beberapa daun putri malu kemudian rebus dengan setengah liter air. Campur ramuan yang Anda rebus dengan satu sendok madu dan minum saat masih hangat.

3. Kalo masih Insomnia juga, jangan tidur sekalian, nonton Piala DUnia :hammer::ngacir:, kidding;))

pweechevalier
17-06-2010, 06:35 PM
Kamis, 17/06/2010 16:30 WIB
Minum Teh Bisa Membantu Menjaga Cairan Tubuh
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Selama ini masyarakat di negara Asia sudah terkenal gemar mengonsumsi teh. Kini kegemaran tersebut bisa diteruskan, karena diketahui bahwa teh juga bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi.

"Jika seseorang suka minum teh, maka tak ada salahnya untuk memiliki kebiasaan ini. Karena secangkir teh bisa memberikan hidrasi bagi tubuh yang hampir sama dengan segelas air putih," ujar peneliti Dr Carrie Ruxton, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (17/6/2010).

Dalam penelitian ini, Dr Ruxton yang juga ahli gizi meminta 21 orang laki-laki untuk mengonsumsi teh selama 12 jam. Selain itu kelompok lainnya yang berjumlah sama diminta untuk mengonsumsi air putih hangat. Pada hari berikutnya, kelompok partisipan yang minum teh diberikan air putih dan sebaliknya. Selanjutnya diambil sampel darah dan urin dari setiap partisipan untuk dilakukan pengujian.

"Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa teori yang mengungkapkan minum teh bisa meningkatkan risiko dehidrasi pada seseorang karena mengandung kafein adalah tidak benar," ungkap Dr Ruxton.

Jika seseorang mengonsumsi teh secara normal, dalam arti tidak lebih dari empat cangkir teh sehari maka bisa memberikan kualitas yang sama baiknya dengan air putih dalam hal hidrasi.

"Selain itu, hasil penelitian ini juga menegaskan bahwa seseorang tidak akan buang air kecil lebih sering setelah minum teh. Serta bisa menjadi bagian penting untuk mempertahankan hidrasi," imbuhnya.

"Para peminum teh dapat diyakinkan bahwa secangkir teh favorit yang biasa dikonsumsi bisa menghitung asupan cairan tubuhnya tanpa menimbulkan efek risiko dehidrasi," ujar Dr Catherine Hood.

Ternyata manfaat dari teh tidak hanya untuk merehidrasi, tapi juga melindungi tubuh terhadap beberapa penyakit seperti jantung dan kanker. Para ahli percaya bahwa senyawa antioksidan flavonoid yang menjadi bahan utama teh bisa meningkatkan kesehatan. (ver/up)

pweechevalier
17-06-2010, 06:36 PM
Kamis, 17/06/2010 15:54 WIB
Toilet Duduk Tak Bisa Tularkan Penyakit Kelamin
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Banyak orang yang takut menggunakan toilet duduk yang ada di tempat umum karena dianggap bisa menularkan penyakit kelamin. Tapi kenyataannya toilet duduk bukanlah media penularan penyakit kelamin.

Penyakit kelamin atau juga dikenal dengan penyakit menular seksual (PMS) merupakan penyakit yang bisa menular melalui hubungan seks vaginal, oral maupun anal. Selain itu, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, persalinan dan menyusui serta tranfusi darah juga bisa menjadi.

"Toilet duduk bukan media penularan penyakit menular seksual," ujar Dr Sophia Yen, MD, spesialis kesehatan remaja di Lucile Packard Children's Hospital di Palo Alto, California, seperti dilansir dari Health.com, Kamis (17/6/2010).

Hal ini juga diamini Dr Samuel L Simon SpKK, spesialis kulit dan kelamin dari Omni International Hospital, Jakarta, dalam konsultasi kesehatan detikHealth.

"Penyakit menular yang ditularkan melalui hubungan seks tidak bisa ditularkan dari jalan-jalan ke mall atau toilet umum. Kalau betul begitu, pasti nggak akan ada orang yang mau jalan-jalan ke mall atau menggunakan toilet duduk umum," ujar dokter yang juga berpraktek Siloam Semanggi Specialist clinic.

PMS bisa disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, jamur, parasit, dan protozoa. Organisme yang menyebabkan penyakit atau infeksi menular seksual ini tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh untuk jangka waktu lama, terutama di permukaan yang keras dan dingin.

Selain itu, organisme tersebut juga memerlukan lingkungan tertentu untuk dapat berkembang, dan tempat tersebut bukanlah toilet duduk yang ada di tempat-tempat umum.

Dr Yen menuturkan, yang perlu dikhawatirkan dalam penularan PMS bukanlah toilet duduk umum, melainkan kontak antara kulit ke kulit atau mulut ke mulut. Hal ini kadang tidak terlalu diperhatikan, padahal juga bisa menularkan PMS.

Misalnya ciuman, kontak mulut ke mulut ini juga bisa menularkan herpes. Ciuman dalam dapat pula menularkan gonorrhea oral (kencing nanah) dan klamidia. Tapi peluang penularan melalui kontak mulut ke mulut tidak terlalu besar dibandingkan dengan kontak kelamin ke mulut (oral seks).

Kontak kulit ke kulit juga dapat menularkan penyakit kelamin, yaitu infeksi kutil kelamin, herpes, kudis kelamin, dan kutu kemaluan. (mer/up)

Andi Istiabudi
17-06-2010, 06:40 PM
Thread ini sebenarnya sangat bermanfaat tidak hanya untuk member United Indonesia tapi juga untuk masyarakat umum. Mungkin jika dibuat dalam bentuk buku dengan judul "Hidup Sehat Ala Member United Indonesia" menarik juga. Kalau bukunya laku terjual bisa jadi sumber pemasukan kas United Indonesia tuh, hehehe ...

pweechevalier
22-06-2010, 06:49 PM
Selasa, 22/06/2010 16:30 WIB
Demi Kesehatan, Matikan Lampu yang Sudah Kedap-kedip
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Jika lampu di rumah sudah mulai kedap-kedip atau pertanda akan mati sebaiknya segera dimatikan atau diganti. Ini demi kesehatan Anda, karena lampu kedap-kedip berpotensi memancarkan radiasi sinar-X yang berbahaya bagi tubuh.

"Lampu kedap-kedip akan memancarkan tenaga yang lebih besar ketimbang lampu yang terus menyala. Ini juga berpotensi memancarkan radiasi sinar-X," ujar Dr Gede Bayu Suparta, peneliti dan pengajar di Jurusan Fisika Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, saat dihubungi detikHealth, Selasa (22/6/2010).

Menurut Dr Bayu, saat lampu berkedap-kedip maka terjadi peristiwa yang disebut Bremsstrahlung, yaitu istilah dalam bahasa Jerman yang berarti radiasi pengereman.

Pada saat lampu mulai menyala, elektron akan bergerak dengan kecepatan energi tinggi. Tapi pada kondisi lampu sudah akan mati, elektron tersebut akan direm secara tiba-tiba karena menumbuk atom logam (tembaga, cooper, besi, aluminium) yang ada di lampu.

Nah, ketika terjadi penumbukan atom logam inilah yang menyebabkan terjadinya pancaran sinar-X yang disebut dengan sinar-X Bremsstrahlung. Walaupun tenaga sinar-X yang dipancarkan tidak terlalu besar, tetap saja ini dapat berbahaya bagi kesehatan bila lama-lama dibiarkan.

Secara fisika, teori elektromagnetik mengatakan bahwa muatan listrik yang mengalami percepatan akan meradiasikan gelombang elektromagnetik, mulai dari tenaga yang paling kecil yaitu gelombang radio, infra merah, cahaya tampak, UV, sinar-X atau sinar gamma.

"Bila lampu masih bekerja dengan normal, maka elektron akan menumbuk gas neon yang serapannya lebih kecil. Karena tidak terjadi pengereman, maka energi yang dipancarkan pun rendah, sehingga yang dipancarkan adalah cahaya tampak atau yang terlihat sebagai lampu neon," ujar dosen yang juga ketua Grup Riset Fisika Citra (GRFC) Jurusan Fisika Fakultas MIPA UGM.

Energi dari cahaya tampak jelas lebih kecil dibandingkan dengan energi sinar-X, maka lampu kedap-kedip yang memancarkan sinar-X jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan lampu yang terus menyala dan memancarkan cahaya.

Meskipun paparan sinar-X bukanlah penyakit, tapi dampak yang ditimbulkan sangat besar karena bisa menurunkan kekebalan tubuh yang membuat seseorang jadi gampang terkena penyakit. Paparan sinar-X bahkan diduga bisa memicu risiko kanker dan membuat pertumbuhan janin terhambat.

Dr Bayu yang masih aktif di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UGM juga menyampaikan bahwa lampu berwarna ungu tidak boleh digunakan sebagai lampu belajar.

Ini karena cahaya tampak berwarna ungu yang memiliki panjang gelombang pendek, bahkan kadang hampir sama dengan panjang gelombang UV yang sangat membahayakan kesehatan. (mer/ir)

pweechevalier
22-06-2010, 07:12 PM
Selasa, 22/06/2010 15:00 WIB
Kenapa Bisa Ikut Mual Saat Lihat Orang Muntah?
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Terkadang jika melihat orang lain muntah, secara spontan orang juga merasakan mual dan ikutan ingin muntah. Apakah ini menandakan kalau muntah itu menular?

Muntah adalah gejala dari kondisi tubuh yang tidak fit. Banyak penyakit yang ditandai dengan gejala muntah-muntah. Meski demikian muntah tidaklah menular, kondisi ini disebut dengan Sympathetic vomiting. Hal ini terjadi ketika melihat, mencium atau mendengar suara orang muntah menyebabkan orang lain menjadi mual dan ingin muntah.

Kejadian ini cukup umum terjadi di masyarakat dan beberapa ilmuwan telah menganggap bahwa hal ini adalah suatu sifat simpatik yang memang telah berkembang di dalam diri manusia.

Sympathetic vomiting mungkin akan tampak sebagai reaksi sederhana atas suatu pemandangan atau bau muntah yang tidak menyenangkan.

Selain itu bau yang ditimbulkan saat seseorang muntah secara luas dianggap sebagai bau paling buruk dan bisa menyebabkan orang didekatnya merasa mual.

Seperti dikutip dari UIMC.discoveryhospital.com, Selasa (22/6/2010) muntah itu sendiri bukanlah kondisi yang menular dan merupakan salah satu reaksi dari kondisi dalam tubuh. Namun jika muntah ini disebabkan oleh penyait infeksi, maka infeksi itulah yang bisa menular.

Meskipun hal ini mungkin hanya suatu reaksi terhadap aroma tak sedap, ada kemungkinan tubuh memiliki reaksi bawah sadar dengan kondisi di sekitarnya tersebut. Faktor lainnya adalah ada kemungkinan seseorang memiliki perut yang sensitif.

Beberapa ahli berpendapat bahwa dorongan untuk muntah bisa dikontrol dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu serta mencoba untuk membuat tubuh rileks melalui tarik napas dan meditasi.

Jika seseorang merasa mual, cobalah untuk perlahan-lahan mengonsumsi minuman berkarbonasi, melangkah keluar untuk mendapatkan udara segar atau mengalihkan pikiran dengan aktivitas lain.

Satu hal yang pasti jangan langsung melakukan latihan atau berolahraga, karena beberapa jenis kondisi yang mengharuskan pengerahan tenaga bisa memicu mual. (ver/ir)

pweechevalier
23-06-2010, 08:11 PM
Rabu, 23/06/2010 17:47 WIB
Kebanyakan Stroke Berawal dari Sakit Kepala
Sandika Dwi Putri - detikHealth

Jakarta - Kebanyakan kasus stroke berawal dari gejala ringan seperti sakit kepala. Namun, banyak awam yang menganggapnya sebagai sakit kepala biasa. Sakit kepala memang gejala stroke yang minimal tapi tak bisa dianggap biasa.

dr. Prijo Sidipratomo, Sp.Rad yang merupakan dokter spesialis radiologi mengatakan gejala ringan seperti sakit kepala memang cukup minimal, tetapi dalam pemeriksaan lanjutan mungkin ditemukan kelainan.

Oleh karena itu, pemeriksaan lebih lanjut penting sekali untuk dilakukan jika kerap terserang sakit kepala apalagi sampai sakit kepala yang kronis.

Menurutnya, jika seseorang terkena stroke, masih bisa diselamatkan jika saat kejadian langsung di bawa ke rumah sakit kurang dari 3 jam.

"Pasien stroke bisa diobati bila dalam waktu kurang dari 3 jam dibawa ke tempat yang tepat," ujar dr. Prijo dalam acara 'Neurovascular Roundtable Case Board Discussion' di Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang, Rabu (23/6/2010).

Sakit kepala ini merupakan gejala stroke ringan yang bisa hilang dalam beberapa menit atau jam. Selain sakit kepala, gejala stroke ringan lainnya antara lain bingung, pandangan kabur, kesemutan dan hilang keseimbangan.

Stroke terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Aliran darah ke otak terhenti karena penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah (aterosklerosis) atau pembekuan darah yang menyumbat pembuluh darah ke otak.

Stroke bisa datang kapan saja tanpa disadari. Orang biasanya baru sadar ketika sudah pingsan atau terjadi kelumpuhan di salah satu sisi tubuhnya.

Jika sudah dalam kondisi tersebut menurut dr Prijo pasien harus segera dibawa ke rumah sakit yang tepat. Yang dimaksud tempat yang tepat adalah rumah sakit yang memiliki peralatan dan para ahli yang memadai.

"Bila dalam waktu kurang dari 3 jam pasien tersebut dibawa ke rumah sakit, sumbatan yang terjadi dapat dilarutkan dan kecacatan dapat dikurangi," katanya.

Sementara dr. Nerissa U. Ko, M.D., seorang Neurointensivist dari University of California San Fransisco Medical Center, berpendapat bahwa dalam menangani setiap kasus stroke janganlah dilakukan secara agresif.

Jika mengalami serangan stroke, segera dilakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah penyebabnya bekuan darah atau perdarahan yang tidak bisa diatasi dengan obat penghancur bekuan darah. (ir/ir)

pweechevalier
23-06-2010, 08:17 PM
Selasa, 22/06/2010 18:00 WIB
Masturbasi Tak Bikin Mandul, Cuma...
Merry Wahyuningsih - detikHealth

New Orleans - Sebagian pria mungkin khawatir tentang frekuensi masturbasi yang terlampau sering dapat mengakibatkan infertilisasi alias kemandulan. Jangan khawatir, masturbasi tak bikin pria mandul, cuma memang ada beberapa gerakan berbahaya yang bisa memicu ejakulasi lambat (terbelakang).

Memang ada beberapa mitos yang menyatakan masturbasi bisa menyebabkan kemandulan karena adanya penurunan jumlah sperma. Tapi pada kenyataannya, masturbasi tidak dapat menyebabkan kemandulan.

Masturbasi hanya menurunkan jumlah sperma dalam jangka pendek, biasanya kurang dari 24 jam. Di hari berikutnya, jumlah sperma akan kembali normal. Kehamilan dapat terjadi setelah penetrasi, bahkan pada pria yang sering masturbasi.

"Sering masturbasi tidak mengurangi sperma dan juga tidak mempengaruhi kemampuan untuk mencapai ereksi," ujar Dr Erik Castle, konsultan Departemen Urologi di Tulane University, New Orleans, seperti dilansir dari MayoClinic, Selasa (22/6/2010).

Menurut Dr Castle, yang justru membuat pria mandul adalah kalau tidak mengalami orgasme (ejakulasi) selama beberapa hari atau lebih. Hal ini karena dapat mengurangi jumlah sperma dengan bentuk normal (morfologi) dan kemampuan untuk bergerak (motilitas).

Morfologi normal dan motilitas mempengaruhi kemampuan untuk mencapai dan membuahi telur pada wanita. Itulah sebabnya, beberapa kali berhubungan seksual dalam seminggu akan memaksimalkan kesempatan untuk hamil, walaupun pria tersebut sering masturbasi.

Meski masturbasi tidak menimbulkan dampak negatif, tapi para ahli memperingatkan bahwa beberapa bentuk masturbasi bisa berbahaya.

Gerakan yang menggosok sangat cepat atau dengan tekanan berat dan gesekan, dapat memperbesar risiko ejakulasi terbelakang (retarded ejaculation), yaitu jenis disfungsi seksual yang tidak dapat merasakan klimaks atau orgasme, bahkan melalui hubungan seks dengan pasangan sekalipun.

Walaupun masturbasi tidak bisa mempengaruhi jumlah sperma, tapi ada beberapa faktor lain yang bisa menurunkan jumlah sperma seperti dilansir dari Ehow, yaitu:

1. Stres
2. Merokok
3. Obat-obatan terlarang (narkoba)
4. Kurang gizi (malnutrisi)
5. Obesitas
6. Cedera karena sering naik sepeda
7. Mengenakan pakaian dalam atau pakaian renang yang terlalu ketat.

(mer/ir)

Redsbusby
24-06-2010, 03:27 AM
Selasa, 22/06/2010 18:00 WIB
Masturbasi Tak Bikin Mandul, Cuma...


Wahh, info dari pweechevalier bermanfaat banget, thanks bro :cek:...
Untuk info diatas jg bener2 bermanfaat :ngacir::ngacir:

pweechevalier
24-06-2010, 09:06 PM
Wahh, info dari pweechevalier bermanfaat banget, thanks bro :cek:...
Untuk info diatas jg bener2 bermanfaat :ngacir::ngacir:

Tengkyu tengkyu...
Seger euy cendolnya, sabar ya gelasnya dicuci dulu sebelum dibalikin :)

wisnu cimol

pweechevalier
24-06-2010, 10:18 PM
Kamis, 24/06/2010 18:01 WIB
Minuman Berenergi Tidak Bisa Gantikan Makan Nasi
AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Jakarta - Saat bergadang maupun berolahraga, minuman energi bisa membantu menambah tenaga dan mengembalikan kebugaran. Namun karena sifatnya hanya suplemen, minuman tersebut tidak menggantikan kebutuhan untuk makan nasi.

Sebagaimana diketahui, sumber energi paling utama adalah karbohidrat yang banyak terdapat pada nasi dan sejenisnya. Komponen makronutrien yang lain seperti lemak dan protein juga bisa menjadi sumber energi, namun porsinya sangat kecil.

Kandungan yang terdapat dalam minuman berenergi tidak bisa menggantikan sumber-sumber energi tersebut, karena fungsinya hanya meningkatkan metabolisme. Bahkan jika fungsi metabolisme masih normal, minuman tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Meskipun bergadang sampai jam 11 malam misalnya, jika memang tidak merasa lelah dan masih bugar maka seseorang tidak memerlukan suplemen. Begitupun apabila jam 5 sore sudah mengantuk, maka yang perlu dicek lebih dulu adalah makanannya.

"Kalau sumber energi tidak cukup, minum suplemen 3 kali sehari juga tidak akan ada efeknya," ungkap Dr Michael Triangto, SpKO, dalam jumpa pers World Class Stamina World Class Quality di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (24/6/2010).

Jika makanannya sudah cukup mengandung makronutrien tetapi tetap tidak bertenaga, berarti masalahnya terletak pada metabolisme energi. Pada kondisi seperti ini, kandungan taurin, vitamin b kompleks dan kafein pada minuman berenergi bisa membantu memperbaiki.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Michael juga menganjurkan agar suplemen semacam itu tidak dikonsumsi secara berlebihan. Risikonya adalah ketagihan, sebab salah satu kandungan dalam minuman berenergi adalah kafein yang bersifat adiktif.

Menurutnya, adiksi atau ketagihan bisa terjadi apabila kafein (termasuk dalam minuman berenergi) diminum secara berlebihan tanpa tujuan yang jelas. Jika hanya diminum setiap hari selama Piala Dunia agar tidak mengantuk dan tetap produktif, maka kafein tidak akan menyebabkan ketagihan. (up/ir)

pweechevalier
28-06-2010, 07:53 PM
Senin, 28/06/2010 14:30 WIB
Bahaya yang Mengintai dari Dalam Lemari Es
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Siapa bilang makanan yang disimpan di lemari pendingin atau lemari es akan selalu aman dan bebas dari bahaya kesehatan? Karena sebenarnya banyak bahaya kesehatan yang mengintai dari lemari es bila penyimpanan terlalu lama.

Seperti dilansir dari Health24, Senin (28/6/2010), berikut beberapa bahaya kesehatan yang sering hinggap di lemari es, antara lain:

1. Makanan berjamur
Bila jamur tumbuh di sebagian blok dari keju cheddar, maka tak perlu terlalu khawatir. Anda cukup memotong bagian yang berjamur dan masih bisa menikmati sisa kejunya. Tetapi bila jamur tumbuh hampir di seluruh permukaan, maka sebaiknya buang saja ke tempat sampah. Hal yang sama juga berlaku untuk buah dan sayuran.

Namun, bila jamur tumbuh di makanan lain seperti sisa daging dan unggas, pasta, casseroles, keju lembut, yogurt, selai, roti atau kacang, maka saatnya ucapkan selamat tinggal pada makanan tersebut, karena akan sangat berbahaya bila dimakan.

Beberapa jamur dapat menyebabkan reaksi alergi dan masalah pernapasan, itulah sebabnya tidak pernah ada anjuran untuk mengendus makanan yang sudah berjamur. Beberapa jamur juga menghasilkan mikotoksin, yaitu zat beracun yang dapat membuat orang sakit.

2. Susu dan yoghurt yang masam
Cukup mudah untuk mengetahui susu dan yoghurt yang sudah masam, yaitu dengan mengendus. Selain itu, serpihan kecil yang melayang-layang di dalamnya juga dapat menjadi indikator bahwa minuman tersebut sudah tidak sehat.

Jika sudah dalam keadaan terbuka, susu dan yoghurt idealnya hanya baik disimpan di lemari es untuk satu atau dua hari. Tapi bila kemasan masih utuh, mungkin masih aman untuk dikonsumsi. Namun, perlu diketahui bahwa yoghurt secara bertahap akan mulai kehilangan rasa, tekstur dan nutrisi. Akhirnya, mungkin juga menjadi tidak aman untuk dimakan.

3. Bau ikan
Ikan segar dan mentah hanya baik disimpan untuk satu atau dua hari di lemari es. Jika sudah dimasak, bisa bertahan sampai tiga atau empat hari, tapi harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum dimakan.

4. Daging
Daging bisa saja masih terlihat, berbau dan berasa baik, tetapi itu tidak berarti selalu aman untuk dimakan. Selalu cek tanggal kadaluarsa dan tidak menggunakan daging mentah yang telah disimpan di lemari es selama lebih dari dua hari dan steak selama lebih dari empat hari.

Daging yang sudah dimasak bisa bertahan hingga empat hari. Tapi jika terdeteksi lapisan lendir pada daging, berubah warna atau bau, maka ini benar-benar sangat berbahaya. Tapi jauh sebelum perubahan ini terjadi, daging mungkin sudah tidak aman untuk dikonsumsi. (mer/ir)

pweechevalier
29-06-2010, 06:16 PM
Selasa, 29/06/2010 16:30 WIB
Jangan Kompres Anak Demam dengan Air Es
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Bila badan anak demam atau panas, kebanyakan orangtua akan segera mengompres kepala anak dengan air dingin atau air es. Mengompres dengan air es adalah cara yang salah, karena akan membuat suhu tubuh semakin panas.

Demam merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak. Demam sebenarnya bukan merupakan penyakit, melainkan gejala. Demam memegang peranan kunci dalam membantu perlawanan tubuh mengatasi infeksi virus atau bakteri.

"Sebenarnya demam tidak berbahaya, kecuali bila mencapai suhu 39-40 derajat celsius. Namun, masih banyak terjadi kesalahan dalam menangani demam, misalnya panik karena demam tinggi, suhu anak tidak diukur dengan benar dan mengompres dengan cara yang salah," ujar dr Alan R. Tumbelaka, SpA (K) dari Divisi Infeksi dan Penyakit Tropis, Departemen Ilmu Kesehatan
Anak FKUI-RSCM, dalam acara konferensi press Ulang Tahun & Seminar Ilmiah Bidan 2010, di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Selasa (29/6/2010).

dr. Alan mengungkapkan cara mengompres yang benar bukanlah dengan mengompres kepala dengan air dingin atau air es.

Bila suhu tubuh yang panas tiba-tiba dikompres dengan air dingin, maka akan membuat anak menggigil. Dan perlu diketahui bahwa menggigil adalah pertanda awal suhu tubuh akan meningkat.

Selain itu, juga terdapat kesalahan pada cara mengompres. Mengompres yang benar bukanlah di kepala, melainkan di bagian dada dan perut anak.

Cara mengompres yang benar adalah:

1. Kompres dengan menggunakan air hangat, bukan air dingin atau air es
2. Kompres di bagian perut dan dada dengan menggunakan sapu tangan yang telah dibasahi air hangat
3. Gosok-gosokkan sapu tangan perlahan di bagian perut dan dada
4. Bila sapu tangan sudah kering, ulangi lagi dengan membasahinya dengan air hangat

(mer/ir)

pweechevalier
30-06-2010, 08:35 PM
Wahh, info dari pweechevalier bermanfaat banget, thanks bro :cek:...
Untuk info diatas jg bener2 bermanfaat :ngacir::ngacir:

Gelasnya udah gw balikin ya...
Jangan ragu2 klo mau kirim2 cendol lagi...
Klo perlu langsung segalon :P

wisnu cimol

HenryRooney07
01-07-2010, 09:27 AM
Warna Urine Bisa Jadi Indikator Kesehatan

Merry Wahyuningsih - detikHealth


Urine bukanlah sekedar produk limbah dari tubuh. Berbagai tes kesehatan
dilakukan dengan memanfaatkan urine. Bahkan warna urine dapat dijadikan indikator kesehatan. Bagaimana caranya?

Urine merupakan produk limbah dari tubuh yang tidak mengandung racun. Urine mengandung 95 persen air, 2,5 persen urea dan sisanya 2,5 persen merupakan peleburan hormon, enzim, garam dan mineral.

Urine normal biasanya akan berwarna kuning bercahaya, karena merupakan hasil ekskresi (pengeluaran) pigmen yang ditemukan dalam darah yang disebut urochrome. Tapi urine bisa berubah warna, sesuai dengan makanan atau penyakit yang diderita seseorang.

Seperti dilansir dari SheKnows, Kamis (1/7/2010), berikut beberapa warna urine dan indikasinya:

Warna jernih atau tidak berwarna

1. Terlalu banyak minum cairan. Hati-hati, jangan terlalu banyak minum karena juga bisa membahayakan tubuh. Minum air disesuaikan dengan berat badan (berat badan 60 kg berarti minum 2 liter air per hari).
2. Gangguan hati, seperti hepatitis virus akut atau sirosis. Tapi ini biasanya ditandai dengan gejala lain, yaitu menguning, kulit kuning, mual, muntah, demam dan kelelahan.


Warna kuning cerah atau neon
Suplemen vitamin yang diminum terlalu berlebihan atau tidak diserap oleh tubuh.

Warna kuning gelap atau emas
Dehidrasi. Perbanyak minum, tapi sesuaikan dengan berat badan Anda, jangan sampai justru minum berlebihan.

Warna merah muda atau merah

1. Terdapat darah di urin dari ginjal atau infeksi kandung kemih. Jika Anda mengalami sakit di punggung atau perut bagian bawah, urgensi kemih, dan merasa seperti demam, maka segera konsultasi ke dokter.
2. Makan makanan berwarna merah atau merah muda terlalu banyak, seperti bit, berry atau pewarna makanan.
3. Efek samping dari beberapa obat pencahar.


Warna oranye atau jingga

1. Efek samping obat
2. Makan terlalu banyak jeruk atau makanan merah, seperti bit dan biji-bijian atau makanan dengan pewarna buatan.
3. Dehidrasi


Warna biru atau hijau

1. Efek samping obat tertentu
2. Makan makanan hijau terlalu banyak, seperti asparagus atau makanan dengan pewarna buatan biru atau hijau.


Warna coklap gelap atau seperti teh

1. Gangguan hati, terutama jika disertai dengan tinja berwarna pucat dan kulit kuning
2. Efek samping obat tertentu


Warna berawan atau keruh

1. Infeksi saluran kemih. Jika Anda mengalami sakit di punggung atau perut bagian bawah, urgensi kemih, dan merasa seperti demam, maka segera konsultasi ke dokter.
2. Batu ginjal, biasanya disertai dengan rasa sakit yang lain, segera konsultasikan ke dokter.
3. Terlalu banyak makan asparagus.

(mer/ir)

pweechevalier
01-07-2010, 09:13 PM
Kamis, 01/07/2010 17:39 WIB
Cara Makan Buah yang Benar
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Buah-buahan sudah dipercaya sebagai makanan yang kaya serat dan berbagai macam vitamin. Tapi sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengonsumsi buah yang baik dan benar, agar asupan nutrisi dalam buah dapat optimal.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengonsumsi buah secara teratur. Buah kaya akan serat, vitamin, mineral dan yang terpenting adalah zat warna buah (phytochemicals) sebagai antioksidan.

Berapa asupan buah minimal per hari?

"Orang sebaiknya makan buah minimal 10 porsi, 10 jenis dan 10 warna per hari," ujar Dr Samuel Oetoro, SpG.K., ahli gizi klinik FKUI-RSCM, dalam acara konferensi pers Hari Buah Sedunia di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (1/7/2010).

Dr Samuel mengungkapkan, memang agak sulit untuk mengonsumsi sebanyak 10 porsi dengan jenis dan warna berbeda, tapi untuk pemula bisa dimulai dengan 3 porsi, 3 jenis dan 3 warna per hari.

Porsi buah yang dimaksudkan bergantung pada jenis dan besar buah. Buah ukuran kecil seperti anggur, stroberi, blueberry 1 porsi sama dengan 5 buah, ukuran sedang seperti apel, jeruk, pir, pisang 1 porsi sama dengan 1 buah, dan buah ukuran besar seperti semangga dan melon 1 porsi adalah 1 slice dengan potongan sedang.

Bagaimana cara mencuci buah yang benar?

"Mencuci buah yang benar adalah dengan air hangat," jelas dokter yang juga berpraktik di Semanggi Spesialist Clinic.

Untuk buah yang dilapisi lilin, cara mencuci adalah sebagai berikut:

1. Cuci pakai air hangat
2. Kerik lapisan lilin dengan menggunakan pisau
3. Cuci lagi pakai air hangat
4. Keringkan


Bagaimana cara makan buah yang benar?

Untuk orang yang normal, sebaiknya makan buah dengan cara langsung atau dikunyah. Tapi untuk orang yang kesulitan mengunyah, maka buah dapat di-blander tanpa menggunakan gula.

Perlu diketahui bahwa mem-blander tidak sama dengan men-juice, karena juice hanya sari buah yang tidak mengandung serat setelah ampasnya disaring. Tapi bagi orang yang kesulitan menelan, maka buah dapat dibuat lebih cair dengan di-juice.

Dr Samuel juga menuturkan, bila buah-buahan mempunyai kulit dan biji yang tipis dan kecil, maka sebaiknya kulit dan biji tersebut dimakan, seperti contohnya kulit apel, biji anggur, biji pepaya, kulit dan biji semangka. Menurut Dr Sam, kulit dan biji buah justru kaya akan antioksidan dan vitamin E.

Kapan waktu makan yang benar?

"Sistem pencernaan kita sudah diciptakan dengan sempurna. Maka makan buah dapat kapan saja, baik sebelum atau sesudah makan," tambah Dr Samuel.

Tapi untuk orang dengan penyakit tertentu seperti radang lambung atau maag, sebaiknya makan buah sesudah makan. Dan sebaliknya, untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, makan buah sebaiknya dilakukan sebelum makan, agar perut cepat merasa kenyang. (mer/ir)

Redsbusby
01-07-2010, 09:40 PM
Gelasnya udah gw balikin ya...
Jangan ragu2 klo mau kirim2 cendol lagi...
Klo perlu langsung segalon :P

wisnu cimol

Malem2 gini seger euy dpt Cendol, OK thanks bro!

Kpn2 kalo lg ngga ada utang, pasti transfer :D

Ups, OOT neh,, kaburrrr :ngacir::ngacir::ngacir:

pweechevalier
02-07-2010, 06:07 PM
Jumat, 02/07/2010 16:49 WIB
9 Cara Menghentikan Ngorok
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Ngorok alias mendengkur merupakan gangguan yang sudah umum terjadi. Hal ini biasanya sangat mengganggu, terlebih pada orang yang sudah memiliki pasangan. Bagaimana cara menghentikan ngorok?

Mendengkur sudah sangat umum terjadi di masyarakat, yang mempengaruhi 40 persen laki-laki dan 25 persen perempuan. Mendengkur biasanya mengeluarkan suara serak, mendesis, mendengus saat bernapas selama tidur.

Orang usia lanjut paling rentan mendengkur. Sekitar sepertiga dari orang usia 55-84 tahun mengalami gangguan ngorok.

Seperti dilansir dari howstuffworks, Jumat (2/7/2010), berikut 9 cara menghentikan ngorok:

1. Tidur menyamping
Orang akan cenderung mendengkur ketika tidur telentang (kepala menghadap atas), sedangkan tidur tengkurap (kepala menghadap bawah) akan membuat leher dan napas tersiksa selama tidur. Cobalah untuk tidur menyamping untuk menghetikan ngorok.

2. Kurangi berat badan
Kelebihan berat badan terutama di bagian leher, akan memberikan tekanan pada sistem pernapasan, yang menyebabkan pengurangan parsial dan ngorok saat tidur.

3. Hindari alkohol dan obat tidur
Alkohol dan obat tidur dapat menekan sistem saraf pusat dan relaksasi otot-otot leher dan rahang, yang membuat orang lebih mungkin mendengkur. Kedua zat ini juga dikenal menyebabkan gangguan tidur sleep apnea, yaitu kondisi berbahaya yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

4. Segera obati alergi
Alergi pernapasan kronis dapat menyebabkan mendengkur dengan memaksa penderita untuk bernapas melalui mulut selama tidur. Mengambil antihistamin sebelum tidur dapat membantu.

5. Menggunakan penyegar mulut
Dokter atau dokter gigi mungkin akan meresepkan penyegar mulut anti-snoring yang dapat membersihkan mulut sekaligus menjaga otot rahang bawah menjadi lebih longgar.

6. Berhenti merokok
Merokok dapat membahayakan sistem pernapasan yang akhirnya dapat membaut orang mendengkur.

7. Tidur teratur
Tidur cukup serta tidur dan bangun secara teratur dapat menghentikan kebiasaan ngorok.

8. Meninggikan kepala
Tidur dengan kepala ditinggikan mungkin akan melepaskan beberapa tekanan pada sistem pernapasan, sehingga bernapas terasa lebih mudah. Angkat kepala tempat tidur dengan menempatkan balok kayu di bawah tempat tidur atau menopang tubuh bagian atas dengan bantal (bukan hanya kepala, karena itu justru bisa menghambat pernapasan).

9. Konsultasi ke dokter bila Anda sedang hamil dan mendengkur
Terkadang, beberapa wanita hamil mendengkur. Mendengkur dapat terjadi karena berat badan meningkat dan perubahan hormon kehamilan menyebabkan otot-otot rileks. Apa pun penyebabnya, mendengkur selama kehamilan dapat mengurangi jatah oksigen untuk bayi. Segera konsultasi ke dokter bila mengalami hal ini. (mer/ir)

Redsbusby
04-07-2010, 01:30 AM
Kamis, 01/07/2010 17:39 WIB
Cara Makan Buah yang Benar
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta -
Untuk buah yang dilapisi lilin, cara mencuci adalah sebagai berikut:

1. Cuci pakai air hangat
2. Kerik lapisan lilin dengan menggunakan pisau
3. Cuci lagi pakai air hangat
4. Keringkan



maksudnya lilin tuh apaan y? :-B:-B
Ada yg punya mengobati Insomnia ngga? :D~:>:-??

HenryRooney07
05-07-2010, 07:31 PM
Bahaya Skinny Jeans Bagi Kesehatan

Senin, 05/07/2010 18:02 WIB

Skinny Jeans merupakan salah satu must-have items di dunia fashion. Banyak wanita yang berpikir, semakin ketat jeans membungkus tubuh, maka semakin bagus. Padahal hal itu membahayakan kesehatan.

Hal itu diungkap oleh Dr. John England, dari Akademi Syaraf Amerika Serikat (American Academy of Neurology). Saat skinny jeans tengah booming dan menjadi tren, banyak wanita yang memaksakan ukuran jeans satu sampai dua nomor lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

Mereka menganggap, bahan jeans yang fleksible atau stretch akan terlihat lebih indah di tubuh jika ukurannya lebih kecil. Dari segi estetika, hal itu tentu salah. Memakai skinny jeans terlalu ketat akan membuat pinggul dan pantat terlihat semakin lebar.

Dan parahnya, banyak juga wanita yang mengeluh saat memakai jeans super ketat tersebut. Kebanyakan para wanita itu mengalami kejang dan mati rasa pada kakinya.

Dr. John kemudian menjelaskan fenomena tersebut. Menurutnya, jeans yang terlalu ketat dapat merusak ratusan syaraf di kaki. Walau bahannya stretch, namun bahan jeans yang cenderung tebal tetap bisa membuat berbagai sumbatan di syaraf kaki.

Sumbatan-sumbatan itu kemudian mengakibatkan rasa pegal, sakit hingga mati rasa pada kaki. Jika hal itu terjadi terus menerus, bukanlah hal yang mustahil, banyak syaraf di kaki Anda yang putus atau tak berfungsi sebagaimana mestinya.

(kee/fer)

pweechevalier
05-07-2010, 09:02 PM
maksudnya lilin tuh apaan y? :-B:-B
Ada yg punya mengobati Insomnia ngga? :D~:>:-??

Setau gw emang ada beberapa buah misalnya apel yg dilapisi sejenis lilin gitu...
Katanya sih biar awet, gak cepet busuk...CMIIW

wisnu cimol

pweechevalier
05-07-2010, 09:04 PM
Senin, 05/07/2010 18:00 WIB
Mengapa Pria Mimpi Basah?
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Anak laki-laki yang sudah memasuki masa pubertas, normalnya akan mengalami mimpi basah. Untuk pertama kali, hal ini mungkin terasa aneh, tapi ini adalah hal yang wajar. Mengapa pria mengalami mimpi basah?

Mimpi basah (orgasme spontan) atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan emisi nokturnal, merupakan pengeluaran cairan semen (air mani) di waktu tidur yang biasanya terjadi ketika seorang laki-laki sudah memasuki masa pubertas.

Dilansir dari YoungMensHealthSite, Senin (5/7/2010), emisi noktural biasanya terjadi karena adanya peningkatan hormon testosteron atau kelebihan cairan semen yang tidak dikeluarkan melalui hubungan seksual dan masturbasi.

Emisi noktural ini terjadi karena adanya tekanan atau stimulasi pada alat kelamin oleh kasur atau seprai, mimpi erotis, kandung kemih penuh atau kenangan dari aktivitas atau pikiran seksual.

Mimpi basah ini terjadi pada saat seseorang mengalami tidur dalam atau tidur REM (gerakan mata cepat atau rapid eye movement), yaitu tahap tidur yang mana mimpi terjadi. Yang kemudian laju respirasi dan aktivitas otak meningkat, serta otot-otot menjadi lebih rileks, yang ditandai dengan gerakan bola mata yang cepat.

Pada saat tidur dalam itu, pria biasanya mengalami ereksi sekitar 3-5 kali. Bila ia mengalami stimulasi kelamin atau mimpi erotis, maka dimungkinkan terjadinya ejakulasi atau orgasme saat tidur, atau yang disebut dengan mimpi basah.

Kebanyakan pria mengalami emisi noktural ketika remaja atau dewasa muda, sekitar usia 20-an dan 30-an tahun. Tapi tak jarang pula pria dewasa tua yang mengalaminya.

Frekuensi emisi noktural bisa sangat bervariasi di antara pria, tergantung pada usia dan status perkawinan. Dilansir dari TimesOnline, remaja usia 15 tahun rata-rata mengalami 0,36 kali seminggu atau sekitar 1-2 kali sebulan. Sedangkan orang yang sudah menikah usia 50 tahun bisa mengalaminya 2 bulan sekali.

Frekuensi ini cenderung berkurang seiring usia. Tapi banyak pria yang terus mengalaminya hingga usia 70-an tahun.

Seorang remaja mungkin memiliki kesulitan mengingat mimpi atau merasa bingung ketika mengalami mimpi basah. Beberapa orang bangun karena merasa risih saat tempat tidurnya basah. Tapi hal ini sepenuhnya normal dan tak perlu malu. (mer/ir)

pweechevalier
07-07-2010, 06:29 PM
Rabu, 07/07/2010 16:30 WIB
5 Alasan Kesehatan Berhenti Minum Soft Drink
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Minuman ringan alias soft drink sepertinya sudah jadi tren khususnya di kalangan anak muda. Padahal sudah banyak ahli kesehatan yang mengingatkan bahwa soft drink sama sekali tidak sehat, apapun mereknya. Mengapa?

Tak ada manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari soft drink atau minuman bersoda. Yang Anda dapatkan hanyalah banyak kalori yang tidak berguna. Selain itu, minuman bersoda juga membawa dampak buruk bagi kesehatan sama halnya dengan merokok.

Tapi sepertinya imbauan-imbauan dari dokter atau praktisi kesehatan untuk berhenti mengonsumsi soft drink jarang didengar oleh kebanyakan orang. Tren modern seakan melekat ketika seseorang minum soft drink.

Mengapa harus berhenti minum soft drink?

Dilansir dari GeniusBeauty, Rabu (7/7/2010), berikut 5 alasan kesehatan mengapa orang harus berhenti minum soft drink:

1. Obesitas (berat badan berlebihan)
Peneliti di University of Texas menemukan bahwa soft drink meningkatkan risiko obesitas rata-rata 32,8 persen, sedangkan diet coke (soft drink bebas gula) justru meningkatkan risiko hingga 54,5. Maka soft drink bebas gula tak selalu sehat.

2. Kalori yang tak berguna
Sebagian besar minuman soda mengandung 250 kalori per 600 ml. Tak ada kandungan nutrisi atau mineral di dalamnya, melainkan hanya gula dan kafein.

3. Kecanduan atau adiktif
Soft drink juga dapat menyebabkan semacam kecanduan. Yang merangsang kecanduan adalah kandungan kafein di dalamnya. Setelah berhenti dari kebiasaan minum soft drink, Anda akan mengalami gejala putus zat seperti sakit kepala, depresi, gugup dan menggigil.

4. Meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes
Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh American Heart Association di Circulation Journal pada tahun 2007, orang yang minum soft drink setiap hari akan meningkatkan risiko sindrom metabolik, yaitu suatu kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes, sebesar 44 persen.

5. Mengurangi jumlah sperma
Hasil studi di Denmark menunjukkan laki-laki yang mengonsumsi 1 liter atau lebih soft drink setiap hari bisa berbahaya bagi spermanya. Laki-laki yang sering mengonsumsi soft drink menghasilkan sperma 30 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsi soft drink.
(mer/ir)

pweechevalier
07-07-2010, 06:31 PM
Rabu, 07/07/2010 10:45 WIB
Membuat Tubuh Tetap Dingin Saat Musim Panas
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Musim panas membuat tubuh menjadi cepat panas dan gampang lelah, dehidrasi atau bahkan berkembang menjadi sakit kepala, berkeringat berlebihan, lemas hingga kram otot. Bagaimana membuat tubuh tetap dingin meski musim panas?

Dehidrasi adalah hal yang paling sering terjadi pada saat musim panas. Keringat yang berlebihan akan memperparah keadaan ini. Warna urine yang jingga atau agak gelap menandakan tubuh mengalami dehidrasi dan ginjal bekerja lembur untuk menghemat cairan.

Dilansir dari Telegraph, Rabu (7/7/2010), berikut beberapa cara membuat tubuh tetap merasa dingin dan terhidrasi meski pada musim panas:

1. Perbanyak air putih dan kurangi minum soda
Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, sehingga cairan pengganti terbaik saat panas adalah air. Bila mengalami dehidrasi parah, tambahkan sedikit glukosa (gula) dan garam dalam air (dioralyte). Ini akan mempercepat menyerapan air oleh tubuh.

Minum soda dalam jumlah besar menyebabkan air bergerak dari aliran darah dan menuju ke dalam usus untuk sementara, yang pada efeknya membuat tubuh lebih dehidrasi. Sedangkan minuman isotonik tetap harus diimbangi dengan air putih, karena cairan ini tidak memadai untuk membuat tubuh terhidrasi, terutama saat panas.

2. Membasahi tangan dengan air dingin
Membasahi tangan dengan air dingin dapat membantu menarik panas dari tubuh karena tangan memiliki permukaan yang luas dan aliran darah tinggi. Ini juga berlaku untuk telapak kaki. Dan biarkan tubuh Anda kering secara alami setelah mandi.

3. Makan makanan pedas, dingin atau yang mengandung banyak air
Makan makanan pedas seperti cabai, bawang putih dan jahe dapat membuat tubuh berkeringat. Hal ini akan meningkatkan suhu tubuh pada awalnya, tetapi Anda akan merasa lebih dingin kemudian, karena makanan pedas melancarkan aliran darah ke kulit.

Makanan yang mengandung mentol juga cukup membantu. Mengunyah permen karet mint yang memiliki efek pendinginan dan kemudian minum segelas air, akan membuat Anda merasa lebih dingin. Hal ini karena mentol memicu reseptor sarat sensitif dingin di mulut. Tapi ini sebenarnya tidak menyebabkan penurunan suhu tubuh, melainkan hanya sensasi.

Selain itu, pilih makanan yang mengandung banyak air, seperti selada, lobak, tomat, ketimun, anggur, berry atau buah-buah tertentu untuk mencegah dehidrasi.

4. Perhatikan dekorasi rumah
Karpet dapat menahan panas lebih banyak ketimbang ubin, sedangkan beberapa jenis ubin tetap dingin meski musim panas. Ganti karpet dengan ubin porselen, linoleum atau jika Anda mampu dengan marmer. Serta pilih jenis kain alami seperti katun, linen atau sutra untuk seprei kamar tidur Anda.

5. Tanami rumah dengan banyak tumbuhan
Tanaman membersihkan dan memurnikan atmosfer. Taman rumah yang ditumbuhi banyak pohon akan membuat Anda tetap dingin meski musim panas.

6. Hindari makanan berat dan alkohol pada malam hari
Makan makanan berat saat malam atau sebelum tidur dapat menghabiskan energi untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan tersebut (yang dikenal dengan thermogenesis). Hal ini cenderung meningkatkan suhu tubuh, yang dapat membuat Anda merasa lebih panas.

Cukup minum air sebelum tidur untuk memastikan tubuh tidak dehidrasi saat tidur. Juga hindari alkohol sebelum tidur karena dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga membuat tubuh lebih sulit untuk mengatur suhunya. (mer/ir)

pweechevalier
07-07-2010, 06:35 PM
Selasa, 06/07/2010 09:03 WIB
Olahraga untuk Payudara Sehat
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Mungkin tidak banyak orang yang memperhatikan kesehatan dari organ payudaranya. Padahal kesehatan payudara ini bisa ditunjang dengan melakukan olahraga. Karena itu lakukan olahraga agar bisa membuat payudara tetap sehat.

Sebagian besar payudara terdiri dari lemak, kelenjar dan saluran, sedangkan di sebelah bawah payudara terdapat otot dada. Dengan melakukan beberapa olahraga untuk payudara, maka otot dada ini akan dibangun sehingga membuat payudara terlihat lebih membusung dan naik.

Seperti dikutip dari Thirdage, Selasa (6/7/2010) olahraga bisa membantu mengurangi angka tumor payudara, serta memperlambat produksi estrogen sehingga membantu melindungi tubuh dari kanker payudara.

Olahraga yang bisa dilakukan untuk membuat payudara tetap sehat adalah berjalan cepat, jogging, berenang, tenis, bersepeda dan juga hiking. Olahraga tersebut adalah pilihan yang baik bagi perempuan yang ingin mendapatkan keuntungan perlindungan dari olahraga.

Nile Albright, MD, direktur dari Advanced Medical Research Foundation di Boston menuturkan agar latihan terlihat lebih menarik, sebaiknya seseorang melakukan latihan yang berbeda sepanjang minggu. Kondisi ini akan membuat seseorang tetap termotivasi untuk berolahraga.

Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah untuk tetap menggunakan bra yang tepat saat berolahraga. Jika bra yang digunakan tidak mencakup keseluruhan payudara, maka payudara akan naik turun yang bisa mengakibatkan peregangan dini dari ligamen Coopers.

Selain itu bra yang tidak pas, tidak bisa mendukung payudara dan otot disekitarnya sehingga bisa saja menimbulkan rasa sakit selama atau setelah latihan.

Manfaat lain dari olahraga untuk payudara adalah pada gilirannya nanti dapat meningkatkan rasa percaya diri serta menghindari dampak payudara turun akibat proses penuaan. Olahraga spesifik yang dilakukan untuk menunjang penampilan payudara adalah push up, yang masing-masing dilakukan dengan dumbbells, barbel, bangku atau mesin.

Meskipun latihan ini bisa membangun otot dada, bukan berarti dapat membuat payudara lebih besar. Karena satu-satunya proses yang bisa dilakukan untuk memperbesar payudara adalah melalui operasi.

Tapi karena latihan ini bisa membantu memperbaiki penampilan payudara, maka latihan ini dapat menjadi alternatif yang baik agar payudara terlihat lebih berisi tanpa risiko operasi. (ver/ir)

pweechevalier
08-07-2010, 08:12 PM
Kamis, 08/07/2010 18:23 WIB
Jangan Takut Cacingan, Main di Tanah Aman
AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Jakarta - Beberapa jenis cacing parasit memang hidup di lumpur dan tanah becek. Namun anak kecil tetap boleh bermain di tanah, karena sebagian besar cacing masuk tubuh manusia hanya melalui makanan.

Kemungkinan untuk masuk dengan menembus jaringan kulit hanya terjadi pada jenis cacing tambang (Ankylostoma duodenale dan Necator americanus). Dibandingkan jenis cacing lain yang hidup di tanah, jumlahnya sangat kecil untuk dikhawatirkan.

Oleh karena itu ketika anak berjalan-jalan di tanah tanpa alas kaki, risiko cacingan tidak terlalu tinggi. Kebiasaan tersebut justru baik dilakukan pada pagi hari untuk mendekatkan diri pada alam.

Hal ini disampaikan Koordinator Indonesia Sehat
, Dr Dani Hendarman Supandji dalam jumpa pers bertema "Bebas Cacing Bebas Berkreasi", yang berlangsung di Fx Lifestyle Mall, Senayan, Jakarta, Kamis (8/7/2010).

"Bahkan tidak hanya melalui kulit lho, lewat pernapasan sebenarnya juga bisa. Telur cacing kalau tercampur dengan debu juga bisa terbang dan terhirup, namun kemungkinannya sangat kecil," ungkap Dr Dani.

Karena sebagian besar masuk melalui makanan yang tercemar, maka Dr Dani lebih menekankan untuk rajin menjaga kebersihan. Cuci tangan penting untuk dilakukan, terutama setelah bermain tanah dan setiap hendak makan.

Selain itu, pencegahan juga bisa dilakukan dengan minum obat cacing secara rutin setiap 6 bulan sekali. Obat yang direkomendasikan oleh WHO ada 3, yaitu albendazol, mebendazole dan pirantel pamoate.

Menurut Dr Dani, obat-obat tersebut tidak banyak menimbulkan efek samping sehingga aman untuk pemakaian rutin. Namun penggunaan pada ibu hamil dan anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya atas petunjuk dokter atau apoteker. (up/ir)

pweechevalier
08-07-2010, 08:14 PM
Kamis, 08/07/2010 17:10 WIB
Maag Kebanyakan Dipicu Pola Makan Ngawur
AN Uyung Pramudiarja - detikHealth


Jakarta - Sebagian besar sakit maag ternyata bukan disebabkan oleh kerusakan pada organ lambung. Pola makan yang ngawur, stres dan kecemasan lebih dominan menyebabkan maag terutama di kota besar seperti Jakarta.

Riset yang dilakukan oleh Brain & Co dan Kalbe Farma pada tahun 2007 menunjukkan, 60 persen warga Jakarta menderita sakit maag. Sekitar 70-80 persen di antaranya merupakan kategori maag fungsional, yang lebih banyak dipicu oleh faktor psikis dan pola makan tidak sehat.

dr. Sri Sukmaniah, SpGK dari Departemen Ilmu Gizi FKUI menuturkan hal ini disebabkan antara lain oleh gaya hidup di perkotaan yang serba sibuk. Tuntutan pekerjaan yang begitu tinggi sering membuat karyawan melupakan waktu untuk makan.

Padahal jika tidak diatasi, sakit maag yang berawal dari stres dan pola makan tidak sehat bisa berlanjut menjadi komplikasi lebih lanjut. Di antaranya adalah infeksi akut pada lambung dan bahkan yang lebih parah adalah kanker lambung.

Hal itu disampaikan dr Sukma dalam acara pencanangan 'Gerakan Lambung Sehat Indonesia' di Rumah Makan Anglo, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (8/7/2010), yang diprakarsai oleh Kalbe Farma bekerja sama dengan Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

dr. Sukma juga menekankan agar jangan sekali-sekali melewatkan waktu makan. Sedikitnya ada 4 manfaat yang diperoleh dengan mendisiplinkan diri pada pola makan teratur.

1. Pola makan teratur bisa menjaga cadangan energi, sehingga tubuh selalu bugar dan bisa melakukan aktivitas tanpa tidak cepat merasa lelah.

2. Menjaga lambung agar tidak sampai kosong berarti mencegah gangguan perut seperti rasa mual, perih dan kembung yang dipicu oleh produksi asam lambung yang berlebih.

3. Makan tepat waktu dapat menghindarkan seseorang dari perilaku 'balas dendam', yaitu makan sebanyak-banyaknya. Perilaku ini berbahaya karena memberi beban ekstra pada sistem metabolisme.

4. Pola makan yang teratur mencegah gangguan metabolisme, di antarnya berbagai penyakit
yang berhubungan dengan kolesterol.

Pencanganan Gerakan Lambung Sehat tahun ini membawa pesan utama berupa 3 Tepat, yaitu: Tepat waktu (jadwal makan yang teratur), Tepat nutrisi (jenis dan jumlah makanan yang bervariasi), dan Tepat Solusi (pencegahan dan pengatasan sakit maag yang sesuai). (up/ir)

pweechevalier
08-07-2010, 08:16 PM
Kamis, 08/07/2010 16:50 WIB
'Tiada Minggu Tanpa Ikan Laut'
Sandika Dwi Putri - detikHealth

Jakarta - Ingat-ingatlah kata-kata ini. Kalau mau hidup sehat jangan lupakan si ikan laut. 'Tiada minggu tanpa ikan laut', artinya orang perlu mengonsumsi ikan laut minimal 1-2 kali dalam seminggu demi kandungan omega yang mujarab.

Mengonsumsi karbohidrat, sayur dan buah-buahan serta melakukan olahraga yang teratur memang baik demi tercapainya gaya hidup sehat. Namun konsumsi ikan laut pun turut andil dalam tercapainya gaya hidup sehat.

Made Astawan dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian IPB mengatakan ikan laut memiliki kandungan protein, lemak, vitamin, dan mineral. Protein yang terkandung dalam ikan laut memiliki komposisi asam amino yang lengkap dan sesuai kebutuhan tubuh.

Protein yang terkandung ini baik untuk pencernaan semua kelompok umur. Selain protein, ikan laut juga mengandung asam lemak omega-3, asam lemak dokosa heksaenoat (DHA) dan eikosa pentaenoat (EPA).

"Ada penelitian yang menarik, kalau seseorang memakan ikan laut dalam seminggu 2 kali, itu akan mengurangi risiko serangan jantung. Karena ikan laut kan kaya akan omega 3, DHA dan sebagainya. Kalau ikan darat itu kadar omeganya rendah," tutur Made di acara 'Lock-Up for Health & Freshness' di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Kamis (8/7/2010).

Omega 3 juga berfungsi untuk kecerdasan dan perkembangan otak anak pada masa tumbuh dan berkembangnya. Omega 3 ini dapat mencegah beberapa penyakit degenaratif seperti jantung.

Sedangkan ikan laut merupakan sumber vitamin A dan D (terutama bagian hati) yang dapat mencegah kebutaan dan ISPA (infeksi saluran pernapasan atas) dan mengandung mineral seperti zat besi, kalsium dan iodium.

Konsumsi ikan laut di Indonesia sendiri masih rendah, berkisar 19,14 kg per kapita per tahun. Padahal, konsumsi ikan yang dianjurkan adalah sebesar 25,0 kg per kapita per tahun.

Jepang masih menjadi negara pertama yang mengonsumsi ikan tertinggi yaitu sebesar 110 kg, kemudian diikuti Korea Selatan (85 kg) dan Amerika Serikat (80 kg) per kapita per tahun. (ir/ir)

pweechevalier
08-07-2010, 08:18 PM
Kamis, 08/07/2010 18:33 WIB
Ciri-ciri Orang Sehat Lahir Batin
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Semua orang pasti ingin sehat lahir batin sehingga dapat terbebas dari stres dan sakit. Perasaan emosional ini tidak hanya dipengaruhi oleh gen semata, tapi banyak hal lainnya yang bisa bikin bahagia. Ketahui tanda-tanda orang yang merasa bahagia.

Kebahagian adalah salah satu hal yang ingin dicapai oleh semua orang, tapi tanpa disadari banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan suasana hati tersebut.

Dikutip dari Prevention, Kamis (8/7/2010) ada beberapa tanda yang membuat seseorang lebih bahagia dibanding pemikirannya, yaitu:

Memiliki wajah tersenyum
Seseorang yang memiliki wajah senyum lebar dalam foto buku tahunannya 5 kali lebih sedikit untuk diceraikan dibanding yang senyumnya sedikit. Hasil ini berdasarkan studi dari DePauw University. Senyum yang positif bisa menarik orang lain terutama pasangan untuk ikut merasakan kebahagian.

Memiliki kakak perempuan
Orang yang setidaknya memiliki satu saudara perempuan akan memiliki dukungan sosial yang lebih baik, lebih optimisme dan lebih mampu mengatasi masalah. Hal ini dikarenakan saudara perempuan mendorong untuk berkomunikasi dan kedekatan dalam keluarga.

Tidak terpaku pada televisi
Orang yang paling bahagia akan menghabiskan waktu kurang dari 30 persen untuk berada di depan televisi. Berdasarkan studi dari University of Maryland, orang-orang ini lebih cenderung menghabiskan waktu untuk bersosialisasi, membaca atau melakukan hal lain yang terkait dengan peningkatan suasana hati dan kesehatan.

Meletakkan barang kenangan
Orang-orang yang menggunakan foto atau barang-barang kenangan untuk mengingatkan diri tentang saat-saat indah dalam hidupnya akan lebih menghargai hidup dan bahagia. Kenangan indah ini akan mengingatkan seseorang mengenai potensi kebahagian dalam dirinya dan berusaha untuk mencapai hal tersebut.

Menjadikan latihan (olahraga) sebagai prioritas
Orang yang kurang latihan cenderung lebih stres, tertekan dan tidak puas dengan kehidupannya. Misalnya orang yang jogging akan mengurangi tingkat stres hingga 70 persen. Latihan selama 17-34 menit sehari bisa meningkatkan kebahagiaan.

Memiliki kehidupan percintaan yang sehat
Keintiman fisik turut berkontribusi terhadap kebahagiaan, salah satunya adalah dengan melakukan hubungan seks. Hal inilah yang memungkinkan orang yang telah menikah akan merasa lebih bahagia.

Bersosialisasi dengan orang yang bahagia
Bersosialisasi dengan orang yang ceria akan meningkatkan kemungkinan untuk ikut bahagia. Hal terpenting lainnya adalah seberapa sering berkumpul dengan orang-orang tersebut, semakin dekat tinggal dengan orang tersebut maka kesempatan untuk bertemunya juga makin sering.

Mengonsumsi coklat hangat
Mengonsumsi coklat hangat bisa memunculkan perasaan positif di dalam diri seseorang. Hal ini karena kehangatan fisik akan mempengaruhi kehangatan emosional, sehingga membuat seseorang merasa lebih bahagia dan percaya diri.

Memiliki 2 orang sahabat
Sebuah studi menunjukkan memiliki 2 teman dekat selain pasangan hidupnya bisa membuat seseorang memiliki mental yang lebih baik dan merasa lebih sejahtera. Kehadiran sahabat ini bisa menambah kebahagiaan seseorang selain dengan pasangannya. (ver/ir)

pweechevalier
14-07-2010, 11:04 AM
Rabu, 14/07/2010 09:04 WIB
Ketika Permen Karet Membahayakan Kesehatan
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Mengunyah permen karet mungkin sudah menjadi kebiasaan untuk sebagian orang. Orang biasanya mengunyah permen karet untuk menyegarkan napas, pencuci mulut setelah makan, menghilangkan gugup atau bosan. Tapi pada kondisi tertentu permen karet dapat membahayakan kesehatan.

Dilansir dari GeniusBeauty, Rabu (13/7/2010), berikut beberapa kondisi yang membuat permen karet dapat membahayakan kesehatan:

1. Mengunyah permen karet saat perut kosong
Pada dasarnya, permen karet dapat memfasilitasi ekskresi cairan lambung berlebih. Oleh karena itu, jika seseorang sering mengunyah permen karet dalam keadaan perut kosong, maka ia berisiko mengembangkan gastritis atau maag.

2. Mengunyah permen karet yang mengandung gula
Mengunyah permen karet yang mengandung gula dapat memfasilitasi perkembangan bakteri berbahaya dalam mulut. Perkembangan bakteri di dalam mulut dapat berdampak lebih besar bila tidak diatasi dengan segera.

3. Sering mengunyah permen karet jadi malas sikat gigi
Permen karet hanya membersihkan permukaan gigi dan ini tidak bisa menggantikan fungsi sebenarnya dari pasta gigi dan sikat gigi. Orang yang terbiasa mengunyah permen karet yang juga berfungsi sebagai pasta gigi, biasanya malas untuk menyikat gigi.

4. Terlalu sering mengunyah permen karet dapat menyebabkan peradangan sendi di rahang.

5. Mengunyah permen karet terlalu lama
Gerakan yang berulang-ulang dalam mengunyah permen karet bisa mengarah pada pergerakan otot yang berlebihan sehingga menyebabkan timbulnya garis-garis atau lipatan di sekitar daerah mulut.

Selain itu, terlalu sering mengunyah permen karet menyebabkan aktivitas otot yang berlebihan dan berpotensi memecah jaringan pendukung di bawah kulit. Hal ini tentu saja berkontribusi terhadap hilangnya volume jaringan dan elastisitas kulit. (mer/ir)

pweechevalier
14-07-2010, 06:52 PM
Rabu, 14/07/2010 14:48 WIB
Air di Hari yang Panas, Penolong atau Musuh?
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Air menjadi hal yang selalu dicari untuk meredakan dahaga dan mendinginkan tubuh. Tapi di saat panas, apakah air menjadi penolong atau justru musuh bagi tubuh?

Banyak orang yang percaya bahwa dengan menceburkan diri ke kolam renang di hari yang panas dapat menyegarkan tubuh. Tapi seharusnya Anda berpikir ulang jika ingin melakukan hal tersebut.

Dilansir dari GeniusBeauty, Rabu (14/7/2010), penelitian telah membuktikan bahwa berenang di air yang dingin pada saat kondisi lingkungan sedang panas, terlebih bila tubuh tengah terpapar matahari, akan sangat membahayakan tubuh.

Pada saat tubuh banyak terpapar matahari, maka berenang atau berendam di air yang dingin akan menyebabkan kejang di pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena perubahan suhu yang drastis dan tiba-tiba.

Kejang di pembuluh darah mungkin tidak terlalu fatal bagi orang normal. Tapi hal ini akan sangat membahayakan bila terjadi pada orang dengan gangguan kardiovaskular, karena bila memicu serangan jantung.

Oleh karena itu, dinginkan tubuh Anda secara alami (misal berteduh di tempat yang terlindung dari sinar matahari) terlebih dahulu bila hendak berenang atau berendam di air yang dingin.

Mengenai minuman, selain jus, teh dan sup, Anda harus minum setidaknya 1,5 liter air pada hari yang panas, untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Air mineral sangat berperan dalam hal ini, tapi bukan air es atau air dingin.

Dilansir dari SteadyHealth, minum air dingin pada saat tubuh sedang panas atau setelah terpapar matahari juga dapat berbahaya. Air dingin dapat membuat lebih sulit bagi tubuh untuk mendinginkan dan menyebabkan stres pada sistem kekebalan tubuh. Sebaiknya, minum air yang tidak dingin (bukan air es) bila Anda ingin menghilangkan dahaga di saat hari panas.

Selain itu, jauhi teh, kopi atau minuman yang mengandung kafein ketika berada di luar ruangan yang panas. Hal ini karena kafein dapat menyebabkan peningkatan penguapan air dari dalam tubuh, yang dapat menyebabkan dehidrasi. (mer/ir)

pweechevalier
16-07-2010, 11:39 AM
Jumat, 16/07/2010 10:00 WIB
Kiat Sehat untuk Pekerja Malam
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Pekerja malam alias orang bekerja dengan jam shift malam sering mengalami kesehatan yang buruk, karena harus tetap terjaga sepanjang malam. Tapi ada beberapa kiat sehat untuk pekerja malam.

Orang yang kerja shift malam atau bekerja hingga larut malam sering menderita insomnia. Bekerja di malam hari tentu saja membuat tubuh stres, karena secara biologis tubuh dirancang untuk menjadi aktif pada siang hari dan istirahat di malam hari.

Cara tubuh berfungsi dan jenis hormon yang diproduksi bervariasi tergantung apakah orang tidur atau terjaga. Jika jadwal tidur Anda keluar jalur, maka dapat mengganggu siklus tidur-bangun (ritme sirkadian) yang normal dan tubuh menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, yang akhirnya akan mengarah pada insomnia dan masalah kesehatan lainnya.

Dilansir dari GeniusBeauty, Jumat (16/7/2010), berikut beberapa cara untuk mengurangi dampak kesehatan akibat siklus tubuh yang terganggu:

1. Pola makan selama kerja malam
Pastikan Anda makan malam yang hangat sebelum pergi bekerja. Ini akan menjamin proses pencernaan tetap sehat untuk memberi energi di malam hari. Serta kurangi konsumsi minuman seperti kopi, teh atau minuman berkafein lainnya. Kafein dapat berakibat buruk pada tubuh, terlebih bila ritme sirkadian Anda abnormal.

2. Minuman untuk shift malam
Jus alami dan air putih adalah minuman terbaik di malam hari. Dalam situasi stres, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan yang harus diganti.

3. Vitamin untuk meningkatkan efisiensi kerja
Mengatasi stres yang terkait dengan kerja shift malam atau kerja hingga larut malam adalah dengan mengonsumsi cukup vitamin B, kalsium dan magnesium. Vitamin-vitamin ini bisa mengurangi risiko kesehatan karena dampak bekerja hingga larut malam.

4. Jangan merokok saat kerja malam
Jangan merokok ketika Anda kerja di malam hari. Serupa dengan kafein, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bertindak sebagai stimulan, yang pada akhirnya akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.

5. Gaya hidup sehat dan olahraga
Luangkan waktu lebih untuk diri sendiri dan mempertahankan gaya hidup sehat. Lakukan lebih banyak jalan dan berolahraga setidaknya setengah jam sehari. Lari, renang dan olahraga kebugaran (fitness) tidak hanya akan membantu mempertahankan tingkat kebugaran yang baik tetapi juga menyediakan dukungan untuk tidur yang sehat. (mer/ir)

ferly_Liemz
18-07-2010, 12:15 AM
Sabtu, 17/07/2010 12:30 WIB
Untung Rugi Kesehatan dari Memutihkan Gigi

Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta, Senyum manis dengan gigi yang putih cemerlang tentunya menjadi idaman dari setiap orang. Untuk mendapatkan hal itu, banyak orang yang melakukan pemutihan gigi atau bleaching. Apa saja untung dan rugi kesehatan dari melakukan pemutihan gigi?

Bleaching gigi biasanya dilakukan untuk menghilangkan warna gigi yang kuning atau kusam akibat sisa-sisa makanan seperti kopi, coklat, rokok, obat atau ada juga yang warnanya berubah karena terjadi perubahan struktur di dalam gigi.

Dilansir dari Health24, Sabtu (17/7/2010), berikut beberapa keuntungan dan kerugian melakukan pemutihan gigi:

Keuntungan

1. Gigi yang gelap atau kusam dari dibersihkan dalam waktu yang relatif singkat (dari 4-5 hari hingga 3 atau 4 minggu)
2. Meningkatkan rasa kepercayaan diri dan efek psikologis yang ditimbulkannya
3. Orang bisa mengontrol tingkat keputihan giginya


Kerugian

1. Orang perlu memakai zat pemutih (bleaching trays) selama enam sampai delapan jam per hari untuk mendapatkan efek yang maksimal. Padahal bahan kimia yang digunakan untuk memutihkan gigi dapat mengubah persepsi rasa dan mengganggu pencernaan.
2. Sering melakukan pemutihan gigi bisa mengakibatkan hipersensitif gigi
3. Iritasi pada jaringan lunak
4. Sakit tenggorokan
5. Kesulitan untuk menggigit
6. Bleaching gigi juga bisa bikin kecanduan atau ketagihan


Dan menurut drg Armasastra Bahar, PhD, anggota Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), gigi yang berwarna gading sebenarnya lebih baik dibandingkan dengan gigi putih, karena gigi yang terlalu putih menunjukkan struktur yang kurang kuat.

rondwisan
18-07-2010, 09:18 AM
duh ..., klo masuk thread ini serasa gaya hidup kita gak pernah sehat yaa ... :hammer::hammer:
trus gimana dunk ... :-/
http://img.kaskus.us/images/kaskusmobile_hp.gif

red_girl_mia
18-07-2010, 09:27 AM
duh ..., klo masuk thread ini serasa gaya hidup kita gak pernah sehat yaa ... :hammer::hammer:
trus gimana dunk ... :-/
http://img.kaskus.us/images/kaskusmobile_hp.gif

gag gimana2 opa..jangan pusing..terlalu dipikirin malah bikin stress n bikin pendek umur,,
do want u want to do...
yg penting tau aja batesannya,,
smua gag boleh balik aja ke jaman purba yg makan nya dedaunan di hutan :hammer::hammer::muflag::muflag::muflag:

rondwisan
18-07-2010, 10:53 AM
akooorr Mia ... :shakehand:
piiisssssss .... :peace:
http://img.kaskus.us/images/kaskusmobile_hp.gif

red_girl_mia
18-07-2010, 10:55 AM
akooorr Mia ... :shakehand:
piiisssssss .... :peace:
http://img.kaskus.us/images/kaskusmobile_hp.gif

itu baru kerenzz...mantaffffffffff:mudance::mudance::mudanc e::mudance:

pweechevalier
19-07-2010, 08:21 PM
gag gimana2 opa..jangan pusing..terlalu dipikirin malah bikin stress n bikin pendek umur,,
do want u want to do...
yg penting tau aja batesannya,,
smua gag boleh balik aja ke jaman purba yg makan nya dedaunan di hutan :hammer::hammer::muflag::muflag::muflag:

Wiiihhh...
Bijak banget lu Mia...:beer:

wisnu cimol

pweechevalier
19-07-2010, 08:36 PM
Senin, 19/07/2010 11:00 WIB
Bahaya Kesehatan Akibat Gemar Pakai Celana Ketat
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Celana ketat yang sedang menjadi mode banyak dipakai perempuan ataupun laki-laki. Tapi penggunaan celana ini bisa berbahaya bagi kesehatan, salah satunya adalah terkena tight pants syndrome (TPS) atau sindrom celana ketat.

"Banyak sekali perempuan yang menggunakan celana ketat dalam kehidupan sehari-harinya dan tanpa disadari sepertinya sindrom celana ketat sudah mencapai tingkat epidemi," ujar Lisa Stern, seorang pakar kesehatan perempuan, seperti dikutip dari Glamour, Senin (19/7/2010).

Lisa menuturkan menggunakan celana ketat akan berisiko terhadap kesehatan vagina karena celana ketat akan menimbulkan penderitaan bagi vagina.

Gejala yang paling umum dari sindrom celana ketat ini adalah perubahan cairan vagina yang biasanya berwarna putih terkadang menjadi kuning atau berwarna pekat. Lalu disertai juga dengan nyeri panggul, vagina gatal dan kadang iritasi kulit.

Beberapa orang yang mengalami sindrom celana ketat ada yang disertai dengan penyakit menular seksual seperti infeksi jamur, atau mengalami gejala lain seperti kram menstruasi, ruam serta gangguan pencernaan.

Dr Octaviano Bessa, seorang internis dari Stamford, Connecticut menuturkan penggunaan celana yang terlalu ketat dapat mengganggu motilitas dari usus. Hal inilah yang membuat seseorang merasa tidak nyaman atau sakit pada perut setelah dua atau tiga jam setelah makan. Namun terkadang masyarakat tidak menyadari bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh penggunaan celana yang ketat.

Selain itu, celana ketat juga berisiko mengalami masalah pada saraf atau yang disebut dengan meralgia paresthetica. Jika penggunaannya digabungkan dengan sepatu berhak stiletto maka akan memberikan tekanan pada saraf fermonalis yang menyebabkan kesemutan serta rasa seperti terbakar di kaki.

Kondisi ini lebih sering muncul pada perempuan hamil, orang yang memiliki berat badan berlebih, orang yang memiliki penyakit tertentu dan memang sebagian besar penderitanya adalah kaum perempuan.

Tidak hanya penggunaan celana ketat yang bisa menimbulkan masalah, karena menggunakan kemeja dengan lingkar leher yang lebih kecil juga mempengaruhi kesehatan.

Kondisi tersebut bisa membuat seseorang merasa sakit kepala, penglihatan agak kabur serta adanya sensasi geli di telinga bagian kanan. Karena itu usahakan untuk selalu menggunakan celana atau kemeja dengan ukuran yang pas dan jangan terlalu ketat. (ver/ir)

pweechevalier
19-07-2010, 08:37 PM
Senin, 19/07/2010 15:30 WIB
Kipas Angin Sama Ampuhnya dengan Obat Nyamuk
AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

East Lansing - Tidak perlu bingung bila kehabisan stok obat nyamuk di rumah sebab kipas angin sama ampuhnya dalam mengusir serangga nyamuk. Kipas angin juga lebih aman asalkan Anda tak gampang masuk angin.

Penggunaan kipas angin tidak mempunyai efek samping kecuali bagi yang gampang masuk angin. Itupun bisa diatasi dengan mengatur arah hembusan, agar tidak langsung mengarah ke tubuh.

Setidaknya bila dibandingkan obat nyamuk bakar, kipas angin tidak menyebabkan sesak napas. Dibandingkan lotion obat nyamuk, kipas angin tidak memiliki risiko iritasi kulit dan terutama sekali tidak mengandung bahan beracun.

Mengapa nyamuk takut pada kipas angin?

Alasan paling sederhana adalah bahwa kipas angin efektif untuk mengacaukan 'penerbangan' para nyamuk. Seperti saat badai atau cuaca buruk, nyamuk ibarat pesawat ringan yang akan kesulitan untuk mendarat di kulit manusia.

Tentu saja itu bukan satu-satunya alasan. Dikutip dari Livescience, Senin (19/7/2010), kipas angin juga membuat karbon dioksida (CO2) dari sisa pernapasan manusia menyebar ke seluruh ruangan atau bahkan keluar.

Karena orang yang tidak berada dalam lingkungan yang banyak mengandung CO2 biasanya jarang didatangi nyamuk. Sebaliknya, semakin banyak CO2 di sekitarnya maka akan lebih banyak nyamuk berdatangan.

Gas CO2 adalah salah satu unsur kimia yang menarik perhatian nyamuk. Peneliti dari Michigan State University pernah mengembangkan sebuah perangkap nyamuk, dengan alat penghasil CO2 di dalamnya yang berfungsi sebagai umpan untuk menarik perhatian.

Kipas angin juga bisa membuat tubuh manusia menjadi lebih sejuk. Akibatnya produksi keringat menjadi berkurang, dan lagi-lagi hal ini mengalihkan perhatian para nyamuk yang lebih menyukai bau asam dari keringat. (up/ir)

ferly_Liemz
21-07-2010, 02:05 PM
Rabu, 21/07/2010 12:15 WIB
5 Faktor yang Pengaruhi Hamil Kembar Selain Keturunan

Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta, Faktor keturunan atau genetik sangat mempengaruhi terjadinya kehamilan bayi kembar. Tapi ternyata ada 4 faktor lain yang bisa mempengaruhi seseorang memiliki kehamilan kembar yang tak cuma dari garis keturunan.

Memiliki anak kembar memang menimbulkan perasaan senang tersendiri, karenanya tak jarang banyak perempuan yang ingin memiliki anak kembar.

Faktor keturunan memang hal yang utama karena gen ini bisa diwariskan ke turunan berikutnya. Meskipun hingga kini belum diketahui gen apa yang bisa menyebabkan seseorang mengalami hiperovulasi (ovulasi yang banyak).

Ilmuwan dan dokter telah mengidentifikasi aspek-aspek apa saja yang dapat memberikan kehamilan ganda pada seorang perempuan.

Dikutip dari Babycenter, Rabu (21/7/2010) ada 5 faktor yang bisa mempengaruhi hamil kembar di luar keturunan yaitu:

1. Usia ibu saat mengandung
Peluang hamil kembar berhubungan dengan usia, dan puncaknya pada usia 35 dan 39 tahun. Karena perempuan berusia di atas 35 tahun menghasilkan follicle stimulating hormone (FSH) yang lebih banyak dibandingkan dengan usia muda, dan perempuan dengan FSH tinggi bisa melepaskan lebih dari satu sel telur dalam sebuah siklus.

Namun kehamilan di usia ini juga meningkatkan risiko komplikasi seperti preeklamsia (tekanan darah tinggi), terutama jika kehamilan tersebut adalah yang pertama.

2. Tinggi dan berat badan ibu
Perempuan yang memiliki tubuh tinggi dan agak gemuk cenderung lebih sering memiliki kehamilan kembar. Hal ini kemungkinan karena ukuran tubuhnya memadai untuk pertumbuhan lebih dari satu bayi.

3. Ras
Kehamilan kembar lebih umum terjadi pada orang yang memiliki ras Afrika Amerika dan lebih sedikit terjadi pada ras Hispanik dan Asia.

4. Pengaruh dari kehamilan sebelumnya
Perempuan yang pernah hamil sebelumnya, setidaknya sudah memiliki satu anak cenderung lebih mudah untuk memiliki anak kembar dibandingkan perempuan yang baru pertama kali hamil.

Karena biasanya rahim sudah agak merenggang dan tubuh perempuan cenderung lebih mudah menyesuaikan diri dengan kebutuhan tambahan dari anak kembar.

5. Makanan yang dikonsumsi
Konsumsi kentang manis atau ubi-ubian yang berisi zat kimia tertentu dapat menginduksi hiperovulasi (ovulasi yang banyak). Selain itu sebuah studi menunjukkan perempuan yang teratur mengonsumsi susu bisa memberikan pengaruh terhadap kehamilan kembar.

nu_reccayasha
22-07-2010, 04:41 PM
Akibat Tak Cuci Tangan Setelah Pipis dan BAB
Merry Wahyuningsih - detikHealth


Jakarta, Tak sedikit orang yang lupa mencuci tangan setelah buang air kecil dan besar di kamar mandi. Padahal, banyak sekali penyakit yang bisa datang bila Anda tak mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi.

Bakteri, virus, jamur dan penyakit parasit bisa terdapat pada kulit dan lendir, darah dan cairan tubuh lainnya. Beberapa kuman yang ditransfer melalui inhalasi dan lainnya bisa diperoleh dengan sentuhan.

Penularan penyakit fecal-oral (kotoran ke mulut) terjadi ketika orang yang terinfeksi tidak mencuci tangan dengan teknik yang baik, yaitu dengan menggunakan sabun dan air, yang kemudian langsung menyentuh makanan.

Dilansir dari LiveStrong, Kamis (22/7/2010), mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi dapat secara signifikan mengurangi transmisi penyakit-penyakit berikut:

1. Flu Singapura atau Hand Foot and Mouth Disease (HFMD)
Flu Singapura disebabkan oleh virus coxsackie dan enterovirus. Penyakit ini menyerupai flu yang disertai dengan terbentuknya lesi vesikular (bintil berisi cairan) di sekitar tangan, kaki, dan mulut. Virus ini menyebar dengan memakan makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan konten feces.

2. Hepatitis A
Hepatitis A merupakan infeksi virus yang menyerang hati dan sangat menular. Gejalanya seperti kelelahan, kulit menguning, urine gelap, mual dan muntah. Penularan hepatitis A terjadi ketika seseorang terinfeksi virus tidak hati-hati mencuci tangannya setelah menggunakan kamar mandi, kemudian mengolah makanan yang dikonsumsi oleh orang lain.

3. Shigellosis
Shigellosis adalah infeksi bakteri dengan gejala diare berair, kram perut dan demam. Kadang penyakit ini berkembang menjadi disentri, tinja berisi lendir, darah dan nanah. Shigellosis menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain dengan memakan makanan yang terkontaminasi oleh orang terinfeksi yang tidak cuci tangan setelah dari kamar mandi.

4. Giardiasis
Giardiasis adalah penyakit parasit usus dengan gejala seperti perut berisi gas, kram dan diare. Giardiasis menyebar dengan mudah dengan minum air yang terinfeksi dari sumber yang tidak diobati atau melalui kontak tangan ke feces.

pweechevalier
28-07-2010, 10:29 AM
Selasa, 27/07/2010 16:35 WIB
Jangan Saling Meminjam Gunting Kuku
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Kebiasaan meminjamkan gunting kuku atau pisau cukur bisa berarti bukan sesuatu yang baik dari sisi kesehatan karena rawannya penularan hepatitis B,C dan D. Mulailah punya barang-barang pribadi sendiri dan jangan saling meminjam.

Hepatitis atau kadang-kadang disebut dengan penyakit kuning merupakan peradangan hati (liver) yang kebanyakan disebabkan oleh infeksi virus. Nah, penyakit ini gampang menular jika seseorang meminjamkan barang-barang pribadinya.

Gunting kuku misalnya, ketika terluka saat menggunting kuku atau yang meminjam terluka maka akan terjadi perpindahan darah yang terinfeksi. Jika salah satu punya bakat hepatitis bukan tak mungkin menularkan ke lainnya.

Ada lima tipe hepatitis yang umum, yakni A, B,C, D dan E. Hepatitis A dan E ditularkan melalui feses (kotoran) dan makanan serta minuman yang terkontaminasi. Kedua jenis hepatitis ini pada umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, sehingga relatif tidak berbahaya.

Sedangkan hepatitis B, C dan D umumnya ditularkan lewat darah dan cairan tubuh lainnya seperti semen (cairan pembawa sperma). Hepatitis tipe ini sangat berbahaya, karena bisa mengakibatkan penyakit hati menahun termasuk sirosis (pengerasan hati), gagal hati, kanker hati dan kamatian.

"Infeksi Hepatitis B Virus (HBV) maupun Hepatitis C Virus (HCV) merupakan masalah kesehatan masyarakat global, dengan morbiditas dan mortalitas yang signifikan, tidak terkecuali Indonesia," ujar Dr Unggul Budihusodo, Sp.PD, KGEH, Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI), dalam acara konferensi media Hari Hepatitis Sedunia di Mario's Place, Jakarta, Selasa (27/7/2010).

Lebih dari 350 juta orang di dunia telah menjadi pengidap kronik HBV dan 180 juta pengidap HCV. Secara perbandingab, dari 12 orang penduduk dunia, ada 1 orang yang menderita hepatitis.

Bahkan sekitar 500 ribu hingga 2 juta orang meninggal setiap tahunnya karena berlanjut menjadi penyakit hati serius yang diakibatkan oleh infeksi hepatitis B kronik. Ini membuat hepatitis B berada pada posisi kesepuluh penyebab kematian utama di dunia.

Hepatitis B adalah penyakit serius yang disebabkan oleh virus Hepadnaviridae atau Hepatitis B Virus (HBV). HBV dapat menyerang hati dan dapat menyebabkan kanker hati dan sirosis (terbentuk jaringan parut pada hati) jika infeksi HBV terjadi dalam waktu lama (kronis).

Sedangkan hepatitis C adalah penyakit hati akibat infeksi Hepatitis C Virus (HCV) dan sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk hepatitis C. Dan menurut Dr Unggul, di Indonesia belum ditemukan kasus infeksi hepatitis D.

Infeksi hepatitis B dan C dapat ditularkan melalui darah dan cairan tubuh seperti semen, cairan vagina atau saliva. Penularan ini dapat terjadi melalui:

1. Hubungan seksual dengan penderita hepatitis B atau C
2. Kontak dengan darah dari penderita hepatitis B atau C misalnya jarum suntik (pecandu narkoba), alat pencukur, sikat gigi, pakaian yang terkena darah, alat akupuntur, alat manikur dan gunting kuku, alat tato atau body piercing (tindik) yang tidak steril, bahkan pada saat berkelahi (jika terdapat luka terbuka pada kedua pihak).


Tapi tidak perlu khawatir, hepatitis B dan C tidak ditularkan melalui bersin, batuk, pelukan, atau pegangan tangan.

Berikut beberapa cara untuk melindungi diri dari infeksi hepatitis B dan C, yaitu:

1. Periksa kesterilan jarum yang digunakan untuk tindik telinga maupun bagian tubuh lainnya, tato, akupuntur maupun elektrodialisis.
2. Hindari penggunaan bersama/bergantian gunting kuku, pisau cukur, sikat gigi dan benda-benda lain yang mungkin kontak dengan darah.
3. Hindari berbagi jarum suntik dengan orang lain
4. Lakukan pemeriksaan berkala terhadap hepatitis B dan C jika Anda adalah orang-orang yang berisiko tinggi, misal tenaga kesehatan atau pernah menerima transplantasi organ, transfusi darah, bertukar jarum suntik, seks tidak aman dan lainnya. (mer/ir)

pweechevalier
28-07-2010, 10:31 AM
Selasa, 27/07/2010 17:15 WIB
Penyebab Perut Sakit Saat Berlari
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Sakit perut mendadak saat berlari pasti banyak yang pernah mengalaminya. Sakit perut ini membuat seseorang harus memperlambat kecepatannya atau bahkan berhenti berlari. Apa yang membuat perut sakit saat berlari?

Alasan yang paling jelas dari masalah ini adalah adanya ketidakseimbangan dalam pola makan atau sistem pencernaannya. Akibatnya akan timbul rasa tidaknyaman dan sakit pada perut.

Dikutip dari Runningtimes, Selasa (27/7/2010) beberapa kondisi bisa memicu timbulnya rasa sakit, yaitu akibat kram perut, tubuh mengalami kekurangan air (dehidrasi) pada saat lari, tidak memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat setelah makan, seseorang tidak memiliki stamina yang optimal saat berlari dan seseorang berlari terlalu cepat atau mengeluarkan tenaga yang besar pada saat awal.

Namun penyebab dari rasa sakit ini bermacam-macam, yaitu:

Tubuh kekurangan pasokan oksigen
Para ahli menuturkan kondisi tersebeut terjadi karena pasokan oksigen di dalam tubuh telah berkurang, sehingga sakit perut yang timbul sebagai akibat langsung dari napas yang berat secara intens.

Sakit ini terjadi pada dinding otot perut dan bisa menjalar ke tempat yang lain. Untuk mencegah kondisi ini, maka seseorang harus mengetahui cara mengontrol teknik bernapas.

Kekurangan cairan tubuh
Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari saat tubuh sedang berkeringat. Karenanya untuk menghindari kondisi ini pastikan untuk mengonsumsi air yang cukup.

Terjadinya kram perut
Kondisi kram perut terjadi jika tubuh kurang pemanasan atau berlari saat perut sedang dalam keadaan kenyang. Hindari kondisi ini dengan melakukan pemanasan yang cukup dan tidak berlari setelah mengonsumsi makanan berat.

Adanya masalah pada usus besar atau kandung kemih
Bila organ di dalam tubuh seperti usus besar, kandung kemih atau otot panggul mengalami gangguan, maka hal ini akan berdampak dengan timbulnya rasa sakit di perut.

Untuk itu hindari berlari terlalu cepat atau terlalu keras pada saat awal berlari, serta usahakan untuk memperlambat larinya jika tubuh mulai merasakan sakit. (ver/ir)

rondwisan
28-07-2010, 10:37 AM
Oom Wisnu Cimol ... :cek:

pweechevalier
28-07-2010, 08:35 PM
Oom Wisnu Cimol ... :cek:

86 Opa...
Gelasnya langsung dibalikin, ampe lupa gak dicuci dulu :malu:

wisnu cimol

pweechevalier
28-07-2010, 08:44 PM
Selasa, 27/07/2010 14:40 WIB
Agar Postur Tubuh Anak Tidak Bungkuk
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Beberapa anak punya postur tubuh membungkuk dengan berbagai alasan. Namun jika kondisi ini dibiarkan terus menerus akan membuat postur tubuhnya bermasalah suatu saat nanti. Karena itu bantulah anak memperbaiki postur tubuhnya.

Postur tubuh anak yang membungkuk biasanya disebabkan karena anak lebih sering duduk dengan posisi malas atau merasa malu dengan adanya perubahan di dalam tubuhnya.

Kondisi ini tentu saja tidak bisa dikesampingkan, karena berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu orangtua harus memeriksa lingkungan sekitar anak dan memastikan bahwa anak mendapatkan fasilitas yang mendukung untuk menciptakan postur tubuh yang tepat.

Seperti dikutip dari Livestrong, Selasa (27/7/2010) ada beberapa hal yang bisa diperhatikan oleh orangtua untuk membantu memperbaikin postur tubuh anaknya, yaitu:

Periksa postur skoliosis anak
Skoliosis adalah salah satu kondisi medis yang serius. Postur tubuh yang baik adalah jika didukung oleh tiga kurva tulang belakang yang normal. Namun jika orangtua menemukan anaknya memiliki satu sisi bahu yang lebih tinggi atau melihat pakaian anak tidak tampak rata, maka ada kemungkinan terjadi gangguan dengan tulangnya.

Skoliosis adalah kelengkungan tulang belakang yang terjadi dari sisi ke sisi dan berbeda dengan kelengkungan normal, serta berlangsung dari depan ke belakang. Kondisi ini bisa diperbaiki tanpa melalui operasi jika kelengkungannya masih dalam derajat yang kecil.

Periksa berapa beban yang diterima anak saat menggunakan tas punggung
Menggunakan tas ransel yang berat bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa tulang belakang. Pierre dHemecourt, seorang dokter olahraga anak dari Boston Children's Hospital menuturkan anak yang secara teratur membawa beban berat akan cenderung membuat badannya membungkuk.

Hal ini akan mempengaruhi tulang belakang bagian atas dan juga memiringkan kepala. Selain itu juga bisa menyebabkan patah tulang karena stres serta kelengkungan tulang belakang yang tidak normal.

Periksa meja yang digunakan oleh anak
Sebuah kursi harus memiliki tinggi yang tepat sehingga anak bisa duduk dengan tegak, lutut membentuk sudut 90 derajat dan kaki mendatar di lantai. Meja yang digunakan juga harus pas sehingga anak tidak perlu membungkuk saat membaca.

Ajaklah anak untuk membicarakan perubahan tubuhnya
Anak perempuan biasanya lebih sering menyembunyikan perubahan yang terjadi di dalam tubuhnya, hal ini bisa berakibat jangka panjang seperti timbul sakit pada leher.

Pastikan anak untuk bergerak atau mendapatkan aktivitas fisik
Olahraga seperti berenang bisa menyediakan semua latihan tubuh bagian atas yang dapat membantu mengembangkan otot tanpa merusak sendi. Selain itu menari juga bisa memberikan keselarasan tubuh dan postur yang baik.

Cobalah untuk melakukan beberapa latihan di rumah
Ada beberapa latihan yang bisa dilakukan, misalnya dengan melihat berapa lama anak bisa berjalan dengan postur yang baik ketika berusaha menyeimbangkan buku di atas kepalanya.

Kepala anak diharuskan untuk agak terangkat, bahu ke belakang dan perut dalam posisi yang benar. Selain itu ingatkan anak untuk duduk dengan posisi yang benar jika sudah terlihat anak membungkuk. (ver/ir)

pweechevalier
09-08-2010, 10:38 AM
Senin, 09/08/2010 08:15 WIB
Masih Bisakah Produk Makanan Kedaluwarsa Dikonsumsi?
AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Jakarta - Kebanyakan orang pasti enggan mengonsumsi produk makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsanya. Padahal beberapa negara mengenal 2 jenis tanggal kedaluwarsa, yakni best before dan expired date. Apa bedanya?

Aturan mengenai hal ini berbeda-beda di setiap negara, namun pada yang diatur adalah distribusi dan penjualan. Artinya, produk yang telah melewati tanggal kedaluwarsa sama sekali tidak boleh diedarkan dan diperjualbelikan.

Sedangkan perbedaan antara kedua istilah tersebut terletak pada tingkat keamanan untuk dikonsumsi. Meski sudah tidak ada jaminan dari produsen maupun distributor, konsumen masih bisa menentukan sendiri bisa atau tidaknya produk itu digunakan.

Dikutip dari Betterhealth, Senin (9/8/2010), istilah best before menunjukkan batas suatu produk masih dijamin kualitasnya. Kualitas dan kandungan nutrisinya akan turun setelah tanggal tersebut terlewati, namun belum tentu membahayakan kesehatan selama kemasannya masih utuh.

Agar tetap bisa digunakan, produk tersebut harus disimpan dengan cara tertentu sesuai petunjuk disertakan. Misalnya harus disimpan di tempat sejuk dan kering atau terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Karena memang sudah tidak dijamin oleh pembuatnya, penilaiannya memang hanya didasarkan pada common sense atau yang tampak dari luar. Misalnya jika berjamur atau mengalami perubahan rasa dan warna, maka sebaiknya produk itu tidak dikonsumsi.

Sementara itu, istilah expired date atau use-by digunakan untuk produk yang menyebabkan risiko kesehatan secara langsung ketika sudah melewati tanggal yang tercantum. Biasanya dicantumkan pada produk-produk yang tidak stabil atau mudah rusak dalam penyimpanan jangka panjang, misalnya daging dan beberapa jenis keju.

Expired date dan use-by merupakan batas yang relatif lebih tegas dibandingkan best before. Dengan alasan keamanan dan kesehatan, jangan pernah mengonsumsi produk makanan yang telah melewati batas expired date atau used-by.

Untuk lebih amannya lagi, jangan membeli produk yang telah melewati tanggal kedaluwarsa. Peraturan yang berlaku melarang siapapun memperdagangkan makanan yang telah kedaluwarsa, baik yang dinyatakan dengan best before maupun expired date. (up/ir)

pweechevalier
09-08-2010, 11:42 AM
Puasa Sehat? Jangan Lupa Buah dalam Menu Berbuka dan Sahur
Jumat, 06 Agustus 2010, 10:03 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Setiap hari tubuh manusia membutuhkan karbohidrat kompleks sebanyak 60%, protein sebanyak 10-15% dan juga lemak sehat. Meski berpuasa, kebutuhan asupan itu jangan sampai kekurangan agar tubuh tak menjadi lemas. Apa saja kiatnya?

Dokter Ahli Gizi, Samuel Oetoro, mengatakan dalam bulan puasa perbanyaklah makan buahan-buahan pada saat berbuka dan sahur. Ketika berbuka, gunakan rasa manis yang terkandung dari buah-buahan dan jadikan buah-buahan atau minum jus buah menjadi penutup menu sahur harian, “Misalnya, minum teh tapi tak menggunakan gula, rasa manisnya dengan buah melon” tuturnya.

Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi. Ketika berbuka puasa meneguk segelas jus buah yang mampu meningkatkan kadar gula sehingga tubuh kembali bertenaga.

Ada banyak buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang berpuasa, pertama ialah kurma. Kurma merupakan makanan paling kaya kandungan gula glukosanya. Kurma mengandung sejumlah besar gula, berkisar antara 75–87%. Sekitar 55% gula dalam kurma berbentuk glukosa, sedangkan 45% lagi membentuk fruktosa.

Selain itu, ia mengandung sejumlah protein, lemak, dan beberapa vitamin, antara lain: vitamin A, B2, B12. Tak ketinggalan pula, kurma mengandung beberapa mineral, terutama kalsium, fosfor, potassium, sulfat, sodium, magnesium, cobalt, zinc, florin, kuningan, manganese, serta sejumlah selulosa.

Dengan sangat cepat, glukosa dalam kurma yang disantap saat berbuka akan berubah menjadi fructose, lalu langsung diserap melalui sistem pencernaan untuk menyirami dahaga tubuh akan energi. Khususnya jaringan-jaringan yang secara esensial bergantung pada pasokan tinggi energi, seperti: sel-sel otak, sel-sel saraf, sel-sel darah merah dan sel-sel tulang belakang.

Lalu buah-buahan apa lagi yang dianjurkan hadir dalam menu saat sahur dan berbuka. Berikut ini daftar menurut saran Samuel.

Pepaya. Buah tropis satu ini mengandung vitamin C dan provitamin A yang dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan dan membuat lancar saluran pencernaan makanan. Bagi mereka yang berpuasa, buang air besar akan tetap lancar.

Pisang. Buah ini mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat membantu mengurangi asam lambung. Pisang cocok bagi orang yang berpuasa karena bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Mangga. Inilah satu lagu buah yang mudah diperoleh di tanah air, mengandung vitamin A, E dan C yang dapat membersihkan darah. Bagi orang yang berpuasa, jus buah dapat dapat mengurangi dehidrasi. Namun sebaiknya berhati-bati bagi yang memiliki lambung sensitif. Pilihlah buah mangga matang alih-alih yang masih muda dan berasa masam.

Srawberry. Buah imut berwarna merah yang kaya vitamin A, vitamin B1, B dan C serta antioksidan, bagus untuk melawan zat radikal bebas. Sehingga daya tahan tubuh orang yang berpuasa tetap terjaga dari virus.

Apel. Dari dulu manfaat buah ini memang sudah dikenal. Tak heran bila di Barat pun muncul slogan "One Apple a day, tak your doktor away'. Mengandung vitamin A, B dan C, apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar.

Jeruk. Buah identik dengan warna oranye ini mengandung vitamin A, B1, B2 dan C serta antikanker bagi tubuh. Jeruk juga dapat merangsang kekebalan tubuh, membersihkan lender ditenggorokan, rongga hidung akibat influenza. Namun, sekali lagi bagi pemilik lambung sensitif perlu berhati-hati mengonsumsi jeruk.

Belimbing. Inilah buah berbentuk bintang yang mengandung vitamin C dan provitamin A dengan manfaat dapat membantu memperlancar pencernaan makanan, menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh. Tak ada salahnya menghadirkan belimbing dalam hidangan bila ingin berganti menu buah.

Blewah. Sepupu melon ini kaya dengan vitamin A. Rasa manis yang terkandung dalam belewah mempunyai fungsi absorpsi atau melakukan penyerapan pada usus yang sering diakibatkan makan tergesa-gesa shingga makanan tak terkunyah dengan baik. Menyantap buah ini juga membantu menyerap zat-zat tak diperlukan dari makan makanan yang banyak berbumbu, endapan obat-obatan, bahkan mengatasi rasa mual karena rasa stress.

pweechevalier
10-08-2010, 07:21 PM
Selasa, 10/08/2010 16:31 WIB
5 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk
AN Uyung Pramudiarja - detikHealth


Jakarta - Selain bisa menularkan penyakit berbahaya, gigitan nyamuk dapat meninggalkan bercak kemerahan yang bisa mengganggu penampilan. Sebenarnya tidak sulit untuk menghindarinya, sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Dikutip dari Telegraph, Selasa (10/8/2010), beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut.

1. Sesuaikan warna pakaian
Pakaian dengan warna yang kuat, baik gelap maupun sangat terang dapat menarik perhatian nyamuk. Warna putih, khaki dan warna lain yang lembut kurang disukai oleh nyamuk.

Celana training serta kaus atau baju lengan panjang juga bisa mencegah gigitan nyamuk saat tidur. Hindari pakaian ketat, terutama jika bahannya tipis karena kadang-kadang masih bisa ditembus oleh gigitan nyamuk.

2. Gunakan pengusir serangga
Bahan yang sering digunakan adalah DEET (N, N-diethyl-m-toluamide) dengan kadar 30-50 persen, yang aman untuk orang dewasa maupun anak di atas usia 2 tahun. Baik digunakan dengan cara disemprotkan maupun dioleskan, efektivitas bahan ini bisasanya mampu bertahan hingga beberapa jam.

Jika ingin yang alami, minyak lemon eucalyptus, minyak serei, minyak kayu manis, rosemary atau peppermint. Selain dapat dibuat sendiri, bahan-bahan tersebut juga tersedia di pasaran dalam bentuk aromaterapi yang juga dapat digunakan untuk menakut-nakuti nyamuk.

3. Pasang kelambu
Tidak ada penangkal gigitan nyamuk yang lebih aman dibandingkan kelambu. Jaring lembut yang bisa dipasang di sekeliling tempat tidur ini umumnya tidak melepaskan bahan kimia, sehingga bebas risiko alergi dan keracunan.

4. Makan bawang putih
Meski belakangan muncul bantahan melalui penelitian ilmiah, beberapa orang mengaku tidak digigit nyamuk setelah banyak makan bawang putih. Entah kebetulan atau memang demikian, tidak ada salahnya dicoba, toh bawang putih juga baik untuk kesehatan.

Selain itu, makanan yang mengandung vitamin B1 seperti kentang dan kacang-kacangan dapat mencegah gigitan nyamuk karena membuat darah terasa tidak enak.

Makanan asin sebaiknya dihindari, karena garam dapat merangsang pembentukan asam laktat yang menarik perhatian nyamuk.

5. Mandi secara teratur
Jika kebanyakan orang membenci bau keringat, nyamuk justru sangat menyukainya. Oleh karena itu, mandi secara teratur lalu menggunakan bedak antiprespiran cukup efektif untuk mencegah gigitan nyamuk. (up/ir)

pweechevalier
10-08-2010, 07:22 PM
Selasa, 10/08/2010 12:25 WIB
Cara Donor Darah di Bulan Puasa
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Ketika sedang berpuasa sebagian besar masyarakat merasa khawatir atau takut pingsan jika melakukan donor darah. Karena itu ketahui cara yang tepat untuk melakukan donor darah di bulan puasa ini.

"Orang yang berpuasa tetap boleh melakukan donor darah dan tidak membatalkan puasanya, karena MUI sudah mengeluarkan fatwanya," ujar dr Salimar Salim, Kepala Unit Transfusi Darah Daerah Jakarta, saat dihubungi detikHealth, Selasa (10/8/2010).

dr Salimat menuturkan sebelum seseorang melakukan donor darah, maka akan dilakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesehatan dari si pendonor, yaitu:

1. Mengukur kadar hemoglobinnya (Hb), kadar hemoglobin pendonor harus di atas 12,5.
2. Mengukur tekanan darahnya, diusahakan agar tidak terlalu rendah (di bawah 100) atau terlalu tinggi.
3. Dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui kondisi fisik dan kesehatannya.


"Jika seseorang tidak tidur semalaman, baru selesai diare, sedang menstruasi dan menyusui bagi perempuan, sebaiknya disarankan untuk tidak melakukan donor darah. Tapi jika hasil pemeriksaan kesehatannya bagus maka donor darah boleh saja dilakukan," ungkapnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan tersebut dapat diketahui apakah seseorang bisa mendonorkan darahnya atau tidak. Darah yang diambil akan diproses lebih lanjut dan dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan sistem komputer online untuk mendeteksi apakah ada suatu penyakit seperti hepatitis B atau C, HIV/AIDS, sifilis atau penyakit menular lainnya.

Darah yang sudah diproses ini akan disimpan dengan tempetarur tertentu dan akan dilakukan pengecekan kembali jika akan digunakan. Pada umumnya untuk trombosit bisa disimpan hingga 5 hari, darah lengkap selama 28 hari, sedangkan untuk plasma bisa disimpan hingga 1 tahun.

Bagaimana cara donor darah di bulan puasa?

"Donor darah di bulan puasa ini bisa dilakukan saat malam hari yaitu setelah melakukan taraweh, atau jika ingin dilakukan saat berpuasa bisa dilakukan saat pagi hari sekitar jam 10 pagi ketika tubuh masih segar sehingga tidak lemas. Tapi sebaiknya tidak mendonor darah saat siang hari di saat tubuh sedang lemas," ujar dr Salimar.

Karena itu jika memang memiliki tubuh yang sehat dan lolos dalam proses pemeriksaan, maka tak ada salahnya untuk tetap melakukan kegiatan donor darah di saat bulan puasa ini. (ver/ir)

pweechevalier
10-08-2010, 07:26 PM
Selasa, 10/08/2010 18:00 WIB
Sahur yang Ideal Agar Puasa Tidak Lemas
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam, karena itu peran dari sahur sangat penting. Menu yang dikonsumsi saat sahur bisa mempengaruhi kondisi seseorang selama berpuasa.

Bagaimana sahur yang ideal agar tidak lemas saat menjalani puasa?

"Agar memiliki tubuh yang bugar saat berpuasa, maka menu karbohidrat yang ideal untuk sahur adalah ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah dan buah-buahan," ujar Dr Phaidon L Toruan MM seperti dikutip dari rilisnya, Selasa (10/8/2010).

Jenis karbohidrat ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah merupakan karbohidrat kompleks yang kadar gulanya rendah dan menahan kenyang lebih lama hingga 6 jam.

Karbohidrat kompleks ini bisa disimpan di liver dan otot sebagai glikogen (zat sebelum menjadi glukosa). Jika tubuh kekurangan energi, cadangan glikogen inilah yang akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi.

Sedangkan karbohidrat sederhana seperti makanan yang mengandung kadar gula tinggi, ketika dicerna akan langsung menjadi energi dengan cepat dan meningkatkan kadar gula darah. Karbohidrat sederhana tidak bisa menyimpan cadangan glikogen.

Dr Phaidon menuturkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat sahur agar seseorang bisa tetap bugar dan tidak lemas selama melaksanakan puasa, yaitu:

1. Saat sahur sebaiknya mengonsumsi karbohidrat kompleks.
Hal ini disebabkan karbohidrat kompleks akan lebih lambat dipecah atau dicerna menjadi gula darah, dengan demikian gula darah akan tetap stabil (tidak mengalami fluktuasi yang tinggi). Selain itu karbohidrat kompleks juga sangat membantu proses metabolisme energi tubuh.

2. Mengonsumsi buah dan sayur saat sahur.
Berpuasa bagi tubuh adalah salah satu program detoksifikasi. Pada kondisi ini usus besar akan diistirahatkan dan tubuh berkesempatan membuang ampas hasil metabolisme, seperti sisa-sisa makanan khususnya daging yang membusuk di usus besar akan dibersihkan. Salah satu alat pembersih utamanya adalah serat tidak larut yang terdapat di dalam sayuran.

Sedangkan buah-buahan yang dikonsumsi saat sahur berguna untuk menyuplai antioksidan yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta membantu detoksifikasi seluler.

3. Mengurangi konsumsi gorengan.
Gorengan yang dikonsumsi seseorang akan membuat sel darah merahnya menggumpal seperti pacar cina. Jika kondisi ini terjadi akan menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen, akibatnya seseorang akan mengantuk pada saat siang hari.

Karena itu agar tetap bisa beraktivitas selama puasa dan tubuh tidak merasa lemas, maka tak ada salahnya untuk memperhatikan asupan makanan saat sahur.

4. Kurangi yang manis-manis
Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

Makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal kita harus menahan puasa selama 14 jam jadi akan ada waktu 12 jam kondisi tubuh akan lemas.

5. Cukup minum air putih
Yang juga harus menjadi perhatian adalah cukup minum air putih agar kebutuhan cairan dalam tubuh tidak terganggu.

Sedangkan minum kopi ketika sahur sebaiknya dihindari karena kopi seperti juga soft drinks adalah diuretic yang bukannya memberikan air untuk tubuh tapi malah menghabiskannya. Ini karena pemrosesan gula tingkat tinggi memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh. (ver/ir)

pweechevalier
12-08-2010, 10:06 AM
Rabu, 11/08/2010 18:00 WIB
Jangan Langsung Tidur Sehabis Sahur
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Tak sedikit orang yang memilih tidur setelah sahur biar tak mengantuk saat beraktivitas pagi harinya. Hati-hati, tidur usai sahur tidaklah baik untuk kesehatan. Namun, ada cara sehat bila ingin tidur habis sahur.

Tidur setelah makan tidaklah sehat menurut ilmu kedokteran. Hal ini karena sistem pencernaan masih belum selesai mengerjakan tugasnya, terutama lambung.

"Setelah makan, makanan akan disimpan di dalam lambung. Nah, ketika Anda langsung tidur, maka makanan itu akan berbalik arah lagi ke atas," ujar Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Rabu (11/8/2010).

Menurut Dr Ari, kondisi ini disebut dengan refluks esofagus atau esophageal reflux, yaitu kembalinya makanan dari lambung ke dalam esofagus (saluran yang mengangkut makanan dari mulut ke perut).

Bila kondisi ini terjadi, maka makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah menuju ke kerongkongan. Selain itu, tentu saja ada asam lambung yang terbawa oleh makanan tersebut.

Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, kadang membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah karena ada makanan yang berbalik arah. Hal ini akan semakin parah bila orang tersebut sudah menderita penyakit maag atau tungkak lambung.

Dilansir dari MedicineNet.com, makanan di perut sebagian dicerna oleh asam lambung dan enzim. Biasanya, sebagian kandungan asam lambung disampaikan oleh otot perut ke dalam usus kecil untuk pencernaan lebih lanjut.

Namun, dalam kondisi refluks esofagus, kandungan asam mundur sampai ke kerongkongan, kadang-kadang mencapai saluran pernapasan, yang dapat menyebabkan inflamasi (peradangan), kerusakan pada kerongkongan, paru-paru dan laring (kotak suara).

Proses keseluruhan secara medis disebut gastroesophageal reflux disease (GERD). Sebesar 10 persen dari penderita GERD pengembangkan Barret esofagus dan dapat meningkatkan risiko terkena kanker kerongkongan.

"Lambung kita kan kosong dalam waktu 6 jam atau 4 jam untuk makanan yang lebih ringan. Maka, setidaknya beri waktu lambung untuk mulai mencerna makanan, setidaknya lebih dari 1 jam setelah makan," ungkap dokter sekaligus Wakil Sekjen PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Tapi bila Anda merasa sangat mengantuk, Dr Ari merekomendasikan beberapa cara sehat tidur usai sahur, yaitu:

1. Tidur 1-2 jam setelah makan
"Bila sahur jam 3-an, terus jangan langsung tidur. Kan bisa menunggu sampai adzan subuh, sekitar jam 5. Setelah itu Anda baru bisa tidur," jelas Dr Ari.

2. Tidur dengan bantal ditinggikan
Bila Anda tidur tanpa bantal, maka dikhawatirkan ada gaya gravitasi yang membuat makanan dari lambung berbalik arah ke kerongkongan.

3. Tidur setengah duduk (tidak berbaring) bila Anda sudah merasa sangat mengantuk
4. Tidak makan makanan yang sulit dicerna, seperti makanan berlemak. (mer/ir)

pweechevalier
12-08-2010, 04:23 PM
Kamis, 12/08/2010 14:30 WIB
Olahraga yang Baik Saat Puasa
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Meski sedang berpuasa, tubuh tetap membutuhkan latihan fisik untuk tetap bugar, terlebih bagi orang yang sudah terbiasa melakukannya.

Olahraga tetap harus dilakukan meski orang sedang berpuasa. Tapi olahraga yang dimaksudkan bukanlah olahraga berat yang memerlukan banyak tenaga dan mengeluarkan banyak keringat.

"Saat puasa, olahraga sebaiknya dilakukan pagi hari atau setelah subuh," ujar Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Kamis (12/8/2010).

Dr Ari mengatakan bahwa olahraga yang dilakukan cukup olahraga ringan yang tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat. Olahraga yang tepat itu misalnya jalan-jalan atau yoga setelah subuh saat udara masih bersih dan bersepeda, cukup 30 menit hingga 1 jam.

Sementara olahraga yang sebaiknya dihindari adalah yang banyak mengeluarkan keringat karena berisiko dehidrasi. Olahraga yang mengeluarkan banyak keringat itu contohnya sepak bola, tenis dan lari.

"Meski puasa orang tetap harus berolahraga, tapi bukan berarti olahraga yang mengeluarkan keringat banyak seperti sepak bola atau tenis," tambah dokter sekaligus Wakil Sekjen PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Menurut Dr Ari olahraga juga dapat dilakukan saat sore hari, sebelum waktu berbuka, yaitu sekitar jam 5 sore.

"Saat sebelum berbuka, orang juga bisa melakukan olahraga. Jadi kalau sudah merasa kekelahan dan haus, kan sudah dekat waktu berbuka. Tapi tetap bukan olahraga yang menguras tenaga, nanti malah bikin pingsan," terang Dr Ari.

Olahraga saat berpuasa tetaplah penting, tapi jangan sampai olahraga tersebut malah merugikan diri Anda sendiri bila tidak dilakukan pada waktu dan kadar yang tepat. (mer/ir)

pweechevalier
26-08-2010, 12:48 PM
Kamis, 26/08/2010 09:43 WIB
Banyak Tidur Saat Puasa Justru Bikin Lemas
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Tidak sedikit orang yang hanya tidur-tiduran untuk menghabiskan waktu di siang hari pada saat puasa. Tapi kebiasaan tersebut justru membuatnya lemas dan tak bertenaga. Mengapa demikian?

Pada saat melakukan ibadah puasa, sebaiknya tetap melakukan aktivitas sehari-hari. Alasan menghemat tenaga dengan tidur-tiduran justru akan membuat orang semakin lemas, tidak semangat dan tidak bertenaga.

"Pada puasa, tubuh dipersiapkan untuk beraktivitas dengan makan pada saat sahur dan buka puasa, jadi sebaiknya aktivitas tetap dilakukan," tutur Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Kamis (26/8/2010).

Dr Ari mengatakan bila merasa ngantuk atau lelah, tidur sah-sah saja dilakukan. Tapi yang menjadi masalah adalah tidur dilakukan ketika tubuh merasa dalam kondisi 'on'.

Pada saat tubuh dalam kondisi siaga dan orang sengaja menidurkannya dengan tidur-tiduran, maka otot-otot tubuh akan melemas. Sehingga pada saat berusaha untuk melakukan sesuatu, tubuh tidak siap untuk melakukannya.

Menurut Dr Ari, ketika orang tidur-tiduran, tubuh mengirimkan pesan ke otak untuk bermalas-malasan, hasilnya tubuh pun akan menanggapi pesan dari otak dengan respons otot yang santai.

"Selain itu, ada juga alasan psikis. Kalau tidur-tiduran kan bawaannya malas, jadi seharian nggak bersemangat dan lemas. Otot juga tidak ready melakukan aktivitas," tambah dokter sekaligus Ketua Bidang Advokasi PB PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Pada saat otot-otot mulai melemas, maka diperlukan waktu yang cukup untuk mengembalikannya ke kondisi 'on' lagi. Sayangnya, pada saat puasa tubuh tidak dapat segera menggantikan tenaga yang hilang dan otot yang melemas tersebut.

Dr Ari menyarankan orang tetap melakukan aktivitas sehari-hari ketika berpuasa, tetapi menghindari aktivitas yang berat atau dilakukan di tengah hari.

Hindari aktivitas yang terlalu berat untuk menghindari pengurasan tenaga otot yang dapat menyebabkan keringat dan kehilangan elektrolit berlebih, yang pada akhirnya menyebabkan orang dehidrasi pada saat berpuasa. (mer/ir)

pweechevalier
26-08-2010, 12:50 PM
Rabu, 25/08/2010 17:23 WIB
Makanan Manis Apa yang Sehat untuk Buka Puasa?
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Bagi umat Muslim, disunahkan berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis. Tapi makanan atau minuman manis seperti apa yang sehat dan baik untuk tubuh?

Makanan dan minuman manis memang dianjurkan untuk santapan awal buka puasa. Tapi bukan berarti semua makanan atau minuman manis boleh dikonsumsi, terlebih bila mengandung kadar gula tinggi.

"Idealnya, buka puasa dengan makan 3 buah kurma. Selain manis, kurma juga merupakan karbohidrat kompleks yang membuat gula diserap tubuh secara perlahan," jelas Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Rabu (25/8/2010).

Menurut Dr Ari, banyak orang keliru menginterpretasikan maksud dari 'berbuka dengan yang manis'. Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Tapi yang keliru adalah porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi.

"Berbuka dengan yang manis tapi jangan berlebihan, apalagi kalau manisnya berasal dari gula," tambah dokter sekaligus Ketua Bidang Advokasi PB PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Dr Ari menjelaskan bahwa produk gula merupakan jenis karbohidrat sederhana, artinya sangat mudah dipecah dan dicerna menjadi gula darah. Hasilnya, bila gula dikonsumsi secara berlebih, maka gula darah akan melonjak dalam tubuh dan membuat orang mudah mengantuk, lemas dan menimbun lemak.

Sedangkan kurma merupakan jenis karbohidrat kompleks, sama halnya dengan nasi merah, jagung dan gandum. Karbohidrat kompleks akan lebih lambat dipecah atau dicerna menjadi gula darah, dengan demikian gula darah akan tetap stabil (tidak mengalami fluktuasi yang tinggi). Selain itu karbohidrat kompleks juga sangat membantu proses metabolisme energi tubuh.

Untuk itu, Dr Ari menyarankan agar tidak mengonsumi makanan atau minuman manis yang berasal dari gula secara berlebihan, baik pada saat buka puasa atau pun sahur. Hal ini karena makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa lapar lebih cepat pula.

Selain itu, insulin berfungsi untuk memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Bila insulin dilepaskan dengan sangat cepat, maka orang merasa cepat berenergi tetapi sekaligus cepat menghabiskan cadangan energi. (mer/ir)

pweechevalier
31-08-2010, 02:14 PM
Selasa, 31/08/2010 10:05 WIB
Olahraga Jalan Bisa Meningkatkan Kecerdasan
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Tak hanya meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh, studi menunjukkan olahraga ringan seperti jalan santai juga dapat meningkatkan kecerdasan.

Ilmuwan menunjukkan bahwa olahraga jalan dengan kecepatan sedang 40 menit selama tiga kali seminggu dapat meningkatkan kecerdasan.

Hal ini karena jalan sedang dapat meningkatkan hubungan antara sirkuit otak, memerangi penurunan fungsi otak yang terkait dengan penuaan dan bahkan meningkatkan kinerja dalam tugas-tugas penalaran.

Untuk menyelidiki hal tersebut, peneliti mengumpulkan partisipan usia 18 sampai 35 tahun dan 59 sampai 80 tahun yang menjalani gaya hidup sehat sebelum studi, setidaknya melakukan aktivitas fisik 30 menit atau lebih selama enam bulan sebelumnya.

"Hampir tak ada satu orang pun yang otaknya hanya aktif pada satu daerah. Jaringan otak memang berkurang seiring dengan usia, tapi efek olahraga jalan bisa memperlambat proses tersebut," ujar Professor Art Kramer, pemimpin penelitian, seperti dilansir dari Dailymail, Selasa (31/8/2010).

Tim peneliti menemukan bahwa orang tua yang lebih fit cenderung memiliki konektivitas yang lebih baik di daerah otak tertentu, terutama yang bertanggungjawab pada tugas perencanaan, prioritas, strategi dan multitasking.

Lalu peneliti mengukur konektivitas otak dan kinerja pada tugas-tugas kognitif di awal penelitian selama enam bulan dan satu tahun setelah kegiatan berjalan dilakukan.

Hasilnya, pada akhir tahun, konektivitas jaringan otak meningkat secara signifikan di otak pejalan kaki. Pejalan kaki mengalami peningkatan signifikan koneksi dalam otak yang membantu dalam pelaksanaan tugas-tugas kompleks dan kognitif.

"Semakin tinggi konektivitas maka semakin baik kinerja pada beberapa tugas kognitif, terutama yang kita sebut tugas kontrol eksekutif, yaitu hal-hal seperti perencanaan, penjadwalan, berurusan dengan ambiguitas, kerja memori dan multitasking," ujar Profesor Kramer.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Frontiers in Ageing Neuroscience. (mer/ir)

pweechevalier
27-10-2010, 11:22 AM
Rabu, 27/10/2010 07:55 WIB
Ingin Jantung Sehat? Ayo Sarapan!
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Dibanding waktu makan yang lain, posisi sarapan alias makan pagi sangat vital. Para ahli berkali-kali mengingatkan pentingnya sarapan untuk memulai aktivitas. Sarapan juga bisa membentuk jantung sehat.

Tapi tak sedikit orang yang sering melewatkan sarapan dengan alasan terburu-buru atau ingin menurunkan berat badan. Padahal terlalu sering tidak sarapn bisa berbahaya bagi jantung.

"Sering melewatkan sarapan justu menyebabkan obesitas bukannya menurunkan berat badan. Bahkan orang yang sering tidak sarapan berisiko tinggi menderita penyakit
jantung," jelas Catherine Collins, ahli gizi dari University of Tasmania, seperti dilansir Dailymail, Rabu (27/10/2010).

Orang yang melewatkan sarapan akan memiliki metabolisme tubuh yang tidak baik. Jika ini terus menerus terjadi akan mengganggu hormon-hormon di dalam tubuh yang mengatur keseimbangan badan seperti hormon pertumbuhan, hormon insulin dan hormon serotonin.

Penelitian yang dilakukan Collins dan rekannya menemukan bahwa sering tidak sarapan dapat membuat orang menjadi obesitas (kegemukan), banyak timbunan lemak di sekitar perut dan kadar kolesterol tinggi. Semua hal itu merupakan faktor risiko utama panyakit jantung.

"Tidak sarapan juga dapat memicu peningkatan kadar insulin dalam darah, yang merupakan peringatan untuk diabetes," jelas Collins lebih lanjut.

Menurut Collins, orang yang tidak sarapan lebih cenderung untuk ngemil makanan kecil atau makanan manis yang kemungkinan memiliki asupan serat, vitamin dan mineral yang rendah. Jadi, tidak sarapan bukannya menurunkan berat badan tapi justru memicu kegemukan, kolesterol dan diabetes.

Hasil studi yang telah dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition ini menunjukkan bahwa risiko terkena penyakit jantung akan semakin besar apalagi seseorang terbiasa tidak sarapan sejak masa kanak-kanak dan terus berlanjut hingga dewasa.

"Meski tidak berdampak langsung, tapi bahaya jangka panjang akan menghantui Anda. Tidak sarapan adalah penanda untuk gaya hidup yang tidak sehat dan kacau," tegas Collins. (mer/ir)

pweechevalier
27-10-2010, 11:23 AM
Rabu, 27/10/2010 07:55 WIB
Ingin Jantung Sehat? Ayo Sarapan!
Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta - Dibanding waktu makan yang lain, posisi sarapan alias makan pagi sangat vital. Para ahli berkali-kali mengingatkan pentingnya sarapan untuk memulai aktivitas. Sarapan juga bisa membentuk jantung sehat.

Tapi tak sedikit orang yang sering melewatkan sarapan dengan alasan terburu-buru atau ingin menurunkan berat badan. Padahal terlalu sering tidak sarapn bisa berbahaya bagi jantung.

"Sering melewatkan sarapan justu menyebabkan obesitas bukannya menurunkan berat badan. Bahkan orang yang sering tidak sarapan berisiko tinggi menderita penyakit
jantung," jelas Catherine Collins, ahli gizi dari University of Tasmania, seperti dilansir Dailymail, Rabu (27/10/2010).

Orang yang melewatkan sarapan akan memiliki metabolisme tubuh yang tidak baik. Jika ini terus menerus terjadi akan mengganggu hormon-hormon di dalam tubuh yang mengatur keseimbangan badan seperti hormon pertumbuhan, hormon insulin dan hormon serotonin.

Penelitian yang dilakukan Collins dan rekannya menemukan bahwa sering tidak sarapan dapat membuat orang menjadi obesitas (kegemukan), banyak timbunan lemak di sekitar perut dan kadar kolesterol tinggi. Semua hal itu merupakan faktor risiko utama panyakit jantung.

"Tidak sarapan juga dapat memicu peningkatan kadar insulin dalam darah, yang merupakan peringatan untuk diabetes," jelas Collins lebih lanjut.

Menurut Collins, orang yang tidak sarapan lebih cenderung untuk ngemil makanan kecil atau makanan manis yang kemungkinan memiliki asupan serat, vitamin dan mineral yang rendah. Jadi, tidak sarapan bukannya menurunkan berat badan tapi justru memicu kegemukan, kolesterol dan diabetes.

Hasil studi yang telah dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition ini menunjukkan bahwa risiko terkena penyakit jantung akan semakin besar apalagi seseorang terbiasa tidak sarapan sejak masa kanak-kanak dan terus berlanjut hingga dewasa.

"Meski tidak berdampak langsung, tapi bahaya jangka panjang akan menghantui Anda. Tidak sarapan adalah penanda untuk gaya hidup yang tidak sehat dan kacau," tegas Collins. (mer/ir)

pweechevalier
21-12-2010, 02:37 PM
Selasa, 21/12/2010 09:08 WIB
Madu Efektif Redam Batuk
Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta - Madu selama ini dikenal sebagai salah satu minuman yang bisa menambah stamina dan membuat tubuh tetap bugar. Tapi studi terbaru menunjukkan bahwa madu juga bisa meringankan sakit tenggorokan dan batuk.

Sebelumnya telah diketahui bahwa madu bisa digunakan sebagai antibakteri. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center diketahui bahwa madu kaya akan gula, sehingga bisa membantu menciptakan lingkungan yang membuat bakteri tidak dapat bertahan hidup.

Kini studi yang dipublikasikan dalam Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine menemukan bahwa anak-anak yang menerima dosis kecil madu sebelum tidur akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan mengurangi frekuensi batuknya. Kondisi ini lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang diberikan obat.

"Ini adalah pertama kalinya madu telah benar-benar terbukti bisa digunakan sebagai pengobatan," ujar penulis studi utama Dr Ian Paul dari Penn State College of Medicine, seperti dikutip dari ABCNews, Selasa (21/12/2010).

Penelitian ini melibatkan 105 anak yang berusia 2-18 tahun dan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok anak yang diberikan sirup obat rasa madu, kelompok anak yang diberikan madu dan kelompok anak yang tidak diberikan apa-apa. Didapatkan anak yang diberikan madu merasakan pengurangan gejala dan tidurnya menjadi lebih baik.

Madu umumnya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan obat-obatan, serta tidak memiliki efek samping seperti pusing atau mengantuk. Selain itu madu juga cenderung mudah didapatkan.

"Telah lama diketahui bahwa demulcents seperti madu bisa menenangkan iritasi selaput lendir, dengan demikian bisa menghilangkan iritasi yang dapat memicu refleks batuk. Dan umumnya obat batuk memiliki fungsi yang sama," ujar Paul Doering, wakil direktur Drug Information and Pharmacy Resource Center dari University of Florida.

Merekomendasikan madu sebagai obat memiliki beberapa kelebihan, diantaranya lebih aman untuk digunakan dibanding obat yang mengandung bahan kimia, serta termasuk obat tardisional yang sudah umum di masyarakat.

Untuk itu minum teh atau air jeruk nipis hangat yang dicampurkan dengan madu bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi sakit tenggorokan serta menekan batuk, sehingga seseorang bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Umumnya madu diberikan sebanyak 2 sendok teh (10 ml).

Namun, sebaiknya orangtua tidak memberikan madu pada anak yang berusia di bawah 1 tahun karena berisiko mengalami botulisme pada bayi. Botulisme adalah salah satu jenis keracunan makanan yang dapat menyebabkan kematian. (ver/ir)

pweechevalier
21-12-2010, 02:39 PM
Jumat, 17 Desember 2010, 15:25 WIB
Berolahraga Sekarang,Tak Ada Kata Terlambat! Stabil Bugar di Usia Tua

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO--Setiap orang tahu olahraga penting untuk menjaga berat badan stabil. Kabar yang mengejutkan ialah, aktivits fisik yang anda lakukan saat ini sangat mungkin mencegah penambahan berat badan di masa depan saat memasuki usia paruh baya, demikian menurut studi yang dipublikasikan hari ini di Jurnal Asosiasi Medis Amerika.

Periset yang mengikuti 3.554 orang selama dua dekade menemukan bahwa pria yang tetap aktif. hanya akan menambah bobot hingga tiga kilo atau kurang setelah 20 tahun ketimbang rekan mereka dengan aktivitas rendah.

Bagi perempuan, perbedaan antara yang aktif dengan yang tidak bahkan hingga 7 kilo. Lingkar pinggang juga berkurang jauh, baik untuk kedua jenis gender dalam grup tinggi aktivitas.

Studi itu dimulai pada partisipan berusia 18 hingga 30 tahun. Kemudian di usia 38 hingga 50 tahun terlihat bahwa komitmen terus menerus terhadap aktivitas fisik berarti penambahan sedikit berat badan pada partisipan. Padahal pada usia itu adalah saat rawan di mana otot perut mulai kendur dan tak lagi singset.

Beraktivitas tinggi, tidak harus melakukan maraton atau memompa mesin-mesin fitnes dalam satu jam nonstop. Studi yang digunakan dalam rumusan terkait berapa lama, berapa sering dan berapa intens kegiatan yang dilakukan partisipan ialah aktivitas tinggi yang sebanding dengan menghabiskan 2,5 jam per pekan membuat jantung anda terpompa. Aktivitas itu bisa seperti olahraga, jalan cepat atau bahkan berkebun, ujar pemimpin riset, Arlene Hankison, sekaligus instruktur dari departemen pengobatan pencegahan, Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern di Chicago.

Namun, hanya 12 persen laki-laki dan perempuan yang masuk dalam kelompok 'elit' ini. Alasannya adalah konsistensi. "Tidak sulit untuk melakukan aktivitas tinggi," kata Arlene. "Yang sulit adalah menjaganya untuk melakukan setiap saat. Dengan olahraga anda tak bisa melakukan, lalu berhenti lagi, lalu lanjut lagi. Anda harus berkomitmen," ujarnya.

Ini tentu sulit tercapai kecuali seseorang menikmati aktivitas tersebut. "Pilih aktivias yang memberikan motivasi terus-menerus kepada anda," ujar Arlene. Apakah itu aerobik, karate, berdansa atau jalan cepat melewati taman. "Pastikan aktivitas itu membuat jantung anda terpompa," imbuhnya.

Kehidupan sibuk seseorang mungkin memaksakan latihan fisik yang tak biasa. Namun itu bukan masalah, ujar pakar pengobatan olahraga di University of Pittsburgh Medical Center. "Anda bisa saja memutar musik dengan anak-anak dan menari di ruang keluarga selama setengah jam," ujar Doperak.

Apa pun aktivitas yang dilakukan, kata Arlene, tujuan utama ialah melakukan kegiatan yang selama seumur hidup. "Jika lari selama 50 menit membuat anda akan menghabiskan seluruh sisa minggu bermalas-malasan, maka lebih baik anda cukup berlari 30 menit setiap hari jika itu bisa anda lakukan bertahun-tahun kedepan," ujarnya.

Meski partisipan dengan aktivitas tinggi yang terlibat dalam studi rata-rata berusia 18 tahun, tidak berarti terlambat untuk bergerak jika anda jauh dari usia remaja. "Harapan tidak lantas hilang," ujar Arlene.

"Memasukkan aktivitas tinggi ke dalam kehidupan sehari-hari anda bukanlah keputusan yang terlambat," katanya. Faktnya, imbuh Arlene, kebiasaan itu, pada setiap tingkatan usia, akan membantu mencegah obesitas, diabetes dan gangguan jantung, masalah yang kian membahayakan ketika seseorang bertambah tua.

Resepkan pada diri anda aktivitas fisik. "Olahraga adalah obat," ujar Doperak. "Sesungguhnya, hal terbaik yang mungkin bisa kita lakukan untuk diri sendiri adalah bangun dan bergerak."

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber: US NEWS

Ucup Carrick
13-11-2011, 11:07 AM
6UBXyrSJL0A

master ade rai ngomong soal diet...dengerin yah...

Andi Istiabudi
13-11-2011, 11:13 AM
Sebenarnya makan banyak berapa pun porsinya tidak masalah ASAL diimbangi dengan olahraga. Jadi makanan yang masuk harus sebanding dengan energi yang dikeluarkan untuk olahraga bahkan kalau bisa malah lebih. Masalahnya orang Indonesia tidak semuanya senang olahraga :D

Ucup Carrick
13-11-2011, 11:28 AM
Master kemaren bilang...
hindari segala macam bentuk gorengan.....sama yang manis-manis seperti soft drink...