United Indonesia - Manchester United Indonesia Supporters Club
Register
Go Back   United Indonesia - Manchester United Indonesia Supporters Club > UNITED INDONESIA > United Indonesia Chapters > Wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara > Solo

Left Advertising Right Advertising

Old 09-06-2013, 11:37 AM   #1
vankyoet
reserve player
district m16
 
 
vankyoet's Avatar
 
Join Date: Feb 2012
Location: solo - jogja PP
Posts: 987
Thanks: 195
Thanked 209 Times in 111 Posts
Mentioned: 54 Post(s)
vankyoet is a glorious beacon of lightvankyoet is a glorious beacon of lightvankyoet is a glorious beacon of lightvankyoet is a glorious beacon of lightvankyoet is a glorious beacon of lightvankyoet is a glorious beacon of light
Visit vankyoet's Twitter OX3119181
Default SOLO - Wisata Kuliner


mau share aja ke temen2 semua,
semua hal tentang Kuliner di Kota Solo tercinta,
Solo merupakan salah satu kota dengan title "kota kuliner",makanan khas solo memiliki keunikan rasa yang cenderung manis karena masyarakat jawa tengah mayoritas penggemar makanan dengan rasa manis. Namun, ada pula makanan yang mengedepankan sensasi "Kepedasan" di kota solo ini. Berikut adalah beberapa destinasi wisata kuliner makanan enak yang patut dicoba jika anda menyambangi kota SOLO :

1.Tengkleng


Tengkleng merupakan makanan semacam gulai kambing tetapi kuahnya tidak memakai santan. Isi tengkleng adalah tulang-tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan usus, sate jerohan, otak dan organ-organ lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan lain-lain. Kenikmatan menyantap tengkleng akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan menghisap isinya. Makanan ini dapat ditemukan di samping Gapura Pasar Klewer dan Warung Tengkleng Yu Tentrem di Jl Letjend Sutoyo.
2.Cabuk Rambak

Cabuk Rambak biasa dijajakan berkeliling kampung pada hari-hari biasa. Saat perayaan sekaten bisa dijumpai di sekitar halaman Masjid Agung Keraton. Makanan dengan menu utama ketupat ini sangat khas di Solo. Ketupat sering disebut juga dengan gendar janur, karena beras sebagai bahan utama ketupat dimasak dalam anyaman janur / daun kelapa yang masih muda. Yang membedakan dengan makanan ketupat di daerah lain adalah bumbunya. Bumbu cabuk rambak memakai wijen yang digoreng bersama santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri dan gula merah. Makanan ini disantap dengan karak, sejenis krupuk dengan bahan dasar beras.
3.Sate Kere

Sate Kere ini sangat unik karena menu utamanya adalah sate tempe gembus, yaitu tempe yang dibuat dari ampas kedele sisa pembuatan tahu. Selain itu juga ada sate jerohan sapi, seperti paru, limpa, hati, iso, torpedo, ginjal, dan babat. Sebelum dibakar bahan makanan ini direndam dalam bumbu khas. Sedangkan bumbu untuk menyantapnya yaitu bumbu kacang, dengan kacang yang tidak terlalu banyak sehingga terasa lebih ringan. Sate kere dapat dijumpai di sebelah selatan stadion sriwedari, Warung Yu Rebi dan di depan TK Marsudirini.

4.Gudeg Ceker

Gudeg Ceker berbahan dasar ceker (kaki ayam) yang menjadi pendamping yang dihidangkan bersama gudeg. Ceker direbus dengan bumbu santan yang direbus dengan bumbu santan sehingga terasa lunak dan lezat. Selain gudeg, ceker juga dapat disajikan sebagai makanan pendamping bubur. Paduan menu ini akan semakin lezat ketika disiram dengan kuah Sambel Goreng Krecek. Gudeg ceker ini dapat ditemui di Jl. Wolter Monginsidi Margoyudan, Warung Gudeg Ceker bu Kasno dibuka mulai jam 2 pagi dan Warung Gudeg sebelah utara perempatan warung pelem buka mulai jam 7 malam
yg paling terkenal nih Gudeg, Bu Kasno, Jl.Monginsidi, Margoyudan, timur perempatan, Banjarsari, barat SMAN I (dulu SMA Margoyudan), utara jalan, emperan
5.Selat Segar

Selat Segar Solo adalah salah satu bentuk percampuran masakan berkuah asal barat dengan selera lidah lokal. Racikan selat solo merupakan adaptasi dari salad yang terdiri dari irisan daging, ditambah dengan rebusan wortel, buncis, telur pindang, kentang dan dilengkapi mayonaise serta kuah kecap yang segar.

6.Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal. Nasi Liwet adalah beras yang dimasak denga kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurih dan beraroma lezat. Nasi tersebut dicampur dengan sayur labu siyam yang dimasak agak pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir, kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Disajikan dengan daun pisang yang dibentuk pincuk sebagai piringnya. Penjual Nasi Liwet banyak dapat dijumpai di daerah Keprabon, buka mulai jam 4 sore.

7.Timlo Solo

Timlo Solo adalah hidangan berkuah bening yang berisi sosis goreng yang dipotong-potong, telur ayam pindang dan irisan hati ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, timlo solo tidak memakai soun dan jamur. Warung Timlo dapat dijumpai di Timur Pasar Gede buka pagi hari dan di Jl Urip Sumoharjo.

8.Sate Buntel

Sate Buntel adalah sate kambing khas kota Solo terbuat dari daging kambing yang dicincang halus, diberi bumbu bawang dan merica, kemudian dibuntel (bungkus) dengan lemak kambing. Dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Menu yang lain adalah sate Kaskus kambing dan gule sumsum. Warung sate kambing dapat dijumpai di Jl. Sutan Syahrir Tambak Segaran.

9.Wedangan

Wedangan merupakan salah satu tempat bersosialisasi masyarakat Solo. Tidak hanya sebagai tempat berjualan makanan, tapi juga sarana bersantai, bertukar informasi dengan suasana yang khas. Di atas meja atau gerobak yang unik tersaji nasi yang dibungkus kecil-kecil dan berbagai lauk pauk yang sangat akrab di lidah karena merupakan makanan sehari-hari. Pengunjung leluasa mengambil makanan yang tersaji. Sambil minum teh hangat, kopi, atau wedang jahe pengunjung bisa bergaul akrab. Yang menarik ditempat ini adalah terbentuk kepercayaan antara penjual dan pembeli. Pembeli tinggal mengatakan apa yang sudah disantap dan penjual dengan sigap menghitungnya. Wedangan dapat dijumpai di setiap sudut kota Solo.
10.soto

Soto daging, Soto Triwindu, dalam pasar Triwindu, belakang Balai Muhamadiyah,Jl.Teuku Umar. kalo daging ayam yg paling terkenal ya soto gading , FYI pak SBY pernah ke soto gading lho

11.serabi notosuman

Serabi Notosuman Jl.Prof.M.Yamin No.52, Notosuman.Serabi Notosuman sangat terkenal, terletak di daerah Notosuman, dibuat sejak tahun 20-an. Seolah tak ketinggalan jaman, banyak pendatang membeli untuk dijadikan oleh-oleh. Rasanya gurih berasal dari santan kelapa, dengan pilihan taburan coklat di atasnya.Harganya lebih mahal dibanding serabi yang dijual di pinggir jalan Slamet Riyadi, karena memang rasanya beda, lebih gurih dan manis, dan tahan hingga 24 jam.


12.TEH GINASTEL
Bagi anda yang hobi nge-teh tentu kenal dengan istilah ini; GINASTEL. Sebenarnya istilah per-ngetehan ini hanya populer di daerah Jawa Tengah, Solo khususnya. GINASTEL ini artinya teh yang disajikan dalam keadaan LEGI (manis), PANAS, dan KENTEL (kental).
Tentu bisa kebayang betapa nikmatnya rasa teh ini, terlebih-lebih kalau dinikmati pada saat juni yang basah ini.
nah kalo yg paling terkenal tuh di Wedangan Mbah Loso Karanganyar.Salah satu yang paling khas di Solo adalah wedangan-nya. Pemilik wedangan ini bernama Mbah Loso, karena itulah wedangan ini kerap disebut oleh para pelanggan dengan sebutan wedangan Mbah Loso. Makanan yang disajikan tidak berbeda jauh dengan menu wedangan kebanyakan, sego miauw(nasi sekepal dengan lauk bandeng secuil beserta sambalnya) dan berbagai macam gorengan adalah makanan wajib dari wedangan. Yang membuat wedangan mbah Loso begitu spesial adalah cita rasa tehnya yang sangat nJawani, ginastel, dari kata legi (manis), panas, dan kentel (kental).
Ya, di daerah Jawa Tengah, terutama Solo dan sekitarnya, jika Anda memesan teh, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan teh manis. Semua wedangan memang tak pelit gula, di wedangan Mbah Loso sendiri, satu gelas wedang teh menggunakan gula sebanyak 3-4 sendok makan! Tanpa diaduk pun rasa manisnya sudah kentara.Mbah Loso tidak pernah menutup-nutupi atau merahasiakan racikan tehnya yang nikmat luar biasa itu. Dia menggunakan tiga merek teh yang berbeda, lalu dicampur menjadi satu. Mbah Loso menamai ‘jurus’ tiga campuran tehnya dengan nama “Pak Djenggot balapan nyapu”, ini diambil dari merek masing-masing tehnya, yakni teh merek Djenggot, Sepeda Balap, dan Nyapu.

Mbah Loso selalu membuat seduhan teh dalam keadaan fresh, karena baru disiapkan saat ada pesanan. 2-3 jumput daun teh campuran tadi ditaruh dalam cangkir berbahan logam, lalu diseduh dengan air panas, dan ditunggu beberapa menit. Air yang menjadi bahan baku untuk membuat wedang pun tak sembarangan, air yang digunakan adalah air tanah, bukan PAM. Semua wedangan juga menggunakan tungku arang untuk memasak air, bukan kompor gas atau minyak tanah. Sedangkan untuk gulanya, Mbah Loso menggunakan gula produksi Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar, yang merupakan peninggalan jaman Belanda tapi masih beroperasi hingga sekarang.
Hal-hal tersebut tidak bisa dianggap remeh, karena ikut menentukan cita rasa teh itu sendiri.Wedang teh buatan Mbah Loso disajikan dalam keadaan yang sangat panas, jadi kita harus menunggunya beberapa saat agar lebih hangat dan bisa masuk ke tenggorokan dengan aman dan nyaman. Sensasi rasa sepat di lidah yang beradu dengan rasa manis, lalu ditambah dengan sensasi panas di tenggorokan menjadikan saya susah melupakan cita rasanya, dan membuat saya kangen untuk kembali. Beberapa kawan dan kerabat yang saya ajak ke sana pun mengamini. Saya tidak bermaksud untuk berpromosi, tapi ingin berbagi, itu saja.

Last edited by vankyoet; 09-06-2013 at 12:42 PM..
vankyoet is offline   Reply With Quote
The Following User Says Thank You to vankyoet For This Useful Post:
Old 09-06-2013, 12:21 PM   #2
fajrinited
first team
graduation
 
 
fajrinited's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: Solo
Posts: 2,240
Thanks: 355
Thanked 378 Times in 228 Posts
Mentioned: 44 Post(s)
fajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of light
Visit fajrinited's Facebook Visit fajrinited's Twitter
Default Re: SOLO - Wisata Kuliner

Finally, thread ini dibuatin @vankyoet..
Nunggu muter dulu ya Om Irvaan

Betewe, kenapa perut jadi keroncongan gini Van?


Naah, bagi teman-teman dari chapter lain, mana nih yg belum kalian coba?
Atau mana saja yg pernah kalian coba?
Gimana, ketagihan kan?

FYI, selama berada di Kota Solo, jangan bingung kalau dini hari lapar. 24jam memberikan pemandangan kuliner yg membuat lidah berdecak serta perut keroncongan.

So, come on, visit Solo

The Spirit of Java!
fajrinited is offline   Reply With Quote
Old 09-06-2013, 12:23 PM   #3
rondwisan
moderator
udah sebelas yaa :)
 
 
rondwisan's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Location: Soe Rock Bo Yo - Nga Lam vv
Posts: 29,267
Thanks: 1,494
Thanked 4,023 Times in 2,232 Posts
Mentioned: 170 Post(s)
rondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond repute
Visit rondwisan's Facebook Visit rondwisan's Twitter
Default Re: SOLO - Wisata Kuliner

Pelanggaran nih @vankyoet giliran udah gk di solo, malah bikin twit eh thread ginian

Lapeeeerrrrrr ......
rondwisan is offline   Reply With Quote
Old 09-06-2013, 12:26 PM   #4
vankyoet
reserve player
district m16
 
 
vankyoet's Avatar
 
Join Date: Feb 2012
Location: solo - jogja PP
Posts: 987
Thanks: 195
Thanked 209 Times in 111 Posts
Mentioned: 54 Post(s)
vankyoet is a glorious beacon of lightvankyoet is a glorious beacon of lightvankyoet is a glorious beacon of lightvankyoet is a glorious beacon of lightvankyoet is a glorious beacon of lightvankyoet is a glorious beacon of light
Visit vankyoet's Twitter OX3119181
Default Re: SOLO - Wisata Kuliner

buat fadrin ya kalo bisa ditambahin kek info kulinernya, kalo perlu di

kalo ma opa dikasih ginian juga gak papa

next destination opa, hehehehe

Last edited by vankyoet; 09-06-2013 at 12:32 PM..
vankyoet is offline   Reply With Quote
Old 09-06-2013, 02:01 PM   #5
rondwisan
moderator
udah sebelas yaa :)
 
 
rondwisan's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Location: Soe Rock Bo Yo - Nga Lam vv
Posts: 29,267
Thanks: 1,494
Thanked 4,023 Times in 2,232 Posts
Mentioned: 170 Post(s)
rondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond repute
Visit rondwisan's Facebook Visit rondwisan's Twitter
Default Re: SOLO - Wisata Kuliner

Alhamdulillaah, beberapa menu di atas udah sempet nyobain .., meski bukan di tempat/lokasi yg direkomen

Btw, ada tapinya nih, tapi kuliner di solo tidak ramah pada coffee lover

Hehee ...
rondwisan is offline   Reply With Quote
Old 09-06-2013, 02:07 PM   #6
fajrinited
first team
graduation
 
 
fajrinited's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: Solo
Posts: 2,240
Thanks: 355
Thanked 378 Times in 228 Posts
Mentioned: 44 Post(s)
fajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of light
Visit fajrinited's Facebook Visit fajrinited's Twitter
Default Re: SOLO - Wisata Kuliner

Kalau besok untuk kopi lovers, kita mau bawain kopi sendiri Oppa. Jadi don't worry, pasti ada kopi pasti
fajrinited is offline   Reply With Quote
Old 09-06-2013, 10:38 PM   #7
Om Juna
reserve player
OKE
 
 
Om Juna's Avatar
 
Join Date: Apr 2013
Location: Pinrang - Sulawesi Selatan
Posts: 784
Thanks: 62
Thanked 93 Times in 73 Posts
Mentioned: 2 Post(s)
Om Juna has a spectacular aura aboutOm Juna has a spectacular aura about
Visit Om Juna's Facebook Visit Om Juna's Twitter Visit Om Juna's YouTube JunaNebo
Default Re: SOLO - Wisata Kuliner

Musti cobain semua nih .. Arrgghhh

@fajrinited dan kawan2 lain I'am coming
Hohoho
Om Juna is offline   Reply With Quote
Old 10-06-2013, 12:03 AM   #8
fajrinited
first team
graduation
 
 
fajrinited's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: Solo
Posts: 2,240
Thanks: 355
Thanked 378 Times in 228 Posts
Mentioned: 44 Post(s)
fajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of lightfajrinited is a glorious beacon of light
Visit fajrinited's Facebook Visit fajrinited's Twitter
Default Re: SOLO - Wisata Kuliner


Monggo @Om Juna ke Solooo
Ini lhooo,, foto"nya apa g bikin lapaar siiih?
fajrinited is offline   Reply With Quote
Old 10-06-2013, 12:10 AM   #9
rondwisan
moderator
udah sebelas yaa :)
 
 
rondwisan's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Location: Soe Rock Bo Yo - Nga Lam vv
Posts: 29,267
Thanks: 1,494
Thanked 4,023 Times in 2,232 Posts
Mentioned: 170 Post(s)
rondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond reputerondwisan has a reputation beyond repute
Visit rondwisan's Facebook Visit rondwisan's Twitter
Default

Quote:
Originally Posted by vankyoet View Post

Namun, ada pula makanan yang mengedepankan sensasi "Kepedasan" di kota solo ini.

Klo ini asli hoax kelas berat ....
Cabenya aja kagak pedes
Makanya dikasih tanda kutip itu kali yaa ama Oom TS, udah ketahuan klo hoax
rondwisan is offline   Reply With Quote
Old 10-06-2013, 12:18 AM   #10
bhowz
reserve player
bukan keledai toh ?
 
 
bhowz's Avatar
 
Join Date: Jun 2012
Location: selalu satu langkah didepanmu
Posts: 609
Thanks: 34
Thanked 36 Times in 32 Posts
Mentioned: 5 Post(s)
bhowz has a spectacular aura aboutbhowz has a spectacular aura about
Visit bhowz's Facebook Visit bhowz's Twitter bhowz
Default Re: SOLO - Wisata Kuliner

Kalo "CIU" termasuk kuliner bukan om?? ----------
bhowz is online now   Reply With Quote
Reply


(View-All Members who have read this thread : 30
AMOER, anas95, andikadikols, andiwsftg, bhowz, chesterseven, cleverly13, duweks15, dwi.cleverley23, Elpiji, emems, fajrinited, Federico27, fredrian.seven, ghopoereds, irfi_1, Jmiko, MCR7, Nachir_79, ncut_lgx, okto_reddevil, Om Juna, pradana29, RockerUnited, Ryan_lallo, sompretz, TriyasmokoME, vankyoet
Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +8. The time now is 11:24 PM.
Powered by vBulletin® Version 3.8.2
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.
United Indonesia - Manchester United Supporters Club of Indonesia